gentlemancode.id
Ngerasa Belum Mapan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya Bro

NGERASA BELUM MAPAN? BISA JADI INI PENYEBABNYA BRO

Published on Tuesday, 30 May 2017

Semua orang pasti ingin mencapai kemapanan dalam hidupnya. Gak heran banyak orang bekerja keras untuk mendapatkannya. Apalagi, sebagai cowok kemapanan bisa menjadi sebuah kebanggaan.

Penghasilan tetap udah punya, bonus setiap tahun ada, belum THR, bahkan usaha sampingan pun ada untuk tambahan penghasilan. Tapi, kok masih kurang ya?

Selain karena gaya hidup yang mementingkan keinginan daripada kebutuhan, mungkin beberapa alasan berikut ini yang menyebabkan Lo gak mapan-mapan.

1. Malas membuat perencanaan keuangan

Jangan malas untuk membuat perencanaan keuangan karena ini sangat penting untuk kita lakukan. Dengan perencanaan keuangan yang baik Lo bisa merencanakan apa saja yang harus Lo lakukan untuk mencapai tujuan Lo. Gak cuman itu aja, Lo juga bisa memperhitungkan berapa lama Lo akan mencapai tujuan Lo. Buatlah perencanaan keuangan untuk setiap bulan, agar Lo bisa mengontrol arus uang yang masuk dan keluar.

2. Karena Males Membuat Perencanaan Keuangan, Lo Pun Malas Mencatat Semua Pengeluaran

Pernah gak Lo ngerasa bingung uang Lo habis dipake buat apaan aja? Ini terjadi karena kita ini punya ingatan yang terbatas Bro, ditambah lagi kita tidak mencatat semua pengeluaran yang kita lakukan. Bisa aja Lo mengeluarkan uang dalam jumlah yang gak terlalu besar tapi ternyata dilakukan berkali-kali. Makan di cafe, ngopi di tempat mahal, atau sekedar beli buat hobi Lo. Sedikit juga kalo sering dilakukan lama-lama jumlahnya akan lumayan Bro. Dengan mengetahui jumlah pengeluaran setiap bulan, Lo bisa lebih mengatur pengeluaran yang memang tidak terlalu penting.

3. Males Ini-itu, Akhirnya Nabung Pun Males

Orang mapan itu adalah orang yang punya tabungan. Kalo Lo gak punya tabungan, kapan mapannya? Paksain buat menyisihkan sebagian uang Lo untuk ditabung. Punya tabungan itu gak bakalan bikin Lo rugi. Tabungan bisa jadi pegangan buat Lo ketika Lo tiba-tiba punya kebutuhan mendadak, jadi Lo gak usah ngutang.

4. Ngomongin masalah Hutang Nih Bro, Hutang Juga Jadi Salah Satu Penyebab Lo Susah Mapan

Kalo bisa sih, jangan sampe deh Lo punya hutang. Apalagi hutang kartu kredit. Lilitan hutang karena kartu kredit adalah hal yang sama sekali tidak menyenangkan. Setiap bulan Lo harus membayar setiap tagihan bersama bunganya. Dan kalo telat, bunganya luar biasa. Kalo gini terus kapan mapannya?

5. Biar Gak Terlilit Hutang, Sediakan Dana Untuk Kebutuhan Tak Terduga

Buat jaga-jaga, usahakan untuk memiliki dana untuk kebutuhan tak terduga minimal jumlahnya sebesar enam atau tujuh kali gaji Lo. Dana ini bisa Lo gunakan untuk kebutuhan yang tak terduga, bisa untuk biaya berobat atau biaya-biaya tak terduga lainnya. Dengan begini, Lo bisa terhindar dari meminjam uang alias berhutang.

Sebanyak apapun uang yang kita punya, kalo kita gak bisa mengaturnya maka susah rasanya untuk menjadi kaya. So, pinter-pinter pegang duit ya Bro, biar cepet mapan dan bisa melamar wanita idaman. Chakep!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini