gentlemancode.id
Susah Untuk Menabung? Coba Ikuti Tips Berikut Ini

SUSAH UNTUK MENABUNG? COBA IKUTI TIPS BERIKUT INI

Published on Friday, 17 June 2016

Kita pasti setuju bahwa menabung memiliki banyak manfaat yang baik untuk kita. Siapa sih yang tiduk suka memiliki jumlah tabungan yang banyak? Semua orang pasti menginginkannya. Karena pada dasarnya semua orang ingin memiliki dan mengumpulkan uang yang banyak.

Namun sayang, meskipun semua orang tahu manfaat dari menabung, tidak semua orang dapat melakukannya. Entah karena sulit atau kurangnya motivasi. Padahal, menabung adalah pondasi dari pengelolaan keuangan.

Lalu bagaimana cara untuk memotivasi diri untuk menabung? berikut tipsnya.

1. Buat Perencanaan Keuangan Bulanan

Perencanaan dapat membantu setiap orang mengelola keuangan lebih mudah. Dengan perencanaan keuangan kita bisa mengetahui jumlah pengeluaran yang akan dikeluarkan dan jumlah tabungan yang akan kita tabung.

Perencanaan keuangan akan membuat kita menjadi disiplin dalam mengelola keuangan yang masuk dan keluar.

2. Catat Semua Pengeluaran

Dengan mencatat pengeluaran yang kita lakukan, kita akan tahu uang kita digunakan untuk apa saja. Karena jika tidak dicatat, kita akan bingung uang kita habis digunakan untuk apa. Tidak hanya itu kita akan lebih bisa mengontrol semua pengeluaran kita hanya untuk kebutuhan yang penting saja.

3. Pikirkan Resiko

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang. PHK, Kecelakaan, dan sakit menjadi resiko yang harus kita pikirkan dengan baik. Memiliki dana cadangan berupa tabungan bisa membantu mengatasi masalah-masalah tersebut.

4. Pikirkan Kebutuhan Jangka Panjang

Seiring berjalannya waktu maka kebutuhan kita pun akan terus meningkat. Kebutuhan untuk biaya pernikahan, tempat tinggal, dan biaya anak sekolah menjadi biaya jangka panjang yang harus kita pikirkan. Dengan memiliki tabungan kita bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

5. Hemat

Dengan berhemat kita hanya akan memfokuskan pengeluaran kita hanya untuk kebutuhan kita. Jangan mudah tergoda dengan keinginan, memenuhi keinginan hanya akan membuat kita terus menerus membeli apa yang kita inginkan. Padahal kita masih punya kebutuhan yang harus kita penuhi.

Perlu usaha yang gigih memang untuk menabung. Namun dengan menabung kita akan memetik hasil yang manis dimasa yang akan datang.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini