gentlemancode.id
Banyak yang Kena Recall, Honda Indonesia - Masalah Recall Airbag Takata Tidak Kunjung Usai

BANYAK YANG KENA RECALL, HONDA INDONESIA - MASALAH RECALL AIRBAG TAKATA TIDAK KUNJUNG USAI

Published on Thursday, 23 January 2020

Jakarta - Selama sekian tahun lalu, cacat produksi airbag Takata terbukti berdampak pada industri otomotif global secara signifikan. Akibat produk cacat airbag tersebut, banyak sekali pabrikan mobil yang kena recall unit.

Disisi lain, recall airbag Takata juga dilakukan oleh beberapa merek mobil di Tanah Air, salah satunya Honda Indonesia. Produsen otomotif tersebut menarik sekitar 600 ribu mobil yang ada di seluruh Indonesia.

Unit yang ditarik pun termasuk keluaran lama, mulai dari tahun 2002. Menurut PT Honda Prospect Motor (HPM), masalah recall ini seperti tidak kunjung selesai.

“Kita recall sejak tahun 2002, total unit hampir 600 ribu lebih kalau nggak salah. Pencapaian kita sudah mencapai 52 persen sekarang. Dulu, sudah sampai 80% prosesnya, tapi unitnya nambah lagi yang terkena recall,” ujar Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, beberapa waktu lalu.

Pihak Honda Indonesia pun sangat gencar untuk mengkampanyekan penggantian airbag ke seluruh unit yang terkena recall. Sosialisasi recall ini pun dilakukan secara masif, tidak hanya kepada para konsumen, tetapi juga ke pedagang mobil bekas.

Ini dilakukan karena banyak sekali pengguna mobil Honda di Indonesia yang cuek dan enggan datang ke bengkel untuk melakukan penggantian komponen mobil. Jonfis mengatakan bahwa recall tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pabrikan pada para konsumen mereka.

“Recall itu bukan tantangan bagi kita, tapi memang sebuah tanggung jawab. Kita kejar perbaikan di mobil bekas, seperti di pasar mobil. Kita buat posko di pom bensin, Kemayoran juga kita datangi, serta kerja sama dengan komunitas,” jelas Jonfis.

Proses Recall Airbag Takata di Mobil Honda

Sebagai informasi, program recall airbag Takata sudah dilakukan sejak tahun 2013 alias sudah berjalan selama lima tahun. Permasalahan cacat produksi airbag Takata ini terjadi hampir di seluruh model Honda yang ada di Indonesia. Seperti, Honda Civic (2001 – 2011), Stream (2002 – 2006),  CR-V (2002 – 2012), Accord (2003 – 2013), City (2004 – 2013), Jazz (2004 – 2014), Odyssey (2004 – 2008), Freed (2009 – 2013), dan Brio (2013 – 2014).

Bagi pengguna mobil yang terkena recall, bisa datang ke bengkel resmi Honda Indonesia dengan mobilnya. Tim mekanik akan memeriksa dan melakukan penggantian komponen. Proses penggantian tersebut relatif cepat, hanya sekitar 1-2 jam waktu mengerjakannya.

Kelanjutan Recall Honda Indonesia

Di sisi lain, Honda Indonesia juga menarik model lainnya untuk dilakukan penggantian komponen master cylinder dan master power pada sistem pengeremannya, total 463.891 unit. Model Honda yang masuk penggantian komponen pengereman sebagai berikut.

  • Jazz tahun produksi 2014 – 2017.
  • HR-V tahun produksi 2014 – 2017.
  • BR-V tahun produksi 2015 – 2017.
  • Mobilio tahun produksi 2014 – 2017.
  • Brio tahun produksi 2014 – 2017.

Proses pemeriksaan dan penggantian komponen tersebut dilakukan kurang lebih selama 1-2 jam. Ini tidak dikenai biaya apapun baik untuk pemeriksaan maupun penggantian komponen.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini