gentlemancode.id
8 Tanda Yang Menunjukan Bahwa Hubungan Anda Sedang Bermasalah

8 TANDA YANG MENUNJUKAN BAHWA HUBUNGAN ANDA SEDANG BERMASALAH

Published on Thursday, 11 August 2016

Di awal-awal memulai suatu hubungan, mungkin masalah atau konflik jarang sekali terjadi. Mungkin Anda masih bisa memaklumi setiap kekeliruan pasangan Anda. Tapi, seiring berjalannya waktu, terkadang untuk sebagian pasangan agak susah untuk melakukan itu lagi. Kadang masalah kecil pun jadi dibesar-besarkan yang akhirnya menjadi sebuah konflik.

Menurut Kirk Honda, professor of counseling and family therapy mengatakan bahwa ini merupakan hal yang normal terjadi. Beliau mengatakan bahwa setiap hubungan akan mengalami masa up and down-nya sendiri-sendiri. Tapi jika dalam suatu hubungan lebih banyak down-nya maka sudah dipastikan bahwa hubungan Anda sedang bermasalah.

Cobalah untuk melihat beberapa poin dibawah ini, mungkin Anda bisa mengenali tanda-tanda bahwa hubungan Anda sedang bermasalah dan menemukan cara untuk kembali ke jalur yang tepat dalam menjalani hubungan Anda.

1. Sering memberikan kritik

Apakah Anda sering memberikan kritik kepada pasangan Anda mengenai bagaimana cara dia berpenampilan, mengemudi, makan, berbicara atau bahkan cara dia bernafas? Ini adalah tanda yang sangat jelas bahwa kwalitas hubungan Anda sedang menurun atau sedang bermasalah. Dr. John Gottman, Marriage and relationship therapist and researcher, menjelaskan bahwa kritik lebih berbahaya dibandingkan dengan komplain. Karena, ketika Anda mengkritik pasangan Anda, Anda menyerang karakter pasangan Anda. Kirk Honda, professor of counseling and family therapy at Antioch University and host of the Psychology in Seattle podcast, mengatakan bahwa "memberikan kritik satu kali tidak akan mengakhiri hubungan Anda, tapi jika Anda terus melakukan kritik berulang-ulang kali maka itu sepertinya akan mengakhiri hubungan Anda".

2. Berburuk sangka

Ketika pasangan Anda pulang terlambat dan lupa untuk menelpon, apakah Anda langsung berfikir bahwa dia sudah tidak mencintai Anda lagi? Doreen Meister, Marriage and family therapist, mengatakan bahwa ini merupakan tanda hubungan Anda sedang mengalami masalah dan apabila tidak diperbaiki akan berakhir dengan kegagalan. "Masalahnya adalah Anda tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, dan Anda meresponnya secara tidak bijaksana". Ketika pasangan Anda pulang, mungkin Anda akan meberikan sikap yang dingin kepadanya, karena Anda yakin bahwa Dia sudah berbuat kesalahan kepada Anda, padahal faktanya adalah mungkin dia terjebak oleh kemacetan yang parah dijalan atau terkena masalah-masalah lainnya. Dengan berburuk sangka, ini akan menjadi pemicu terjadinya bencana dalam hubungan Anda.

3. Diskusi selalu diawali dengan pernyataan negatif

Ketika Anda selalu membuat pernyataan seperti "Aku tidak suka kamu selalu terlambat", ini adalah tanda yang sangat jelas bahwa hubungan Anda sedang mengalami masalah. Kritik seperti ini adalah pendekatan yang negatif atau kurang baik dalam sebuah diskusi yang mana akan menuntun Anda kepada sebuah adu argumen. Ketika Anda memulai sebuah percakapan, dan jika percakapan itu dimulai dengan pernyataan negatif, maka percakapan itu hampir selalu berakhir dengan akhir yang tidak baik atau timbul masalah.

4. Penghinaan

Ketika dua orang pasangan sudah sering saling menghina, maka mereka sudah memperlakukan satu sama lain dengan cara yang tidak terhormat. Jika ini sudah terjadi dalam hubungan Anda, maka bendera merah sudah berkibar dalam perjalanan hubungan Anda. Kebiasaan menghina ini sering kali didasari oleh rasa benci yang terjadi akibat kejadian pahit dimasa lalu. Jika kebiasaan saling menghina ini tidak segera diakhiri, maka hal ini akan menuntun hubungan Anda kedalam kegagalan.

5. Anda berhenti melakukan apa yang Anda cintai

Pada awal-awal hubungan Anda, mungkin Anda bisa melakukan joging di pagi hari, nongkrong bareng teman-teman Anda, dan melakukan hobi Anda. Tapi belakangan Anda menghentikan kegiatan tersebut untuk menghindari komplain atau kecemburuan dari pasangan Anda. Ini menandakan bahwa ada yang salah dalam hubungan yang Anda jalani. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang dapat memberikan kebebasan kepada pasangan untuk melakukan apa yang dia cintai selama itu baik. Dengan begitu Anda akan membuat pasangan Anda merasa nyaman menjalani hubungan dengan Anda.

6. Argumen Anda tidak terkontrol

Konflik dalam sebuah hubungan adalah hal yang normal, tetapi ketika konflik terjadi dan itu memicu pertengkaran yang tidak terkontrol seperti membentak, menyebut nama, dan meyalahkan itu adalah tanda bahwa hubungan Anda sudah hampir sampai menuju garis finish. Pasangan yang sehat adalah pasangan yang mampu mengontrol konflik yang terjadi agar tidak keluar batas.

7. Anda membangun dinding kepada pasangan Anda

Tanda lain yang menandakan bahwa hubungan Anda sedang bermasalah adalah Anda menutup diri kepada pasangan Anda. Dengan kata lain Anda membangun dinding pemisah dengan pasangan Anda sendiri. Menutup diri dengan pasangan akan menjadi salah satu penyebab akan banyaknya pertengkaran dimasa yang akan datang, dan jika itu terjadi maka itu adalah tanda bahwa hubungan Anda sedang bermasalah dan mungkin akan segera berakhir.

8. Anda tidak bisa mengingat mengapa Anda jatuh cinta kepada pasangan Anda

Kirk Honda, Professor of counseling, mengatakan bahwa jika salah satu atau kedua pasangan tidak bisa mengingat mengapa mereka jatuh cinta, maka hubungan tersebut sedang mengalami masalah yang serius. "Itu menandakan bahwa banyak sekali hal yang negatif yang menggantikan cerita dari hubungan mereka".  Pasangan yang sehat dapat dengan mudah mengingat alasan mengapa mereka jatuh cinta. Tanpa hal mendasar tersebut, hubungan yang dijalankan mungkin akan mulai terasa goyah.

Menjaga hubungan tetap harmonis merupakan pekerjaan yang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Komunikasi yang baik, dan meyikapi masalah dengan bijaksana akan membuat hubungan kita dengan pasangan tetap berjalan harmonis.

Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Referensi:
[1] http://www.livestrong.com/slideshow/1011145-9-signs-relationship-trouble/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini