gentlemancode.id
Pesta Pernikahan Bukan Kewajiban, Jadi Jangan Sampe Dipaksakan Sampe Harus Berhutang!

PESTA PERNIKAHAN BUKAN KEWAJIBAN, JADI JANGAN SAMPE DIPAKSAKAN SAMPE HARUS BERHUTANG!

Published on Wednesday, 20 September 2017

Buat Lo yang belum menikah dan mungkin sedang berencana untuk menikah, pesta pernikahan pasti jadi beban pikiran tersendiri buat Lo. Gimana engga, saat ini biaya untuk mengadakan pesta pernikahan lumayan mahal, dari mulai sewa gedung, catering, cetak kartu undangan, dan lain sebagainya. Semua itu butuh biaya yang tidak sedikit dan cenderung mahal. Mau gak mau, Lo pun harus berfikir bagaimana caranya untuk menyiapkan budget khusus untuk memenuhi biaya-biaya tersebut.

Sebetulnya, gak ada yang salah dengan mengadakan pesta pernikahan, selama Lo mampu dan gak akan membebani kehidupan Lo nanti ya go for it. Gak ada yang ngelarang. Tapi, yang jadi masalah adalah ketika Lo memaksakan diri untuk mengadakan pesta pernikahan padahal secara financial Lo gak mampu. Ini nih yang berabe, Bro. Gak mau kan tabungan Lo yang udah Lo tabung bertahun-tahun habis hanya untuk menjamu orang-orang yang gak semuanya Lo kenal? Terlebih Lo harus pinjam uang demi melaksanakan pesta pernikahan tersebut.

Sekali lagi Gw bilang, gak ada yang salah dengan mengadakan pesta pernikahan, selama itu semua tidak mengorbankan masa depan demi pesta yang hanya berjalan dalam hitungan jam.

Gw ngerti kalo Lo pengen pernikahan Lo berkesan. Tapi itu jangan dijadikan alasan untuk memaksakan sampe-sampe Lo ngutang, toh yang paling penting kan kehidupan Lo setelah menikah yang mana akan banyak membutuhkan biaya bener gak?

Nah Bro, sebagai bahan pertimbangan berikut ini adalah beberapa keuntungan ketika Lo menikah tanpa berhutang. Simak baik-baik ya, Bro!

1. Kehidupan rumah tangga cenderung lebih tenang karena tidak dihantui oleh hutang

Lo pasti pernah ngalamin kan gimana gak enaknya punya utang? Begitu Lo punya duit, duit Lo akan langsung berkurang karena harus bayar utang. Begitulah Bro gak enaknya punya utang, apalagi ketika Lo berumah tangga. Pendapatan Lo akan langsung kepotong ketika Lo harus bayar utang pinjaman Lo, belum lagi Lo harus memenuhi biaya kehidupan sehari-hari Lo. Bikin stres bener gak?

Kalo hutangnya untuk keperluan dan kebutuhan yang bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga Lo seperti cicilan rumah, atau modal usaha sih gak masalah. Tapi kalo harus nyicil untuk hutang pesta pernikahan kayanya gak enak banget deh, Bro.

2. Lo bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk tabungan masa depan

Nah Bro, ini nih yang harus lebih Lo pikirin di bandingkan mikirin pesta pernikahan yaitu tabungan masa depan. Ya Bro, kalo Lo memulai rumah tangga dengan tumpukan hutang, pasti bikin hidup Lo gak tenang. Percaya deh.

Beda halnya kalo Lo memulai rumah tangga Lo tanpa hutang, pasti lebih tenang dan lebih bahagia tentunya. Dengan menikah tanpa hutang, Lo bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk memenuhi kebutuhan Lo yang lebih penting seperti untuk membeli rumah, biaya kesehatan, atau biaya untuk pendidikan anak-anak Lo nanti.

3. Anggaran rumah tangga tidak akan terganggu karena Lo tidak punya hutang

Karena Lo gak ngutang ketika mengadakan pesta pernikahan, penghasilan Lo tentu tidak akan terganggu karena harus menyisihkan uang untuk membayar hutang. Otomatis, biaya untuk kebutuhan dapur pun jadi lebih aman sehingga Lo tidak perlu khawatir akan kekurangan.

Anggaran rumah tangga adalah hal yang sangat penting untuk Lo perhatikan dan gak boleh keganggu sama hal lainnya apalagi Lo pake untuk membayar hutang. Lo tentu gak mau kan untuk kebutuhan sehari-hari saja nanti Lo harus pinjem uang?

4. Hubungan Lo sama pasangan akan lebih harmonis karena kalian gak harus mikirin hutang

Orang yang gak punya hutang cenderung hidupnya lebih tenang. Lo gak perlu khawatir uang Lo habis ketika Lo gajian. Beda ketika Lo punya hutang, rasa was-was, cemas, akan selalu Lo rasain ketika Lo punya hutang. Keadaan ini bisa bikin hubungan Lo sama istri Lo cenderung gak harmonis dan akan sering terlibat konflik karena keadaan emosi Lo yang gak stabil karena Lo mikirin utang.

Ketika Lo gak punya hutang, maka Lo akan mendapatkan perasaan tenang dalam kehidupan Lo. Perasaan tenang inilah yang nantinya akan menumbuhkan keharomonisan dalam kehidupan rumah tangga Lo karena kalian tidak dihantui perasaan was-was atau cemas.

5. Buat Lo yang pengen segera memiliki momongan, maka dengan tidak punya hutang Lo akan lebih siap dalam menghadapi kehamilan dan memenuhi kebutuhan persalinan nanti

Sekali lagi Gw bilang sama Lo bahwa kehidupan ketika menjalani rumah tangga itu lebih penting daripada resepsi pernikahan yang hanya berlangsung beberapa jam saja. Salah satu hal yang harus Lo pikirin adalah bagaimana kesiapan Lo ketika misalnya nanti istri Lo hamil dan melahirkan. Gw kasih tau nih Bro sama Lo bahwa biaya persalinan itu gak sedikit, belum lagi biaya kontrol perbulannya selama masa kehamilan. Gw gak bisa banyangin gimana stress nya ketika Gw misalnya harus membayar hutang sekaligus Gw juga harus memenuhi biaya-biaya untuk kehamilan dan persalinan istri Gw. Belum lagi Gw harus mikirin kebutuhan harian yang harus terpenuhi. Pasti itu stres banget.

Ketika Lo gak punya hutang, otomatis Lo dan pasangan Lo akan lebih siap dalam mempersiapkan segala kebutuhan untuk menyambut buah hati yang kalian idam-idamkan. Kalian akan lebih matang dalam mempersiapkan segala hal untuk menyambut hadirnya sang buah hati nanti tanpa ada beban pikiran yang menggangu ketenangan kalian.

Dengan kesiapan finansial seperti itu, kalian tentu akan lebih merasa tenang dan rileks dalam menjalani masa kehamilan.

Sekali lagi Gw tegesin sama Lo Bro, mengadakan pesta pernikahan itu gak dilarang selama Lo mampu. Tapi yang harus Lo garis bawahi adalah menikah tanpa hutang akan membuat hidup Lo lebih bahagia dan penuh berkah, karena kalian bisa fokus untuk menjamin kelangsungan masa depan keluarga kecil Lo nanti. Nah, gimana Bro? Mendingan nikah tanpa pesta kan dibandingkan harus berhutang?

Oke Bro, Gw rasa itu aja yang bisa Gw share sama Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Thanks.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini