gentlemancode.id
Cara Merawat Tanaman Monstera Agar Tumbuh Subur dan Sehat

CARA MERAWAT TANAMAN MONSTERA AGAR TUMBUH SUBUR DAN SEHAT

Published on Tuesday, 23 March 2021

Akhir-akhir ini, tren merawat tanaman memang sedang booming lagi, bro. Terlebih semenjak pandemi ini, tanaman seolah menjadi primadona di kalangan masyarakat untuk menjadi hiburan disaat mereka tidak bisa menjalani rutinitas seperti saat sebelum pandemi.

Wajar sih, karena tanaman memang bisa membuat rumah menjadi terlihat asri dan indah sehingga orang cenderung lebih betah di rumah. Ngomong-ngomong soal tanaman nih, monstera adalah salah satu tanaman yang menjadi primadona, bro. Bentuk daunnya yang besar dan indah, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman. 

Apakah Lo termasuk?

Anyway, mungkin sebagian dari Lo penasaran kenapa sih tanaman ini diberi nama monstera? Emang ini taman monster ya? Hehe, bukan bro.

Jadi, tanaman ini diberi nama monstera karena ukuran daunnya yang bisa tumbuh mencapai ukuran yang bisa dibilang sangat besar.

Tanaman ini berasal darimana sih? Nah, tanaman cantik ini berasal dari hutan hujan tropis, di selatan Meksiko sampai Panama, bro.

Monstera memiliki ciri yang khas yaitu bentuk daun yang bulat dan lebar dengan ada sobekan-sobekan yang terjadi secara alami.

Nah, buat Lo yang mau merawat atau baru saja beli tanaman ini, berikut Gw berikan tips mengenai cara merawat monstera agar tumbuh subur dan sehat yang Gw kutip dari trikmerawat.com :

Cukupi Kebutuhan Cahaya dan Air

Memastikan terpenuhinya kebutuhan cahaya dan kelembaban adalah hal yang sangat penting, bro. Kenapa? Cahaya dari sinar matahari dan kelembaban adalah faktor yang menentukan warna yang indah pada daun. Monstera sebaiknya ditempatkan di tempat yang cukup terpapar sinar matahari. Monstera akan tumbuh dengan baik apabila terkena paparan sinar matahari yang cukup. Tapi, hindari paparan sinar matahari secara langsung ya. Paparan sinar matahari langsung bisa membuat monstera mengalami kekeringan. Sebaiknya tempatkan tanaman ini di tempat yang mendapatkan cahaya matahari di tempat yang teduh.

Dikarenakan monstera merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis, maka kelembaban juga harus Lo perhatikan dengan baik. Semakin lembab uap air yang dimiliki oleh tanaman ini, maka akan semakin bagus untuk proses pertumbuhannya.

Pastikan kadar air yang diberikan sudah sesuai

Banyak orang beranggapan bahwa semakin sering memberi air pada tanaman, maka tanaman tersebut akan semakin subur. Namun, ternyata ini salah, bro. Kebanyakan memberikan air bisa membuat tanaman menjadi gampang layu.

Jadi, untuk memastikan tanaman monstera Lo bisa tumbuh dengan baik, Lo cukup memberikan air seminggu sekali secara rutin.

Perhatikan Daun dengan teliti

Seperti yang kalian tahu, keindahan monstera terdapat pada daunnya. Jadi, Lo harus merawat daun monstera dengan baik dan selalu memperhatikannya dengan teliti.

Ciri daun yang sehat adalah berwarnan hijau pekat. Kalo misalnya Lo melihat warna daun monstera Lo berwarna kuning dan kering, maka bisa jadi monstera Lo terpapar hawa panas atau terlalu dingin. Kalo hal ini dibiarkan, maka bisa jadi monstera Lo bakalan layu dan bahkan mati.

Berikan Nutrisi yang Cukup

Sama seperti kita manusia, tumbuhan juga butuh nutrisi yang cukup, bro. Untuk mendapatkan nutrisi yang baik, tanah sebagai media tanam monstera perlu Lo perhatikan. Guanakan pupuk untuk menambahkan nutrisi didalam tanah agar monstera Lo mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh.

Ganti Pot Secara rutin dan Berkala

Pot itu ibarat rumah, bro. Semakin besar tumbuhan yang ada didalam pot tersebut, maka pot yang digunakan pun lama kelamaan tidak akan mencukupi pertumbuhan tanaman yang ada didalamnya. Untuk itu, pastikan Lo mengganti secara rutin pot yang digunakan untuk monstera Lo.

Segera ganti pot apabila Lo sudah melihat akar terlihat mengikat dan penuh. Idealnya, gunakan pot dengan ukuran 5 sampe 10 cm lebih besar dari pot yang Lo gunakan sebelumnya. Selain itu, gunakan juga tanah dengan kualitas yang baik agar media tanam sebelumnya yang mungkin sudah kurang baik bisa terganti dengan tanah yang lebih baik.

Nah bro, kira-kira itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo mengenai cara merawat monstera. Intinya, jangan malas untuk mengganti media tanam, memberikan pupuk, memstikan cahaya tercukupi, dan memberikan air yang cukup untuk mostera Lo supaya bisa tumbuh dengan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Thanks and have a anice day!

 

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini