gentlemancode.id
Ini dia tata cara pengurusan dokumen untuk mengurus pernikahan. Jangan sampe Lo nggak tau, bro!

INI DIA TATA CARA PENGURUSAN DOKUMEN UNTUK MENGURUS PERNIKAHAN. JANGAN SAMPE LO NGGAK TAU, BRO!

Published on Monday, 26 February 2018

Buat Lo yang lagi ngebet banget pengen nikah, coba deh Lo lihat lagi apakah Lo udah bener-bener siap untuk menikah. Kenapa? Karena pada dasarnya menikah itu bukanlah hal mudah yang sepele, bro. Kalo misalnya Lo udah bener-bener yakin untuk menikah, inilah saatnya Lo mengetahui dokumen apa saja yang harus Lo persiapkan. Jangan kira Lo hanya tinggal duduk doang dan tanda tangan buku nikah, bukan bro bukan begitu. Banyak hal yang harus Lo urusin dan Lo harus mengurus itu semua jauh-jauh hari.

Berikut ini adalah beberapa tips buat Lo yang akan mempersiapkan pernikahan, simak baik-baik ya bro!

Tentukan Lokasi

Hal penting yang harus Lo tetapkan dari awal setelah tanggal adalah Lokasi, bro. Lo nggak bisa ngurus dokumen sebelum Lo punya lokasi pernikahan Lo nanti. Dimana Lo menikah akan menentukan KUA mana yang akan mengurus dan mendaftarkan pernikahan Lo.

Kalo misalnya Lo dan calon Lo berbeda daerah atau kecamatan, dokumen yang harus Lo urus akan sedikit ribet, bro. Kalo akad nikah dilangsungkan di tempat mempelai wanita, maka Lo membutuhkan surat numpang nikah sesuai dimisili Lo. Kalo sebaliknya, maka mempelai wanita yang harus mengurus surat numpang nikah. Nah, kalo Lo dan calon istri Lo menikah di luar tempat tinggal kalian, maka Lo berdua harus mengurus surat numpang nikah di KUA kecamatan masing-masing.

Persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari

Persiapkan segala kebutuhan pernikahan Lo dari jauh-jauh hari bro karena pengurusan dokumen untuk kebutuhan pernikahan itu bukan sesuatu yang gampang, perlu waktu dan Lo perlu menyempatkan diri. Usahakan beberapa bulan sebelum hari H Lo udah mengurus dokumen-dokumen tersebut. Semakin cepat Lo menyelesaikan dokumen-dokumen yang diperlukan maka akan semakin baik bro karena Lo jadi bisa mengurusi hal lain yang juga nggak kalah penting.

Untuk dokumen, dibawah ini adalah beberapa dokumen yang harus Lo siapkan diantaranya adalah:

Untuk calon mempelai pria

  • Surat pengantar untuk menikah dari RT/RW
  • Datanglah ke kantor Kepala Desa / Lurah sesuai domisili di KTP untuk mendapatkan surat kehendak nikah model N1, N2, dan N4
  • Kalo calon istri Lo berbeda kecamatan dan daerah, datanglah ke KUA di daerah Lo untuk mendapatkan pengantar kehendak nikah atau surat numpang nikah
  • Jika sudah lengkap, susun rapi dan serahkan pada pihak calon istri

Untuk calon mempelai wanita

  • Surat pengantar nikah dari RT dan RW
  • Datanglah ke kantor Kepala Desa / Lurah sesuai domisili di KTP untuk mendapatkan surat kehendak nikah model N1, N2, dan N4
  • Setelah itu calon mempelai pria, wanita dan juga wali datang ke KUA tempat penikahan akan digelar dengan membawa berkas:
    • Fotokopi KTP calon pengantin dan wali, akta kelahiran atau ijazah, serta KK masing-masing saru lembar
    • Pas foto kedua calon pengantin dengan latar belakang biru ukuran 2×3 (2 lembar) dan 4×6 (satu lembar). Lebih baik jika membawa lebih banyak
    • Bila calon pengantin usianya kurang dari 21 tahun, lampirkan surat ijin orangtua (model N5)
    • Surat ijin kematian (model N6) untuk calon pengantin janda/duda yang pasangannya meninggal dunia
    • Akta cerai jika janda/ duda karena bercerai
    • Untuk calon pengantin dibawah umur (19 untuk pria dan 16 untuk wanita) harus membawa dispensasi dari Pengadilan Agama
    • Nah kalau si calon pengantin ini anggota ABRI atau POLRI wajib ada surat izin dari atasan
    • Dispensasi dari camat bila pendaftaran nikah kurang dari 10 hari 
    • Jika wali nikah bukan ayah kandung atau satu alamat, lampirkan surat keterangan wali dari kelurahan
    • Fotokopi akta kematian ayah bila sudah meninggal
    • Fotokopi sertifikat khusus pra nikah
    • Fotokopi imunisasi TT  

Nah, langkah terakhir cukup simpan rapi semua dokumen yang sudah Lo kumpulkan untuk mendapat surat nikah dan buku nikah saat akad di hari H nanti. Jangan lupa untuk memastikan agar penghulu tidak terlambat ya. Lo bisa minta nomor telfonnya supaya nanti bisa dihubungi dengan mudah. Oh iya, jangan lupa jaga kesehatan bro supaya nanti pas hari H Lo ada dalam keadaan yang fit untuk menghadapi hari bahagia Lo dan pasangan.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini