gentlemancode.id
Tiga Album Musik Yang Jangan Lo Skip dari Tahun 2017

TIGA ALBUM MUSIK YANG JANGAN LO SKIP DARI TAHUN 2017

Published on Tuesday, 27 February 2018

Dilihat dari kacamata pecinta musik, 2017 adalah tahun yang berkesan karena ada banyak penyanyi maupun band yang sukses melahirkan karya berkualitas dan disukai oleh banyak pendengar. Sebagian dari musik yang dirilis di tahun 2017 bahkan diprediksi akan masih relevan untuk didengar beberapa tahun berikutnya. Salah satu yang membuat sebuah karya menarik yaitu bagaimana sang pemilik lagu bisa mengemas kombinasi musik, lirik dan overall vibe yang menjadi benang merah untuk lagu-lagu yang tergabung dalam sebuah album. 

Mumpung tahun 2018 baru dimulai dan belum terlalu banyak lagu baru yang jadi favorit Lo, berikut beberapa album musik dari tahun 2017 yang masih worth it banget untuk didengerin secara keseluruhan. 

1. More Life - Drake

Siapa yang nggak tau Drake? Rapper asal Kanada yang sebelumnya terkenal lewat lagu berjudul Hotline Bling dan sering juga muncul di berbagai meme karena tarian awkward yang dia lakukan dalam video clip lagu itu. Bulan Maret tahun lalu rapper ini mengeluarkan sebuah album yang diberi judul More Life bro! Lagu-lagu di dalamnya menarik banget untuk didenger. Lagunya nggak melulu tentang nge-diss orang lain, beat monoton atau video clip joget rame-rame.

Justru dari album More Life ini pendengar yang awam bisa ngedapetin sisi lain dari stereotype genre musik rap pada umumnya. Salah satu ciri khas lagu rap adalah cara nyanyi-nya yang cepat sambil kedengeran nggak terlalu bernada dan dilengkapi lirik yang panjang. Tapi Drake memberi lebih dari itu. Hampir semua lagu yang ada di dalam album More Life justru menarik karena walaupun liriknya panjang, rap beat Drake terdengar lebih punya nada dan mengalir serasi dengan melodi yang dipilih. Singkat kata, lebih easy listening dan sepintas hampir terdengar seperti lagu pop.

Setelah denger 2 atau 3 lagu secara random dari album ini maka akan terdengar suara penyanyi lain seperti Kanye West dalam lagu berjudul Glow. Drake memang melibatkan banyak banget pihak dalam membuat album ini, ada 12 rapper dan 32 produser bro! No wonder album ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik karena Drake memasukan banyak melodi dan nuansa ke dalam tiap lagu yang ia ciptakan, sehingga secara garis besar album ini terasa lebih berkualitas dan lebih hidup (More Life).

2. Funk Wav Bounces Vol. 1 - Calvin Harris 

Dilahirkan di Inggris dengan nama asli Adam Richard Wiles, ia kini lebih dikenal dengan nama panggung Calvin Harris. Seorang DJ yang pernah menaklukan hati seorang Taylor Swift, wanita idaman kita semua. Sungguh beruntung Calvin Harris, bukan hanya karena dia pernah bahagia bergandengan tangan dengan Taylor Swift, tapi juga karena bakat yang ia miliki dalam menciptakan dan menghasilkan alunan musik. Hampir semua musik yang dia buat melibatkan pemusik lain sebagai penyanyi sehingga banyak yang menganggap dia ga bisa nyanyi. Tapi ternyata dulu Calvin Harris pernah nyanyi juga lho, bro! Coba denger lagu yang judulnya The Girl, nah pengisi vokal dalam lagu itu adalah dia sendiri.

Calvin Harris mulai punya nama di kampung halamannya, Inggris, melalui lagu The Girls dan Acceptable in The 80s. Namun perjalanan karir musik musisi yang satu ini bisa dibilang mulai mendunia sejak dia bikin lagu berjudul I Feel So Close di tahun 2012 dan makin-makin ngetop setelah dia bikin lagu This is What You Came For yang dinyanyiin oleh Rihana. 

Setelah itu, Calvin Harris mengeluarkan satu album lagi di tahun 2014 tapi nggak bisa dipungkiri bahwa album tahun 2017 adalah his best so far. Dari yang sebelumnya fokus ke genre EDM, di album berjudul Funk Wav Bounces Vol. 1, Calvin Harris semacam berubah haluan dan terkesan mau coba masuk ke tipe musik lain dengan nuansa Funk-disco/post-disco-boogie. Calvin Harris bisa dibilang gaul banget karena dia berhasil ngajak banyak penyanyi kulit hitam untuk berkolaborasi mengisi vokal di semua lagunya. Calvin Harris dibantu oleh Frank Ocean di dalam lagu berjudul Slide dan Pharrel William plus Katy Perry di lagu berjudul Feels. Oke berat ya bro?!

Funk-nya berasa banget, nge-groove parah dan sulit untuk nggak suka sama lagu-lagu Calvin Harris di album ini. Selain Slide dan Feels, beberapa lagu yang patut didenger adalah Rollin dan Faking it.

Yang bikin penasaran lagi gimana ya konsep Calvin Harris kalau ngadain konser nanti? Bakal ada banyak penyanyi terkenal atau tetap dengan format DJ? Menarik ditunggu.
 

3. Ruang Tunggu - Payung Teduh 

Setelah dua album sebelumnya berasal dari musisi luar negeri, album ketiga berasal dari dalam negeri sendiri.

2017 adalah tahunnya para pecinta musik dengan lirik yang puitis dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tanpa mengecilkan peran anggota band yang lain, Mohammad Istiqamah Djamad, alias Is, adalah sosok inti dari karya-karya band lokal ini. Sebelum album Ruang Tunggu dirilis, album sebelumnya yang berjudul Dunia Batas dirilis di tahun 2012. 

Dari album Dunia Batas, ada lagu berjudul Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan yang jadi andalan semua insan mellow seantero Indonesia. Nggak berhenti sampai di situ, kesuksesan perjalanan musik Is dkk berlanjut seiring dengan dirilisnya album Ruang Tunggu tahun lalu. Hampir nggak mungkin ada orang yang belum pernah dengar lagu mereka yang berjudul Akad, sampai-sampai Is perlu mengeluarkan statement resmi yang melarang banyaknya pihak untuk meraup keuntungan dari menyanyikan ulang lagu tersebut, saking suksesnya lagu Akad disukai oleh pasar musik Indonesia.

Ruang Tunggu adalah kumpulan lagu yang paling pas bagi pendengar yang sedang mencari rasa nyaman. Album ini secara garis besar masih memiliki karakter suara khas Payung Teduh yang kita kenal sejak tahun 2010 silam. Kombinasi khas suara gitar akustik, sedikit ukulele, dan petikan nada bass yang jadi semacam dasar untuk semua itu berjalan di atasnya. Album Ruang Tunggu terbilang salah satu karya terbaik anak bangsa di 2017, nggak heran kalau album ini terasa jauh lebih terkenal dibanding album sebelumnya. Sayangnya ini adalah album perpisahan dari Payung Teduh karena akhir tahun lalu Is sang vokalis dan pencipta lagu handal memutuskan untuk undur diri dari band yang sudah membesarkan namanya ini, entah untuk sementara atau selamanya. Yang jelas karya mereka akan selalu menjadi favorit banyak orang karena benar-benar berkualitas dan sangat menangkan.

Selera Musik dan Serunya Sharing Info

Itu dia tiga album musik yang dirilis di tahun 2017 yang sepertinya sayang banget untuk dilewatkan. Musik memang selera dan nggak ada benar dan salah dalam berselera. Yang menarik dari selera musik adalah saat kita bisa membagi tentang apa yang kita sukai alias sedekah musik di saat teman lagi bosen dan pengen denger sesuatu yang lain dari biasanya. Nggak terbatas cuma untuk musik, buat kalian yang mau sharing info seru dan suka menulis, ada sesuatu yang baru di awal tahun 2018 ini. Cek di sini

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini