gentlemancode.id
Perjalanan Musik Flea, sang Bassist Red Hot Chilli Pepper

PERJALANAN MUSIK FLEA, SANG BASSIST RED HOT CHILLI PEPPER

Published on Friday, 29 September 2017

Red Hot Chili Peppers adalah salah satu band rock alternative paling influential sepanjang masa. Sepak terjang mereka berawal dari hiruk-pikuk musik punk di kota Los Angeles Amerika Serikat di era 80-an lalu kemudian perlahan fanbase band ini mulai tumbuh seiring dengan banyaknya panggung yang mereka guncang. Ibarat Peter Pan, tour 12 kota lah :D

Ga heran kalo sampe saat ini mereka tergolong sebagai band favorit semua orang. Salah satu yang menarik tentang band ini adalah mereka udah ganti personil lebih dari satu kali dan perubahan anggota itu bikin sound mereka juga ikut berubah jadi dinamis banget. Perubahan itu bagus tapi akan lebih bagus kalau tetep ada jangkar yang konsisten, suara bass yang liar nan funky buah karya the one and only Flea.

Cara main bass Flea itu khas banget dan bikin dia jadi bassist yang paling diperhitungkan. Sepanjang karirnya, Flea dikenal sebagai pemain bass yang serba bisa dan kreatif tapi kalau diperhatiin lagi, skill main bass Flea itu berakar pada dua jenis / tipe musik yaitu funk dan punk. Kita bisa denger sisi funk Flea pas dia lagi slapping, teknik main bass yang pertama kali diciptakan oleh seorang musisi bernama Larry Graham dari band Sly and the Family Stone.

Slapping adalah teknik bermain bass dengan cara "menampar" snar bass dan biasanya dikombinasi dengan petikan menghentak snar bawah (satu oktaf lebih tinggi). Flea menggunakan teknik ini hampir sejak awal karir musik dia dan sampai sekarang juga masih terus, sok coba dengerin lagu mereka yang judulnya Dark Necessity.

Ada banyak pemain bass yang menggunakan teknik ini, bedanya dengan Flea adalah dia nge-gabungin pengaruh musik funk dengan karakter lagu punk. Hasilnya adalah suara bass yang emang Flea banget, slapping, cepet dan agresif. Karakter suara bass yang familiar banget bisa Lo dengerin di beberapa lagu pertama RHCP di tahun 80-an, Higher Ground atau Nobody Weird Like Me. Masuk ke awal era 90-an, RHCP merilis album yang judulnya Blood Sugar Sex Magik dan di dalam album ini kita bisa denger karakter lain dari suara bass Flea.

Bisa dibilang Flea itu punya skill musik yang fleksibel, karena dia punya karakter bermain yang khas tapi juga bisa menghasilkan suara bass yang berperan sebagai "duet" bagi suara gitar John Frusciante di dalam album Blood Sugar Sex Magik. Sinkronisasi antara suara bass dan gitar yang menurut Gw sampai saat ini masih belum terkalahkan sama band-band lain. Supaya bisa kedengeran sinkron ada pola ritme tertentu yang dimainin sama Flea bareng sama John Fruiscante secara bergantian. Sinkron-nya suara bass Flea, gitar John Fruisciante dan vokal Anthony Kiddies itu the best banget dan bisa Lo denger di lagu mereka yang berjudul Mellow Ship Slinky in B Major.

Suara alat musik dan vokal yang bertumpuk dan sinkron seperti itu bikin RHCP unik dan favorit dan ga cuma menghasilkan musik yang upbeat, Flea juga bisa main bass dengan nuansa slow seperti dalam lagu mereka yang berjudul Californication. Saling sahut-menyahut antara suara gitar dan suara bass di lagu Californication adalah alasan utama Gw jatuh cinta sama lagu ini. Chemistry antara Flea dan John udah ga perlu diragukan lagi tapi pattern drum dari Chad Smith juga merupakan  aspek penting yang mendukung kualitas permainan bass Flea, dan lagu Aeroplane adalah buktinya.

Di dalam lagu Aeroplane, pattern pukulan snare drum Chad Smith konsisten muncul sepersekian detik setelah suara bass slap Flea, dan ini lah musik funk favorit semua orang. Permainan bass Flea dalam musik RHCP unik dan beda banget dari template peran pemain bass pada umumnya. Ga ada yang salah dengan template main bass para pemain bass lainnya tapi memang Flea beda aja dan itu yang bikin dia jadi tergolong sebagai salah satu pemain bass terbaik sepanjang masa.

Ada dua lagu yang kalo didenger bisa bikin kita sadar bahwa Flea adalah seorang talenta murni, yaitu Around the World dan Humpty Bump. Tapi Stadium Arcadium adalah semacam summary untuk kehebatan permainan bass Flea karena di dalamnya ada karakter suara bass yang dominan, funky slapping dan melodi yang berirama (rhythmic melody).

Akhir kata, tulisan ini hanya bisa menggambarkan sedikit dari seluruh kehebatan Flea sebagai seorang pemain bass dan kalau Lo pengen bener-bener meresapi kualitas musik yang dihasilkan oleh RHCP, ya udah yang paling tepat adalah dengan beli speaker yang agak mahal dikit terus pasang musik mereka dengan tingkat volume di atas 60%. Boom! Funk bass line at its best.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini