gentlemancode.id
Tips Supaya Lo Bebas Dari Hutang

TIPS SUPAYA LO BEBAS DARI HUTANG

Published on Wednesday, 18 October 2017

Meminjam uang atau berhutang mungkin bisa menjadi solusi cepat ketika kita mengalami masalah keuangan. Tapi Bro, kalau pun Lo misalnya harus berhutang sebaiknya sih Lo menggunakannya untuk kebutuhan yang sifatnya produktif bukan konsumtif karena memiliki utang itu bisa membuat hidup  kita nggak tenang. Percaya deh.

Buat Lo yang sekarang lagi punya utang, Gw yakin Lo tentu tahu gimana rasanya. Makan nggak enak, tidur nggak enak, kerja juga nggak tenang. Kalo udah gini dampaknya pasti nggak baik untuk karir dan kesehatan Lo bener nggak Bro?

Nah, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa Lo lakukan supaya Lo bisa terhindar dari utang. Caranya adalah dengan membuat perencanaan keuangan sejak dini. Jangan ditunda-tunda! Karena, apa yang Lo lakukan di usia muda akan memengaruhi kondisi keuangan Lo di masa depan. Nah Lo gak mau kan pas tua nanti Lo kesusahan?

Supaya Lo bisa hidup tenang pas Lo tua nanti, ada beberapa hal yang bisa Lo lakukan. Seperti:

Buat Perencanaan Keuangan

Kunci sukses dalam mencapai tujuan keuangan adalah perencanaan yang baik. Kalo Lo misalnya pengen beli sesuatu dengan cara mencicil, pertimbangkan lah terlebih dahulu secara matang. Hitung jumlah cicilan, jumlah bunga dan lama cicilan.

Terus Bro, jangan lupa Lo harus membuat skala prioritas untuk tiap cicilan dan utang secara rinci. Lo harus disiplin membayar cicilan tiap bulan sampe utang Lo lunas supaya nanti Lo nggak kelimpungan. Bayarlah utang yang terkecil sampai utang terbesar.

Metode ini dipercaya lebih efektif untuk membantu Lo terbebas dari hutang.

Buatlah batasan yang jelas

Ketika Lo berencana membebaskan diri dari hutang, Lo harus punya komitmen bahwa Lo nggak akan nambah hutang baru. Buat batasan yang jelas supaya Lo nggak jatuh ke dalam jebakan yang sama. Kalo Lo pernah terjebak utang kartu kredit, maka jangan sekali-kali Lo bawa kartu kredit dalam dompet supaya Lo tidak tergiur untuk menggunakannya. Jadi, lebih baik Lo bawa uang tunai aja atau kartu debit. Dengan begitu Lo akan lebih bisa mengontrol pengeluaran Lo.

Siapkan dana darurat untuk kebutuhan tidak terduga

Dana darurat merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Buat Lo yang masih lajang, jumlah dana darurat itu minimal tiga kali pengeluaran bulanan Lo. Buat Lo yang sudah berkeluarga, jumlah dana darurat yang Lo harus siapkan minimal enam kali pengeluaran bulanan.

Dana ini penting banget untuk Lo siapkan untuk jaga-jaga apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, sakit, atau musibah lainnya. Simpan dana darurat pada rekening terpisah namun tetap mudah untuk dicairkan.

Hindari gaya hidup berlebihan

Biasanya nih Bro, ketika Lo mendapatkan kenaikan gaji, maka itu akan diikuti pula dengan jumlah konsumsi yang juga akan naik. Kalo ini terjadi sama Lo, maka sampe kapan pun Lo nggak akan pernah merasa cukup sama penghasilan Lo, Bro.

Nggak perlu iri sama gaya hidup orang lain. Tetap humble aja Bro nggak usah macem-macem. Kalo Lo selalu ngikutin gengsi, Lo harus siap terperosok ke kubangan utang yang akan bikin hidup Lo berantakan. Hati-hati, Bro!

Maksimalkan pendapatan

Bro, apa sih perbedaan antara orang sukses dan orang biasa? Perbedaannya adalah, orang biasa selalu berpikir untuk berhemat sementara orang sukses selalu berpikir cara menambah penghasilan. Jadi Bro, nggak ada salahnya kan Lo mencoba untuk menambah penghasilan?

Kemajuan teknologi saat ini sangat memungkinkan buat Lo untuk memiliki pekerjaan paruh waktu. Tapi inget, setelah Lo mendapatkan tambahan pendapatan, Lo jangan ubah gaya hidup Lo supaya penghasilan Lo bisa Lo tabung dan Lo puter supaya pendapatan Lo jauh lebih maksimal.

Nah Bro, kira-kira itu aja yang bisa Gw share sama Lo. Inget kunci dari mengelola keuangan itu adalah Lo harus bisa untuk membedakan mana kebutuhan mana keinginan. Kalo Lo udah tau itu, Lo akan mudah dalam merencanakan dan mengelola keuangan Lo.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini