gentlemancode.id
Cara Mengatasi Penyakit Pop Eye Atau Mata Bengkak Pada Ikan Cupang

CARA MENGATASI PENYAKIT POP EYE ATAU MATA BENGKAK PADA IKAN CUPANG

Published on Friday, 19 March 2021

Buat Lo yang memelihara ikan cupang, Lo pasti pengen ikan-ikan cupang Lo segar dan sehat, bener nggak?

Namun kenyataannya, ikan-ikan cupang peliharaan kita nggak selalu sehat semuanya. Kadang ada yang sakit, dan lebih parah lagi ada yang sampe mati.

Untuk cupang Lo yang sakit, sebetulnya ada beberapa hal yang bisa Lo lakukan untuk mengobatinya. Nah, kali ini Gw akan berbagi tips sesuai yang pernah Gw alamin, dalam mengatasi ikan cupang yang sakit, khususnya ikan cupang yang mengalami mata membengkak atau pop eye.

Pencegahan Agar Ikan Tidak Terkena Pop Eye

Mata ikan cupang yang membengkak, biasanya dipengaruhi oleh infeksi yang terjadi pada ikan. Infeksi ini bisa terjadi karena makanan yang kotor, atau bisa juga karena air yang kotor. Untuk itu, agar ikan cupang Lo ga terkena penyakit pop eye atau mata membengkak, Lo harus perhatiin kebersihan makanan yang Lo kasi ke ikan-ikan Lo,  jangan sampe Lo ngasi pakan yang masih kotor.

Selain itu, Lo juga wajib memperhatikan kualitas air Lo. Air jangan sampe penuh dengan kotoran atau sisa makanan karena itu bisa menyebabkan infeksi pada ikan cupang, bro. Untuk itu, Lo jangan sampe malas untuk mengganti air ketika Lo udah ngerasa air di soliter ikan Lo udah kotor. Kalo Gw sih, biasa kuras total 3 hari sekali.

Lanjut!

Masih ngomongin kualitas air, jangan lupa untuk menambahkan daun ketapang kering, obat biru, dan garam ikan, agar ikan lebih terproteksi dari gangguan bakteri dan jamur.

Pengobatan Untuk Ikan yang Terkena Pop eye

Kalo misalnya ikan cupang Lo udah terlajur terkena pop eye, tenang bro Gw bakal kasih tau cara nanganinnya dibawah ya.

Gunakan Acriflavine

Apa sih Acriflavine itu?

Dikutip dari minapoli.com, Acriflavine adalah antiseptik yang mampu menghambat sekaligus membunuh pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri yang merugikan ikan. Acriflavine Juga ampuh untuk mengatasi masalah pembusukan insang dan mengatasi masalah jamur pada telur ikan serta Oodinium. Oodinium adalah parasit yang sering menyerang ikan yang berada dalam kondisi stres. Oodinium dapat menjangkiti ikan air tawar ataupun ikan air laut. Sirip adalah bagian dari tubuh ikan yang diserang Oodinium.

Nah, Gw biasanya menggunakan Acriflavine sekitar 2 tetes untuk 4 liter air soliter ikan Gw. Gw biasanya merendam ikan selama 24 jam dalam soliter yang udah Gw masukin Acriflavine tadi. Selain Acriflavine, Gw juga menambahkan garam ikan daun ketapang kering.

Setelah 24 jam, Lo ganti airnya dan kuras soliter untuk kemudian Lo ganti airnya dengan air yang udah Lo tambah obat biru. Jangan lupa juga untuk menambahkan garam dan daun ketapang.

Ini Lo lakukan selama 2 atau 3 hari bro. Biasanya sih, pada hari pertama bengkak pada matanya bakalan berkurang dan hari-hari berikutnya bengkaknya bakalan semakin mengecil dan ikan cupang Lo bisanya udah mulai seger lagi.

Nah bro, kira-kira itu sih tips yang bisa Gw share sama Lo berdasarkan pengalaman Gw dalam menangani ikan cupang yang kena pop eye. Semoga informasi ini membantu ya.  Thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini