gentlemancode.id
Rencanakan Pengeluaran Uang THR Anda

RENCANAKAN PENGELUARAN UANG THR ANDA

Published on Friday, 24 June 2016

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Semua amal baik yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bukan hanya itu, untuk Anda para pekerja pasti Anda sangat menunggu hal ini. THR. THR atau tunjangan hari raya adalah tunjangan yang diberikan perusahaan kepada para pekerja yang diberikan menjelang hari raya Idul Fitri. Tunjangan ini diberikan dengan harapan semua karyawan dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan suka cita bersama keluarga.

Ketika mendapatkan THR, sebaiknya kita menggunakannya dengan baik agar tidak kebablasan. Jangan sampai kita kalap dalam menggunakannya dan melupakan kewajiban-kewajiban lain yang harus kita penuhi.

Berikut ini adalah prioritas penggunaan uang THR agar tidak bangkrut pasca lebaran.

1. Bayar cicilan atau tagihan

Cicilan atau tagihan adalah kewajiban yang harus kita penuhi. THR bisa kita gunakan untuk membayar semua cicilan dan tagihan yang kita miliki. Karena kewajiban membayar cicilan lebih penting daripada membeli sekedar baju lebaran

Ini penting, karena kita akan terbebas dari kemungkinan menunggak pembayaran dan terkena sanksi denda keterlambatan membayar. Jangan sampai THR digunakan untuk membayar cicilan keperluan lebaran tahun ini.

2. Persiapan dana untuk mudik

Merayakan Idul Fitri di kampung halaman pasti sangat menyenangkan. Kita bisa bertemu keluarga, teman, dan sahabat kita. Gunakan THR untuk biaya keperluan mudik, sehingga kita tidak mengganggu uang tabungan kita.

3. Kebutuhan lebaran

Kebutuhan yang umum digunakan saat lebaran diantaranya adalah zakat fitrah, baju lebaran, angpao untuk sepupu yang masil kecil, keponakan dan orang-orang yang membutuhkan, serta untuk membeli bahan makanan. Kita bisa menggunakan THR untuk pengeluaran lebaran.

4. Alokasikan untuk tabungan dana darurat

Dana darurat adalah sejumlah uang yang berfungsi sebagai dana tunai untuk hal-hal tak terduga. Memiliki dana darurat sama pentingnya seperti tabungan pensiun dan asuransi. Kita dapat menggunakannya kapan saja ketika dalam keadaan mendesak.

5. Tabungan masa depan

THR jangan dihabiskan semuanya. Alokasikan setidaknya 50% THR untuk tabungan masa depan. Dana ini bisa dipakai untuk tabungan membeli rumah, pernikahan, kendaran, atau pendidikan.

Nah, jangan sampai tahun ini THR nya habis ya bro. Be wise gentleman.

 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini