gentlemancode.id
Tips Berhemat Ala Anak Kost

TIPS BERHEMAT ALA ANAK KOST

Published on Monday, 24 July 2017

Hidup sebagai anak kost atau anak kontrakan, memang punya tantangannya tersendiri, Bro. Pasalnya, selalu ada pahit, manis dan asem yang akan dialami oleh seorang anak kost. Sebagai anak kost, Lo musti yakin dan percaya bahwa ngekost itu cuma sementara, karena kedepannya Lo harus punya tempat tinggal sendiri. Optimis aja, Bro!

Nah, selagi Lo mengejar mimpi-mimpi Lo dengan menyandang status sebagai anak kost. Lo musti belajar hemat untuk mewujudkan itu semua, Bro. Inget, kita ini hidup di zaman yang semuanya serba butuh duit. Lo harus bisa menyisihkan sebagian gaji yang Lo dapet buat ditabung, selebihnya boleh Lo pakai untuk kesenangan Lo, Bro.

Terus, gimana sih biar kita bisa hidup hemat? Coba cara ini yuk, Bro!

1. Perhitungkan Biaya Makan

Tanpa Lo sadari, kebutuhan makan adalah pengeluaran terbesar yang harus dikeluarkan oleh anak kost. Untuk itu, Lo perlu membuat variasi yang cerdas, supaya tetep bisa makan enak, sehat, dan yang pasti terjangkau harganya. Sebagai anak kost Lo harus jeli memilih tempat makan, pastikan makanan yang Lo beli itu terjaga dan terjamin kebersihannya. Surveilah terlebih dahulu tempat-tempat makan di sekitar kostan atau kantor Lo supata nanti Lo gak susah ketika pengen cari makan.

Kalo Lo mau lebih hemat dan lebih terjamin kebersihannya, Lo musti belajar masak sendiri, Bro. Tempat kost biasanya udah dilengkapi dengan rice cooker, dispenser, dan dapur. Nah, Lo bisa tuh memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memasak. Membawa bekal ke kantor dan makan bekal di kantin bareng temen kantor Lo akan menghemat pengeluaran lo, Bro. Coba deh!

2. Ambil Uang di ATM Seminggu Sekali

Bro, sebagai anak kost, pastikan Lo menjatah diri Lo secara berkala. Kalau bisa, siapkan dua akun rekening. Satu rekening Lo gunakan untuk menabung dan satunya lagi Lo gunakan untuk "jajan". Rekening tabungan Lo, jangan Lo utak-atik. Tapi Lo bisa menggunakan uang yang ada pada rekening jajan Lo. Tapi menggunakannya juga harus bijak ya, Bro!

Ambillah uang cash yang Lo butuhkan setiap seminggu sekali, dan simpanlah kartu ATM jajan Lo sampai minggu yang akan datang. Penting bagi anak kost untuk memegang uang cash, tujuannya adalah agar Lo tahu berapa banyak pengeluaran yang sudah Lo lakukan dan berapa uang sisa yang masih bisa Lo belanjakan. Sebagai anak kost sebaiknya hindari kartu kredit ya! Karena tanpa disadari, kartu kredit akan membiasakan Lo untuk berhutang. Tapi jika Lo sudah terlanjur punya, gunakanlah dengan bijak Bro. Inget, target hidup Lo.

3. Belanjalah Sebulan Sekali

Lo harus bisa untuk membuat jadwal belanja bulanan Lo, Bro. Misalnya setiap setelah gajian. Sebelum berbelanja, Lo perlu membuat daftar kebutuhan yang benar-benar Lo butuhkan. Lo bisa survei terlebih dahulu tempat belanja yang menawarkan harga terjangkau, Bro.

Terus, hindari terlalu sering membuka situs belanja online, karena ini akan membuat Lo lapar mata dan membeli barang yang sebenernya nggak terlalu Lo butuhkan sehingga menjadikan Lo makin boros.

4. Bawalah Kendaraan Sendiri atau Kendaraan Umum

Memang naik ojek online sekarang ini lebih praktis. Tapi kalo Lo punya kendaraan sendiri, sebaiknya manfaatkan kendaraan yang Lo punya. Hal ini efektif untuk mengurangi pengeluaran Lo, Bro.

Nah buat Lo anak kost yang belum punya kendaraan, Lo bisa naik kendaraan umum atau naik ojek. Ingin lebih hemat? Lo bisa nebeng teman Lo untuk mengantarkan Lo ke tempat tujuan, terlebih kalo kantor Lo searah, atau bahkan satu gedung. Kalo jarak kantor Lo dekat, Lo bisa berjalan kaki. Dengan hal ini uang Lo tidak akan cepat habis, Bro. Tapi inget, kalo Lo nebeng jangan sungkan buat sekadar mengisi bensinnya atau mentraktir dia makan, supaya dia tetap bisa di-tebengin. Hehehe.

5. Mencuci Baju Sendiri

Sebaiknya sih Lo pilih tempat kost yang include jasa laundry. Selain nggak ribet ini akan menghemat pengeluaran Lo, Bro. Tapi kalo kostan Lo bukan seperti ini, Lo bisa mencuci baju sendiri untuk memangkas pengeluaran Lo.

6. Batasi Pengeluaran Untuk Hangout

Selain biaya sehari-hari, urusan hangout atau senang-senang juga bisa jadi pengeluaran Lo yang cukup signifikan, Bro. Diajak teman makan di cafe atau nonton, misalnya. Untuk mengurangi pengeluaran nongkrong, pastikan Lo sudah mengisi perut sebelum sampai ke tempat tujuan. Supaya nggak tergoda jajan banyak, pastinya.

Bro, berhemat itu perkara niat. Hidup hemat itu adalah seberapa kuat Lo bisa menutup mata terhadap berbagai godaan yang ada. Berhemat itu nggak harus membuat Lo merana dan merasa jadi orang paling susah di dunia kok. Lo masih bisa seneng-seneng. Lo masih bisa nabung buat target-target hidup Lo.

Nah, mungkin banyak orang di luar sana yang penghasilannya lebih sedikit dari Lo, tapi bisa menghemat uang lebih banyak dari Lo. Yuk Bro, mulai sekarang jadilah cukup dengan cara Lo bersyukur. Selamat mengatur prioritas dan semoga bisa lebih hemat ya!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini