gentlemancode.id
Tips Mempersiapkan Budget Nikah dalam Setahun

TIPS MEMPERSIAPKAN BUDGET NIKAH DALAM SETAHUN

Published on Monday, 10 June 2019

Hai bro, apakah Lo sedang berencana untuk menikah tahun ini? Kalo iya, Gw punya lho beberapa tips mempersiapkan budget nikah dalam setahun buat Lo yang baru saja memiliki rencana untuk menikah diwaktu yang mepet. Meskipun Lo menginginkan penghematan anggaran selama pernikahan berlangsung, namun tetap saja Lo harus mempersiapkan dengan baik biaya untuk pernikahan. Dengan begitu, proses pernikahan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala keuangan.

Tapi, bagaimana jika waktunya hanya 1 tahun? Usaha apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan segalanya? Yang pasti uang tidak akan datang begitu saja kalo Lo hanya berdiam diri di rumah. Diperlukan usaha yang matang dan harus dilakukan bersama-sama antara kedua belah pihak. Baik itu untuk calon suami dan calon istri harus sama-sama berusaha.

Meskipun tanggung jawab tetap ada pada Lo sebagai calon suami, namun tidak ada salahnya jika keduanya sama-sama saling membantu demi kelancaran proses pernikahan yang akan digelar. Maka dari itulah, kalo Lo pengen bisa mencapai target untuk tabungan pernikahan Lo dalam waktu 1 tahun, sebaiknya perhatikan beberapa tips mempersiapkan budget nikah dalam jangka waktu satu tahun berikut ini!

Tips Mempersiapkan Budget Nikah dalam Setahun    

  • Cobalah untuk memisahkan gaji sendiri dan gaji pasangan. Ada beberapa pasangan yang memiliki gaji lebih besar daripada pihak pria. Namun ada juga yang justru sebaliknya. Sebenarnya ini bukan masalah besar, asalkan Lo bisa membagi dan mengalokasikannya dengan benar agar tidak sampai terjadi benturan dan kekurangan dana.
  • Selain itu, Lo juga harus mempersiapkan anggaran untuk baju pengantin. Bila budgetnya terbatas, Lo tidak harus membeli baju. Tapi, Lo bisa menyewa atau bahkan meminjamnya. Lakukan penghematan sebaik mungkin, bila perlu gunakan penjahit yang berkualitas tapi harganya terjangkau jauh-jauh hari agar Lo bisa mendapatkan baju yang bagus tapi harganya murah.
  • Karena Lo akan menikah dalam waktu 1 tahun lagi, maka usahakan untuk lebih giat menabung. Simpanlah penghasilan Lo untuk memenuhi kebutuhan pernikahan. Kalo Lo bisa misalnya menyisihkan 100 ribu rupiah per minggu saja, maka Lo bisa mendapatkan uang 5,2 juta rupiah dalam 1 tahun atau 52 pekan.
  • Tips mempersiapkan budget nikah dalam setahun selanjutnya adalah tentang seserahan, bro. Karena Lo hanya punya waktu 1 tahun, tidak ada salahnya kalo Lo mulai mengangsur seserahan sejak dini. Seserahan ini sebaiknya jangan dibeli secara langsung sekaligus. Karena bila terlalu terburu-buru akan membuat Lo salah beli. Padahal, seserahan harus diberikan berdasarkan karakteristik pengantin wanita. Maka dari itulah, cicil seserahannya untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan mendapatkan barang yang bagus.

Waktu Terbaik Mempersiapkan Budget Nikah

Pernikahan adalah salah satu moment yang sangat membagiakan dalam kehidupan seseorang. Karena itulah, persiapannya harus dilakukan dengan matang. Tapi, berapa lama waktu paling ideal untuk merencanakan sebuah pernikahan? Ternyata, jangka waktu terbaik untuk mempersiapkannya adalah 12 bulan. Karena pernikahan itu harus disiapkan segala macamnya dengan matang seperti misalnya melakukan diskusi dulu ke vendor-vendor kebutuhan pernikahan untuk melihat konsep, desain, dan harga.

Semua kegiatan itu pastinya membutuhkan waktu yang lama, bro. Belum lagi, untuk booking gedung. Lo harus sudah mem-booking gedung dari jauh-jauh hari supaya Lo bisa mendapatkan gedung yang Lo inginkan pada tanggal yang udah Lo tentukan. Maka dari itulah, tak heran jika berdasarkan survei yang pernah dilakukan sebelumnya oleh beberapa pihak, terungkap bahwa jangka waktu 9 bulan hingga 12 bulan adalah waktu yang paling tepat untuk pasangan yang mau menikah.

Nah, buat Lo yang akan menikah atau merencanakan akan menikah, penting banget buat Lo untuk mengetahui tips mempersiapkan budget nikah dalam setahun seperti yang Gw sampaikan sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat, thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini