gentlemancode.id
Talenta Murni dalam Musik, Chris Martin

TALENTA MURNI DALAM MUSIK, CHRIS MARTIN

Published on Monday, 07 August 2017

Bagi sebagian orang, musik adalah hiburan yang setia menemani saat beraktivitas. Ada yang bilang, musik adalah hobi atau bahkan bidang pekerjaan. Dengan mendengarkan musik, kita bisa merasakan berbagai macam emosi dan dengan bermain musik kita bisa mengekspresikan berbagai macam perasaan. Dan bicara soal musik berkualitas, Lo pasti tau siapa Chris Martin. Vokalis sekaligus penulis lagu dari band asal Inggris, Coldplay.

Ada banyak banget lagu Coldplay yang keren dan bohong aja kalo Lo cuma suka 1 atau 2 dari sekian banyak lagu mereka. Lagu mereka itu bagus semua, Bro. Liriknya meaningful dan musiknya easy listening banget, dan jadilah kita yang dengar merasa related lalu kemudian mudah larut di dalamnya.

Sejak pertama kali muncul dengan album Parachute di tahun 2000 sampai saat ini Coldplay sudah berhasil merilis total 7 buah album studio berisi puluhan lagu favorit untuk kita semua. Ini bikin Gw sadar bahwa udah sekitar 17 tahun Gw dengerin Coldplay, dan thanks to Chris Martin sampai sekarang belum ada lagu Coldplay yang "mencegewakan". At least bagi Gw ya.

Chris Martin adalah seorang  talenta murni yang mengerti betul gimana cara meracik musik yang disukai para pendengar. Ibarat makanan, dia ini seperti rumah makan Pagi Sore, cuma dia doang yang bisa bikin sayur daun singkong tumbuk seenak itu. Sebetulnya, menurut Gw ada dua aspek dalam kemampuan Chris Martin dalam membuat musik, yaitu skill untuk menciptakan musik dan skill dia dalam memahami apa yang disukai sama para pendengar secara global.

Melihat peran Chris di balik layar sebagai seorang penulis lagu, ga heran kalau ternyata dia juga sering terlibat bikin lagu untuk banyak artis lain di luar negri. Nah ini dia tiga artis, beserta lagu ngetop yang mereka bikin bareng Chris Martin.

Nelly furtado - All good things (come to an end)

Adalah seorang penyanyi cantik asal Kanada yang terkenal dengan lagu berjudul I'm Like a Bird dan Promiscuous di pertengahan tahun 2006. Nelly furtado ternyata pernah dibantu oleh Chris Martin untuk menulis lagu dengan judul All good things (come to an end). Nuansanya rada galau dikit karena liriknya yang secara umum bercerita tentang berakhirnya sebuah hubungan dan penggambaran betapa normal bagi seseorang untuk kemudian bertanya "kenapa semua hal baik harus berakhir" sambil pelan-pelan move on.

Musiknya emang enak dan emang cocok banget sama liriknya. Musiknya lebih slow dan terkesan chill. Menurut Gw Nelly Furtado dan Chris Martin berhasil mengemas nuansa sedih saat putus dalam sebuah lirik dan musik yang sendu tapi tetep enjoyable untuk didengarkan. Dengerin lagu ini tuh kaya denger seseorang ngomong: "kenapa sih kita musti putus, padahal hubungan kita pernah indah".

Kanye West - Homecoming

Kalo ngomongin lirik dalam musik rap emang ga ada abisnya, Bro. Karena emang panjang bener dan sepintas kalo dilihat lebih mirip curhatan. Tapi, begitu Lo dengerin bareng sama musiknya, malah justru rasa kagum yang muncul. Biasanya orang tuh kagum sama kemampuan si rapper mengucapkan sekian banyak kata-kata dalam lirik, singkron dengan beat dan musik yang ada. Ga salah kalo orang bilang si Kanye West itu adalah seorang rapper, tapi Chris Martin? Nope, Chris memang bukan seorang rapper dan memang dalam lagu ini dia juga ga nge-rap. Part Chris nyanyi sambil main piano dipakai oleh Kanye West sebagai chorus dalam lagu itu. Kombinasi antara nuansa semangat gegap gempita di bagian rap-nya si Kanye West diimbangi sama suara khas Chris dan piano yang mengalir mulus di atas beat. It works very well. Lagu ini jalan di dalam tempo 87 BPM (beat per minute) dan nadanya start di kunci E minor. Simple + keren banget = jadi bikin pengen nge-band lagi ga sih?

Embrace - Gravity

Ini lagu dibuat oleh Chris untuk sebuah band asal West Yorkshire, Inggris, bernama Embrace. Bagi kalian yang dulu ngikutin banget serba-serbi tentang britpop pasti pernah denger mereka. Dari total 3 lagu yang Gw bahas di sini, sepertinya Gravity ini adalah lagu yang paling jarang kedengeran di Radio maupun TV, mungkin karena band Embrace juga ga terlalu terkenal di sini seperti Nelly Furtado atau Kanye West.

Lagu ini juga sendu dan syahdu banget buat didengerin pas sendirian pake headphone mahal kualitas tinggi. Sambil meresapi liriknya yang menggambarkan tentang seseorang yang akhirnya sampai pada satu fase yang udah lama dinanti. Embrace menggunakan instrumen piano dan gitar dalam lagu ini, padahal sebetulnya menurut Gw lebih enak kalo pake piano doang. Kebetulan Chris Martin juga pernah bawain lagu ini hanya dengan nyanyi + piano dan hasilnya gokil Bro, somehow jauh lebih syahdu daripada versi yang dibawain sama band Embrace (mungkin karena dinyanyiin sama yang bikin langsung ya).

Nah, ngomong-ngomong tentang lagu dengan komposisi piano + gitar, Coldplay adalah salah satu dari sekian sedikit (jarang) band yang punya lagu yang menggabungkan instrumen piano + gitar tapi jatohnya ga norak dan malah justru harmonis banget. Lagunya itu berjudul The Hardest Part dan itu diciptakan oleh the one and only Chris Martin himself.

There you go guys, tiga dari sekian banyak bukti bahwa Chris Martin adalah seorang jenius dalam hal meracik musik yang asik dan laku keras di pasaran. Chris dan Coldplay sih menurut Gw  masih akan terus berkembang dan menghasilkan karya-karya musik yang lebih keren lagi, kalo ga percaya liat aja lagu terbaru mereka yang berjudul Alien. Di bagian awal lagu ini Gw merasakan ada kesan eksperimental dan upbeat tapi suara vokal Chris dan pilihan sound gitar Johnny Buckland (pilihan efek Johnny menurut Gw simply the best in the world) somehow seperti berhasil menjaga ciri bentuk lagu secara keseluruhan.

Itu menurut Gw, kalo kalian gimana?

Sumber gambar:
[1] https://www.cjp.nl/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini