gentlemancode.id
Ciri-ciri hubungan yang sehat

CIRI-CIRI HUBUNGAN YANG SEHAT

Published on Monday, 20 March 2017

Setelah menggebu-gebu membahas ciri hubungan yang tidak sehat, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana ciri-ciri hubungan yang sehat. Bagaimana sih ciri-cirinya? Dan apakah hubungan yang kalian jalankan saat ini sudah tergolong hubungan sehat atau belum? Gw harap sih udah ya Bro :)

Tapi sebelum kita bahas lebih dalam, kira-kira ada bayangan gak sih, ciri pacaran sehat tuh yang kaya apa?

Apa Lo kasih makan 4 sehat 5 sempurna setiap ketemu?

Atau apakah yang ngejadwalin waktu tidur Lo, waktu bangun tidur, mandi, makan dan sampe ngejadwalin menu makan Lo?

Atau, yang rajin ngingetin Lo kaya asisten pribadi, kapan waktu nya Lo makan, kapan waktunya Lo olah raga, kapan waktunya Lo tidur siang?

Nah udah deh daripada ngelantur, Gw coba paparin satu persatu ya. Tapi inget, tulisan ini sifatnya opini Bro, jadi Lo boleh berpendapat apapun gak harus sama.

Yuk langsung aja kita mulai :

1. Trust-worthy

Well, hubungan yang sehat itu pada dasarnya adalah hubungan yang baik untuk kehidupan Lo. Lo nyaman, dia nyaman, dan gak ada pihak yang dirugikan atau malah disakiti. Sehat disini artinya sehat untuk keadaan fisik dan juga sehat untuk keadaan mental Lo. Bayangin betapa asyiknya saling percaya sama pasangan Lo,  pergi gak usah laporan tiap menit, dia pergi pun hati Lo rasanya tenang aja karena Lo percaya bahwa dia gak akan aneh-aneh di belakang Lo. Giving trust and gaining trust is very very difficult Bro, that’s why Lo harus coba percaya pasangan Lo dulu biar dia juga bisa percaya sama Lo. Kalo udah bisa, Gw yakin hubungan Lo bakal berjalan santai dan menenangkan banget. Kalo udah gini sih Lo lagi main sama temen-temen pun bawaannya malah bisa kangen sama dia yang anteng dan percaya sama Lo itu :)

2. Tidak egois

Nah, males juga kali Bro, punya pasangan egois. Apa-apa maunya diturutin, tapi gak mau gantian nurut (in a good way). Kalo kalian berantem, Lo harus selalu jadi pihak yang minta maaf. Kalo kalian pergi, dia maunya dijemput tanpa mau tau keadaan Lo lagi kaya gimana, misal Lo lagi ga ada kendaraan, lagi ga enak badan, bahkan lagi ga punya uang. Yah, semoga pasangan Lo pengertian dan tidak egois ya Bro, karena males banget nih ketemu yang bentukannya egois gini.  

3. Menghargai private time

Saat Lo sama dia, Lo konsen sama dia, begitupun dia. Tapi saat kalian sedang menjalani aktivitas masing-masing, kalian konsen sama aktivitas masing-masing tanpa harus interrupting satu sama lain. Nanti pas udah selesai, baru deh kalian bisa komunikasi lagi atau sekalian dinner  pas kalian balik kuliah atau balik ngantor. Seneng banget kan Bro jalanin hubungan kayak gini? Lo bisa jujur tanpa harus bohong mengenai apapun sama dia. Tapi Lo jangan aneh-aneh ya, Lo harus pegang baik-baik kepercayaan yang sudah dia berikan sama Lo.

4. Tidak mengekang

Dia ngerti kalo Lo bisa berhalangan ketemu sama dia karena 1 dan lain hal, tapi dia juga paham maksud Lo itu bukan karena tidak mengutamakan dia, melainkan karena memang Lo ada urusan lain yang lebih penting, misalnya tentang keluarga atau pekerjaan Lo. Hubungan yang kaya gini nih Bro, yang bisa langgeng tanpa terganggu hal-hal yang gak penting yang bisa merusak hubungan kalian.

5. Mau minta maaf

Ini penting loh Bro, meskipun sepele, tapi minta maaf itu sulit untuk dilakukan tanpa hati yang lapang dan iklhas, apalagi kalo Lo kebetulan adalah pihak yang tidak bersalah. Menurut Gw, dalam hal seperti ini tidak ada masalah gender, semacam mau cowoknya atau cewekya yang salah, minta maaf is a must, because that's how you respect your partner, right?

6. Mau kenal keluarga Lo

Tentu saja hal ini penting! Menurut Gw, pasangan Lo berhak kenal sama keluarga Lo sejak dari awal, karena who knows kalo kalian nantinya akan menikah, yang mana pernikahan adalah berarti menerima pasangan Lo dan juga keluarganya, dan hal tersebut sebaiknya dilakukan dari awal, bener gak?

7. Tidak menjerumuskan Lo ke hal buruk

Kalian pacaran, dan pacarannya juga seru, bisa lari bareng, tenis bareng, hiking bareng, etc. Wow, pasti seru banget punya pasangan kayak gini! Jangan sampe deh Bro, Lo atau pasangan Lo, dengan alasan "cinta" jadi malah menjerumuskan satu sama lain ke hal-hal buruk atau bahkan hal terlarang. Ngeri!

8. Jujur

Poin terakhir ini bisa dibilang sangat sulit untuk dilakukan. Bisa jadi Lo gak berani jujur karena takut pasangan Lo marah atau kecewa, akhirnya Lo memilih bohong. Wah wah wah, inget Bro yang namanya bohong itu pasti terungkap, and by the time she will figures out, kepercayaan dia terhadap Lo akan luntur dan pecah berkeping-keping, yang mana kepercayaan itu seperti cermin kalo kata pepatah Bro, tidak akan bisa menyatu lagi setelah pecah. Makanya, kejujuran itu sangat penting. Bagaimanapun itu bisa mengecewakannya, cobalah untuk tetap jujur. Karena kebohongan kecil akan berujung kepada kebohongan gede Bro, waduh jauh-jauh deh.

Nah, itulah tadi ciri-ciri hubungan yang sehat yang pada umumnya dijadikan acuan oleh para pasangan. Gw jadi penasaran nih, apakah hubungan Lo termasuk dalam ciri pacaran sehat atau engga? Coba untuk look back lagi ya, kalau menurut Lo hubungan Lo itu udah sehat, silahkan dilanjutkan Bro, namun jika menurut Lo hubungan Lo udah gak sehat, coba pikir lebih dalam lagi. Hati Lo pasti tau kok, bagaimana hubungan yang sehat dan engga.

Good luck, dan jangan lupa share artikel ini ya Bro!

Sumber gambar:
[1] https://pixabay.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini