gentlemancode.id
Spotify, Aplikasi Yang Paham Selera Musik Lo

SPOTIFY, APLIKASI YANG PAHAM SELERA MUSIK LO

Published on Tuesday, 15 August 2017

Hampir semua temen Gw bilang bahwa hal pertama yang mereka lakukan saat sampe kantor adalah pasang musik sebelum mulai kerja. Pilih playlist andalan biar dapet mood yang pas untuk mulai bekerja, terutama hari senin. Emang lebih enak sih kalo memulai hari dengan feeling / mood yang pas. Tapi sayangnya lama-lama bosen juga kan dengerin lagu yang itu-itu aja. Buat Lo yang dengerin musiknya di Youtube, disitu akan ada kolom khusus recommended video yang isinya biasanya meniru konten video yang sering kita tonton. Jadi kalo Lo sering pasang video musik rock, otomatis Youtube akan ngisi kolom itu dengan video-video musik rock lain yang mungkin Lo akan suka juga.

Gw yakin pasti kalian udah pernah ngalamin, tapi ya namanya juga Youtube, Youtube adalah flatform untuk menonton video dan bukan flatform yang bener-bener fokus di musik. Video music suggestion Youtube bisa dibilang cukup menarik, tapi beberapa temen Gw yang emang music lovers nyaranin Gw untuk nyoba install Spotify. Dan boom!!! Menarik! Kenapa? Karena Gw jatuh cinta sama fitur yang namanya Discover Weekly. Fitur ini punya sistem algoritma yang bisa mempelajari karakter musik yang Lo dengerin selama seminggu ini trus dia akan ngasih saran lagu-lagu lain yang serupa dan kemungkinan besar Lo akan suka juga.

Pertama kali diluncurkan secara resmi pada tahun 2008, Spotify adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan startup bernama Spotify AB di Stockholm, Swedia. Sekilas bisa dibilang Spotify itu adalah platform yang berfungsi sebagai titik temu antara para pecinta musik sejati (yang ga pengen cuma denger musik yang itu-itu aja) dengan berbagai macam musik yang sebelumnya belum pernah mereka denger. Kalo Lo beneran suka musik sih asli seru banget dan musti cobain pake aplikasi ini.

Untuk pakai Spotify, kita dikasih dua pilihan service, yang pertama adalah service gratis dengan catatan ga ada tombol next atau previous pas Lo lagi dengerin di mobile device sambil sesekali akan ada iklan saat perpindahan dari satu lagu ke lagu berikutnya. Yang kedua adalah cukup dengan bayar gak sampe 100 ribu per bulan, Lo udah bisa dapetin layanan full service yang isinya termasuk bebas dari iklan dan bisa download lagu buat didengerin nanti-nanti secara offline. Bahkan mereka juga punya paket group/keluarga, jadi Lo dan 5 orang temen Lo (total 6 orang) bisa patungan 80 ribu per bulan. Worth it banget sih menurut Gw.

Seperti kebanyakan pengguna Spotify yang lain, Gw paling kagum sama fitur Discover Weekly. Selama ini Gw udah dengerin banyak banget lagu yang kalo dikategorikan secara garis besar isinya adalah musik indi, musik rock dan RnB. Dari total 20 lagu yang masuk dalam Discover Weekly pertama Gw, ini adalah tiga yang belum pernah Gw denger tapi surprisingly sesuai banget sama selera musik Gw dan Gw merekomendasikan lagu-lagu ini buat Lo dengerin juga.

Local Natives - Dark Days

Sebuah band asal Silver Lake, Los Angeles, California, Amerika Serikat yang tergolong indi dan jarang kedengeran di radio pada umumnya. Sebelum ada Spotify, dulu Gw pernah denger lagu mereka yang judulnya Cubism Dream sekitar 6 tahun yang lalu (2011). Setelah itu Gw ga pernah ngikutin update dari band ini lagi dan ternyata mereka mereka punya satu lagu yang terbilang lumayan baru judulnya Dark Days. Wow, menurut Gw keren sih karena petikan gitar nya pake efek reverb yang terdengar rumit dan cara nyanyi yang mendayu-dayu itu emang paling bisa ngebangun nuansa santai, indah dan groovy.

Ga heran lagu ini kedengeran keren banget, ternyata vokalis dari grup band The Cardigans ikut sumbang suara. Ini juga yang sempet bikin Gw penasaran pas awal denger, kok ada suara vokalis perempuan padahal setau Gw Local Natives itu isinya cowo semua. Nice banget sih ini, bisa tau lagu keren dari sebuah band yang udah lama banget gak pernah Gw dengerin.

Bring Me The Horizon – Avalanche

Gw pernah denger nama band ini tapi belum pernah denger lagu mereka sama sekali karena dari dulu Gw selalu mikir bahwa musik mereka itu terlalu cadas dan Gw gak bakal suka. Boom tiba-tiba muncul lagu berjudul Avalanche di dalam Discover Weekly, lantas Gw klik lah karena Gw pengen tau juga kenapa ada musik cadas dalam list Gw.

Ternyata keren Bro, asli, ga sekeras yang Gw kira selama ini. Musik cadas ini terasa dinamis banget karena beat-nya yang cepet dan suara sampling yang sepintas kedengeran seperti string section pada bagian intro dan reff disambung sama part di mana musiknya di-breakdown jadi cuma suara gitar pake efek delay minimalis nan dramatis.

Ini adalah salah satu momen puncak kekaguman Gw terhadap Discover Weekly, kok bisa ya fitur ini ngerti apa yang Gw suka dari band yang awalnya Gw pikir ga bakal Gw suka. Terpujilah para karyawan Spotify yang bertugas menciptakan algoritma ajaib ini.

Calvin Harris – Slide

Menarik nih, seorang DJ yang kerjaannya bikin lagu buat dinyanyiin sama penyanyi lain tapi ga pernah sedikitpun ikut nyanyi. Lagu dia yang paling terkenal adalah This Is What You Came For featuring Rihanna dan Gw sendiri ga terlalu suka sama lagu itu, catchy tapi biasa aja dengerinnya. Nah ternyata setelah berhasil bikin sekian banyak lagu yang laku keras di pasaran, Calvin Harris baru aja ngeluarin satu album baru judulnya Funk Wav Bounces Vol. 1. Gw ga pernah ngikutin update tentang musik yang dibuat sama DJ ini dan di dalamnya ada satu lagu yang berjudul Slide. Ini. Lagu. Keren. Abis!

Seperti biasa, yang nyanyi mah bukan Calvin Harris-nya sendiri dan kali ini dia ngajak tiga orang penyanyi yaitu Frank Ocean, Quavo (rapper) dan Offset (dari grup hip hop Migos). Karakter suara Frank Ocean yang sepintas seperti suara orang ngantuk malah masuk banget sih menurut Gw. Lalu di pertengahan lagu part nge-rap Quavo dan Offset masuk, mulus dan terasa berkelas. Ini dia ciri-ciri musik yang well-crafted.

Karena dengerin lagu ini Gw jadi ngulik sedikit apa itu Funk, sebuah genre musik yang muncul di pertengahan tahun 1960-an khususnya di kalangan musisi keturunan Afrika-Amerika. Musik dengan genre ini memiliki karakter rhytmic (berirama) dan danceable (bikin angguk-angguk kepala atau bahkan joget), yang mana seiring dengan perkembangannya bisa dipecah lagi menjadi beberapa kategori seperti soul, jazz dan RnB (ini adalah singkatan dari rhytmic and blues).

Akhir kata, Spotify itu emang gokil, Gw ga kebayang bakal tau atau bakal suka sama 3 lagu yang Gw sebutin di atas itu tapi Discover Weekly telah membuka mata batin musik Gw. Membangunkan rasa penasaran dan memberangkatkan Gw dalam sebuah perjalanan mencari musik berkelas yang sebelumnya belum pernah Gw dengarkan.

Cuma satu kekurangannya, namanya juga manusia, kadang kita pengen berpetualang cari musik baru, tapi kadang kita cuma pengen denger musik lama yang nyaman di kuping karena emang bagus dan nyaman di hati karena ada kenangan di balik tiap nada yang terdengar familiar. Algoritma Spotify tuh seakan ngerti banget apa yang mau kita denger. Jadi kalo pasangan Lo sering banget marah-marah sambil nuduh Lo kurang ngertiin dia, suruh aja dia pacaran ama Spotify. Dah tinggalin aja, masih banyak ikan di laut. #baper

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini