gentlemancode.id
Spesifikasi Wuling Almaz RS

SPESIFIKASI WULING ALMAZ RS

Published on Wednesday, 24 March 2021

Wuling lagi-lagi menggebrak pasar otomotif Indonesia. Belum lama ini pabrikan asal tiongkok ini resmi memperkenalkan Wuling Almaz RS. Tipe ini merupakan tiper tertinggi dari varian Almaz. Mobil medium SUV ini hadir dengan sentuhan baru pada bagian eksterior dan beberapa penambahan fitur-fitur keselamatan dan driving assistance yang canggih. Pensaran kaya gimana Spesifikasi Wuling Almaz RS? Yuk simak spesifikasinya yang Gw kutip dari oto.detik.com.

Selama ini, mungkin Lo sering mendengar kode RS biasanya pada mobil mobil Honda. Nah, wulig juga pake kode RS untuk varian tertinggi Almaz ini. RS sendiri memiliki arti rising star, bro.

Tidak hanya dibekali teknologi perintah suara yang sempat menggebrak pasar otomotif Indonesia, kini Almaz juga dibekali oleh paket teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), yang didalamnya meliputi Internet of Vehicle (loV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Fitur Hiburan dan Keamanan

Untuk mengakases fitur-fitur didalam kendaraan, Wuling Almaz RS dibekali panel layar sentuh Smart Multimedia yang cukup besar dengan ukuran 10.4”. Di panel ini Lo udah bisa mengakses music melalui JOOX yang bisa Lo gunakan untuk mendengarkan music secara live streaming. Layar sentuh ini sudah mendukung perintah suara berbahasa Indonesia,  Wuling Indonesian Command (WIND).

Untuk fitur perintah suara, sekarang Lo udah bisa menggunakannya untuk membuka seluruh kaca, baik yang di bagian pengemudi dan bagian penumpang. Nggak hanya itu, perintah suara ini bisa juga Lo gunakan untuk membalas pesan aplikasi whatsapp. Canggih ya?

Panoramic Sunroof, masih ada di mobil ini. Lalu, ada Emergency Stop Signal yang berfungsi untuk membantu pengemudi di belakang kendaraan kita untuk mengurangi risiko tabrakan. Fitur ini bekerja ketika pengemudi melakukan rem mendadak, saat itu fitur ini akan memberikan sinyal beruma lampu sein yang akan berkeding secara otomatis yang akan berfungsi untuk memperingatkan pengendaran di belakang kita.

Kemudian ada fitur 360 Camera. Sesuai dengan namanya, fitur ini bisa memberikan Lo akses untuk melihat lingkungan sekililing Lo seluas 360 melalu head unit. Selain itu ada juga Keyless Entry, Keyless Remote, Start-Stop Button, Drive Mode (Eco - Sport), 2nd Row USB Port, Audio Steering Switch, Front & Rear Parking sensor, ISOFIX, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Sound System Infinity by Harman, Immobilizer, Anti-Theft Alarm, Seat Belt Reminder.

Fitur Keselamatan

Bisa dibilang, Wuling Almaz RS memiliki fitur kemanan yang sangat lengkap, bro. Lihat aja, ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA). Kombinasi ABS, EBD, dan BA ini disinyalir bisa memaksimalkan daya pengereman kendaraan.

Lalu ada Electronic Stability Control (ESC) yang bisa memberikan kestabilan berkendara secara otomatis saat adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali. Electric Parking Brake (EPB) atau rem tangan modern yang beroperasi secara elektrik.

Hill Hold Control (HHC) befungsi untuk menjaga kendaraan supaya nggak mundur ketika memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal akselerasi. HHC aktif secara otomatis ketika kendaraan akan melaju diposisi tanjakan. Lalu ada Auto Vehicle Holding (AVH) yang membantu mobil untuk tetap diam saat pedal gas tidak diinjak.

Kemudian ada SRS Airbag (Front & Side) di kursi pengemudi maupun penumpang, TCS (Traction Control System) untuk mencegah roda mobil selip saat berakselerasi.

Fitur-fitur Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Menurut Gw yang spesial di Wuling Almaz RS ini adalah paket teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terdiri dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Nah, dibawah ini adalah daftar 16 fitur canggih Wuling Almaz RS yang tergabung dalam paket teknologi IoV dan ADAS:

Internet of Vehicle

1. Vehicle Positioning: Menampilkan lokasi terkini kendaraan pada smartphone.

2. Vehicle Remote Control: Sistem kendali jarak jauh melalui smartphone untuk memanaskan mesin sekaligus mendinginkan kabin, serta membuka-tutup jendela dan kunci pintu.

3. Geo-Fencing Security: Memasang pagar elektronik dengan radius tertentu di sekitar kendaraan. Kalo misalnya mobil keluar dari radius yang ditetapkan, maka akan ada notifikasi yang dikirimkan ke smartphone pengguna.

4. Bluetooth Key: Membuka dan menutup kunci kendaraan melalui koneksi Bluetooth dari smartphone.

5. Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App: Pengendara bisa melihat navigasi, memutar lagu favorit, atau berkirim pesan melalui head unit. Fungsi ini juga didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia (WIND) sehingga konsentrasi selama berkendara dapat selalu terjaga.

Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Kategori: Adaptive Cruise

6. Adaptive Cruise Control (ACC): Secara otomatis menyesuaikan kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan di depannya sekaligus menjaga jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam.

7. Bend Cruise Assistance (BCA): Mengurangi kecepatan secara otomatis ketika kendaraan memasuki tikungan. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam.

8. Traffic Jam Assistance (TJA)-Intelligent Cruise Assistance (ICA): Membantu menjaga jarak aman dalam kondisi lalu lintas padat maupun lancar. Fitur bekerja pada kecepatan 60-150 km/jam.

Kategori: Lane Recognition

9. Lane Departure Warning (LDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki. Fitur bekerja di kecepatan 60-180 km/jam.

10. Lane Keeping Assistance (LKA): Secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman. Fitur bekerja pada kecepatan 10-180 km/jam.

Kategori: Safe Distance & Braking Assistance

11. Safe Distance Warning (SDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 65-150 km/jam.

12. Forward Collision Warning (FCW): Mendeteksi adanya potensi tabrakan depan dan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Fitur bekerja pada kecepatan 30-150 km/jam.

13. Automatic Emergency Braking (AEB): Ketika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, maka sistem akan secara otomatis melakukan pengereman darurat. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

14. Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA): Menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

15. Collision Mitigation System (CMS): Jika tabrakan tetap terjadi akibat kecepatan terlalu tinggi atau kejadiannya terlalu mendadak, maka sistem ini akan memaksimalkan pengurangan kecepatan, sehingga mengurangi keparahan cedera atau kerusakan akibat tabrakan. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

Kategori: Automatic Light

16. Intelligent Head Beam Assistance (IHMA): Kendaraan secara otomatis akan menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Fitur bekerja di atas kecepatan 30 km/jam.

Mesin dan Performa

Wuling Almaz RS masih setia dengan mesin 4 silinder segaris DOHC, Turbocharged, 1.451cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 140 dk di 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis (CVT) 8 percepatan.

Harga

Detail spesifikasi Wuling Almaz RS memang sudah diperkenalkan secara resmi ke awak media. Namun pihak Wuling Motors belum mau mengumumkan harga resmi medium SUV ini. Kira-kira berapa ya harganya?

Sumber gambar:
[1] https://www.autofun.co.id/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini