gentlemancode.id
Catatan Musik Akhir Tahun Spotify

CATATAN MUSIK AKHIR TAHUN SPOTIFY

Published on Monday, 11 December 2017

Walaupun dalam setahun ada 365 hari, tapi somehow setiap akhir tahun Gw selalu merasa seperti "kayaknya baru beberapa bulan yang lalu Gw BBQ-an bareng temen-temen deket merayakan malam pergantian tahun 2016 masuk ke tahun baru 2017"  and now here we are. Kurang dari sebulan lagi kita akan masuk tahun 2018 dan memang menurut Gw ini adalah waktu yang tepat untuk berhenti sejenak lalu lihat sedikit ke belakang sambil mengenang semua ups and downs yang terjadi, bersyukur untuk segala momen pencapaian sekaligus belajar dari beberapa rencana besar yang belum berhasil.

Tiap momen meninggalkan kesan tersendiri bagi diri kita seperti bab (chapter) favorit Lo dalam sebuah buku novel dan tiap musik yang kita dengarkan pada saat itu seolah menjadi pembatas buku yang siap membantu membawa kita balik ke dalam halaman yang berisi kenangan tentang momen tersebut dengan mudah. Cukup dengan buka aplikasi Spotify Lo dan boom, ada dua playlist baru berjudul Your Top Songs 2017 dan The Ones That Got Away.

Top Songs 2017 adalah playlist yang berisi rangkuman sejumlah lagu yang paling sering Lo denger di tahun ini dan thanks to engine-nya Spotify yang cukup akurat, Lo juga bisa tau statistik dari kebiasaan Lo dalam mendengarkan musik di Spotify dengan cara masuk ke https://2017wrapped.com/id/. Sambil mendengarkan musik-musik favorit Lo sepanjang tahun 2017 beserta segala memori di dalamnya, Lo juga akan bisa tahu ada berapa ribu lagu dan sekian puluh jenis musik yang udah Lo dengerin selama tahun ini.

Kalo Gw, berdasarkan statistik itu, secara total udah menghabiskan waktu sebanyak 18.953 menit untuk mendengarkan 2.204 lagu dari 1.902 artis yang berasal dari 30 jenis genre musik yang berbeda. Musisi favorit Gw adalah mas Calvin Haris, lagu favorit Gw berjudul Dark Days dari band bernama Local Natives dan genre musik Gw adalah Pop. Konklusi dari rangkuman tersebut adalah Gw tergolong sebagai seorang pendengar musik yang menolak tua. Hehe. Umur hanyalah sebuah angka dan itu juga berlaku ketika kita bicara tentang taste musik yang emang ga mengenal umur Bros.

Selain Calvin Hari, musisi lain yang menurut Gw juga tidak terlalu terkenal tapi ternyata patut diperhitungkan adalah Fickle Friends. Memang beda sih, yang satu nuansanya Funk dan yang satu lagi arahnya lebih ke jenis musik Indie Pop, tapi Gw yakin band ini punya kualitas musik yang beda dan bisa jadi alternatif bagi telinga kita yang mungkin lagi bosen sama lagu-lagu yang itu-itu aja. Ga percaya? Sok silakan coba diklik link ini. Gimana Bros? Oke ga?Temen Gw yang juga suka sama band tersebut kemarin bilang bahwa lagu Fickle Friends yang berjudul Glue ini membawa nuansa semangat dan bikin dia inget sama momen hectic parah yang berhasil dia lewati di pertengahan tahun 2017 kemarin.

Pada saat itu, dia bilang, pekerjaan yang menggunung datang secara mendadak, bertepatan banget di waktu rekan kerja dia lagi cuti selama satu minggu untuk ikutan Bali Marathon. Menurut temen Gw, momen itu menjadi salah satu yang dia highlight karena ada dua kejadian besar di dalamnya; rekan kerjanya berhasil menyelesaikan sebuah challenge yaitu finish di sebuah event marathon dan di saat yang bersamaan, temen Gw juga berhasil menyelesaikan sendiri sebuah pekerjaan berat yang sebelumnya dia pikir ga bakalan pernah bisa dia kerjakan sendiri. Semua itu dia lalu sambil ditemani lagu berjudul Glue dari sebuah band bernama Fickle Friends.

Mendengarkan cerita temen Gw itu membuat Gw menjadi terinspirasi bahwa keberhasilan, kesulitan dan bahkan kegagalan sekalipun, pada akhirnya akan menjadi memori yang pada saat dikenang akan membuat kita bersyukur dan bangga. Bangga karena pernah berhasil, tapi juga bangga karena pernah berani berusaha menaklukan tantangan sulit walaupun belum berhasil. Semua hal itu seperti membuat Gw mulai paham tentang tahapan proses dalam hidup yaitu: berencana, berusaha, belajar, beradaptasi, repeat. Tidak ada kata game over bagi seseorang yang selalu yakin bahwa ya memang begitulah siklus tahapan hidup.

2017 was awesome and, believe me, it will only get better for us, Bros!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini