gentlemancode.id
Orang tua udah nyuruh nikah tapi Lo belum siap, harus bagaimana?

ORANG TUA UDAH NYURUH NIKAH TAPI LO BELUM SIAP, HARUS BAGAIMANA?

Published on Tuesday, 11 June 2019

Semua orang pasti pengen hidup dengan pasangan yang mereka cintai dalam sebuah ikatan pernikahan. Semua orang punya waktunya masing-masing, terutama soal pernikahan. Nah, masalah pernikahan ini kadang memang membuat sebagian orang kelimpungan dengan berbagai alasan. Terlebih bila orang tua udah bawel nyuruh supaya cepet-cepet nikah sementara Lo merasa belum siap. Pasti pusing kan? Apa yang Lo rasain itu wajar, karena memang pernikahan itu  nggak bisa dibilang gampang.

Tanda-tanda orang tua sudah ingin melihat Lo nikah

Biasanya orang tua yang sudah pengen lihat anaknya menikah suka punya tanda-tanda sendiri bro, seperti misalnya:

1. Sering ngomongin sodara atau teman Lo yang sudah melangsungkan pernikahan di setiap pembicaraan

Kalo orang tua Lo sudah sering banget ngomongin teman atau sodara Lo tentang pernikahan, ini adalah salah satu tanda yang sangat jelas bahwa orang tua Lo sudah pengen ngelihat Lo nikah, bro.

Nah, biasanya obrolan ini suka di akhiri dengan kalimat, "kamu kapan nyusul?", mamam tuh, hehe. 

2. Selalu membicarakan mengenai pernikahan idealnya buat Lo

Orang tua yang selalu antusias membicarakan berbagai macam hal tentang pernikahan juga bisa menandakan bahwa mereka sudah pengen melihat anaknya menikah. Misal saat dia membicarakan pernikahan anak temannya atau kerabat, mereka langsung berkata "nanti kamu dekorasinya kaya gitu aja, mama suka, mau ya?".

Mereka juga mungkin sudah memiliki bayangan mengenai pernikahan ideal mereka dengan membicarakan adat yang akan dipakai, lokasi, dan bahkan soal undangan.

3. Langsung nanya, kapan Lo mau nikah?

Kalo sindiran-sindiran yang mereka keluarkan nggak ngaruh juga, maka udah pasti orang tua Lo bakal langsung nanya to the point sama Lo mengenai kepastian kapan Lo akan menikah. Nah, Lo mungkin bakalan bingung untuk menjawabnya, tapi tenang Gw punya tipsnya dibawah. Baca terus, bro!

Cara menghadapi orang tua yang pengen Lo segera menikah

Nggak ada yang salah dengan keinginan orang tua yang pengen lihat anaknya cepet-cepet nikah. Bagus malah, bro.

Tapi kalo Lo memang betul-betul belum siap atau belum yakin, cobalah untuk mengajak orang tua Lo untuk membicarakannya dengan cara ini:

1. Berikan jawaban tegas dan tentu dengan cara yang sopan

Lo tentu nggak boleh langsung emosi atau tersinggung ketika orang tua Lo nanya soal ini. Wajar lah yang namanya orang tua kalo pengen tahu rencana Lo menikah kapan.

Sebaiknya obrolin aja dengan santai bro untuk menjelaskan kapan Lo akan merencakan pernikahan. Jangan memberikan jawaban yang menggantung tapi berikan jawaban sejelas-jelasnya. Terlepas apakah nanti terlaksana atau engga, yang penting Lo udah punya rencana dan biarkan Tuhan yang menyelesaikan sisanya.

Kalo memang Lo belum tahu, maka Lo jawab aja belum tahu. Lalu, berikan alasannya apa. Apakah soal biaya atau memang Lo belum menemukan orang yang tepat. Ungkapin aja apa adanya supaya orang tua Lo mengerti dan mungkin mereka malah bisa membantu Lo.

Kalo misalnya Lo belum memprioritaskan soal pernikahan maka Lo harus jelasin itu dengan baik. Misal Lo masih pengen melanjutkan sekolah, membuka usaha, atau mengejar keinginan Lo yang lainnya. Lo harus bisa jelasin bahwa rencana yang Lo punya saat ini lebih baik untuk di prioritaskan sebelum menikah. 

2. Berikan waktu yang pasti

Kalo memang Lo udah punya rencana menikah namun keadaannya belum memihak sama Lo, cobalah untuk memberikan jawaban yang kira-kira bisa memberikan orang tua Lo kepastian, bro. Misal, satu tahun lagi atau dua tahun lagi mungkin. Yang penting, orang tua Lo tahu mengenai keinginan dan rencana Lo jadi mereka juga nggak nanya-nanya lagi.

Adalah hal yang wajar ketika orang tua Lo ingin segera melihat Lo di pelaminan. Kalo memang Lo belum siap, coba jelaskan dengan baik dan sopan. By the way, buat Lo yang sedang ingin merencanakan pernikahan Lo bisa baca artikel ini, bro: Tips mempersiapkan budget pernikahan salam satu tahun

Oke deh, semoga artikel ini bermanfaat, thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini