gentlemancode.id
Trik Untuk Berhemat

TRIK UNTUK BERHEMAT

Published on Sunday, 04 June 2017

Uang. Nyarinya susah, ngabisinnya gampang. Hehe. Ada yang ngalamin? Gw rasa banyak dari kita yang ngalamin ini, nyarinya bela-belain pergi pagi pulang malam. Ngabisinnya hanya dalam hitungan jam. Begitulah uang, kalo tidak dikelola dengan baik, uang yang kita hasilkan akan cepet banget abisnya, padahal kalo begitu terus bisa-bisa kita gak akan pernah bisa menabung untuk kebutuhan kita nanti. Bahaya? Tentu aja, dengan gak adanya tabungan, bisa-bisa kita akan terlilit hutang. Gak mau kan?

Salah satu cara agar uang kita tidak berhamburan adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat. Meskipun sulit, gaya hidup hemat harus kita jalankan agar kita bisa mengelola uang kita dengan baik. Untuk itu, kita simak tips berhemat berikut ini ya!

1. Cari alternatif yang lebih murah

Pertama, Lo harus cari tau dulu biasanya Lo boros dalam hal apa. Apakah pada bagian makanan, belanja baju, traveling, dan lain sebagainya. Kalo Lo udah tau, carilah alternatif yang lebih murah. Misalnya, Lo ganti kebiasaan makan siang di cafe dengan membeli makan di rumah makan biasa atau Lo bawa bekel dari rumah. Lo bisa terapkan cara ini untuk hal lainnya.

2. Buatlah beberapa rekening tabungan

Kebanyakan dari kita hanya memiliki satu rekening tabungan saja, yaitu untuk keperluan pengiriman gaji. Sekarang, cobalah untuk membuka rekening di bank lain untuk keperluan tabungan, biaya tak terduga, atau mungkin untuk investasi. Begitu gajian, segera pecah uang Lo ke rekening-rekening tersebut. Dan inget, simpan atm-atm yang Lo punya di rumah jangan dibawa kemana-mana. Cukup bawa satu atm saja untuk kerpeluan Lo sehari-hari.

3. Pakai Uang Cash

Salah satu penyebab kita menjadi boros adalah mudahnya kita menggesek kartu atm untuk berbelanja. Agar ini tidak terjadi, siapkanlah uang cash yang sebelumnya sudah kita hitung jumlahnya sesuai dengan kebutuhan kita. Setelah itu, ambilah secukupnya sesuai dengan kebutuhan kita setiap harinya. Dengan begitu kita tidak akan terlalu jor-joran dalam menggunakan uang yang kita punya.

4. Dahulukan Kebutuhan, bukan keinginan

Keinginan manusia gak ada ujungnya. Ketika berbelanja, belilah barang-barang yang memang kita butuhkan dan bukan yang kita inginkan. Sebelum membeli, cobalah tanya ama diri Lo sendiri apakah Lo bener-bener butuh atau enggak untuk membeli barang tersebut.

5. Buat perencanaan keuangan

Membuat perencanaan keuangan adalah hal yang sangat dianjurkan. Dengan membuat perencanaan keuangan, kita bisa mengontrol semua pengeluaran kita dengan baik. Kuncinya satu, komitmen dalam menjalankan rencana yang sudah dibuat. Tulis lah daftar pengeluaran sehari-hari, dan jumlah pemasukan yang diterima, maka kita akan mendapatlkan perkiraan pengeluaran dan perkiraan jumlah pemasukan yang bisa kita tabung.

Nah Bro, biar kita nanti gak terlilit hutang, lebih baik kita memulai gaya hidup hemat dari sekarang. Karena masa depan Lo yang menentukan, Bro!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini