gentlemancode.id
Usaha Kudeta Gagal di Turki

USAHA KUDETA GAGAL DI TURKI

Published on Monday, 18 July 2016

Tidak seperti Indonesia yang sudah memisahkan militer dari sistem politiknya, Turki adalah negara yang masih membolehkan angkatan bersenjata mereka untuk terlibat dalam sistem politik pemerintahan. Pada malam hari tanggal 15 Juli 2016 kemarin, Fraksi militer tersebut baru saja melakukan sebuah usaha kudeta namun gagal.

Kudeta? Kayak pernah denger. Nama restoran di Bali yah?

Ya, di Bali ada sebuah restoran bernama Ku De Ta tapi kudeta yang terjadi kali ini berbeda. ini adalah usaha merebut kekuasaan suatu negara dari pemerintahan resmi, biasanya dilakukan secara tiba-tiba serta menggunakan kekerasan – dalam hal ini umumnya dilakukan oleh pihak militer.
Beruntung bagi presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, tidak semua pihak militer setuju untuk bergabung dalam gerakan kudeta tersebut sehingga masih ada sebagian banyak tentara yang setia pada pemerintahan dan membantu mengamankan keadaan agar tidak berkembang menjadi perpecahan yang lebih parah, kerusuhan.

Tentara pemberontak telah berhasil menggunakan sejumlah pesawat militer untuk menguasai sebagian wilayah namun usaha ini berhasil digagalkan oleh tentara yang masih pro dengan pemerintah dengan menggunakan sejumlah pesawat jet. Hingga sabtu pagi tadi masih terdengar suara tembakan dan ledakan di ibu kota Ankara dan kota besar Istanbul  - dua kota utama penting yang ingin dikuasai oleh para pemberontak.

Pihak militer pemberontak juga sempat memaksa sejumlah stasiun televisi setempat untuk membacakan sebuah deklarasi terkait usaha pengambilalihan kekuasaan ini. Tercatat ada setidaknya 42 orang korban meinggal di kota Ankara, sebagian besar korban adalah sipil. Tidak lama setelah di mulai, kegagalan usaha kudeta ini mulai terlihat saat sekitar 30 orang tentara pemberontak menyerahkan diri setelah mereka dikepung oleh polisi setempat di sebuah ruang publik (Taksim Square) di Istanbul.

Hmm kenapa kejadian ini dianggap penting ya?

Presiden Recep Tayyip Erdogan telah berkuasa di Turki sejak tahun 2003 dan ketidakstabilan keadaan di negara Turki dinggap bisa menjadi kerugian bagi Amerika Serikta, sekutu penting Turki dalam hal kerjasama militer menjaga stabilitas kawasan sekitar Turki, Timur Tengah. Yes, Turki adalah negara yang berbatasan dengan sebagian negara Timur Tengah yang saat ini masih berada dalam kondisi perang. Turki berbatasan dengan Syria, Iraq, Iran, Armenia,  Azerbaijani, Georgia, Bulgaria dan Yunani.

Btw, ada orang Indonesia ga tuh di sana? Gimana keadaan mereka sekarang?

Menurut data yang dimiliki oleh kantor perwakilan Konsulat Jeneral Republik Indonesia (KJRI) di Turki, ada sekitar 728 orang WNI di Turki dan sampai saat ini belum ada sumber berita yang menyebutkan jatuhnya korban jiwa dari warga negara Indonesia di negara tersebut. Alasan detail di balik usaha kudeta tersebut pun masih tanda tanya, namun  yang juga tidak kalah penting adalah agar jumlah korban jiwa tidak semakin bertambah dan segala macam bentuk perpindahan kekuasaan pemerintahan dapat dilakukan dengan cara adil dan damai.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini