gentlemancode.id
Menyapa Kerabat Lama, Planet Terbesar Dalam Tata Surya - Jupiter

MENYAPA KERABAT LAMA, PLANET TERBESAR DALAM TATA SURYA - JUPITER

Published on Tuesday, 05 July 2016

Dalam salah satu acara Bukber, Genta melihat sesosok wajah yang rasanya pernah Ia kenal baik semasa kecil. Ternyata bener aja, dalam acara itu Ia bertemu dengan sahabat masa kecilnya, Mas Andre. Dimulai dengan "apa kabar lo sekarang, bro?", obrolan seru berlanjut dan mereka larut menertawakan berbagai kejadian bodoh di masa lalu – salah satunya adalah Jupiter, nama band punk-rock Genta dan Mas Andre semasa duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sampai saat ini Mas Andre masih mempertanyakan apa tujuan mereka dulu bermusik – dengan kemampuan di bawah rata-rata, besar kemungkinan penonton (atau bahkan Mas Andre merasa) tidak akan terhibur. Sementara Genta masih heran tentang bagaimana Jupiter dipilih menjadi sebagai nama band.

Hmm Jupiter yah.. menarik

Pertanyaan yang itu mengundang menghasilkan jawaban menarik dari Mas Andre. Jupiter adalah Planet ke lima dalam Tata Surya dengan ukuran radius 69.911 km, atau 10 kali lebih besar dari ukuran radius bumi (6.371 km). Jupiter adalah planet terbesar yang ada di dalam Tata Surya dan yang membuatnya lebih menarik lagi adalah perdebatan tiada henti tentang pertanyaan "apakah Jupiter memiliki inti badan (core) dengan materi yang padat seperti Bumi?"

Sebentar lagi NASA akan memiliki segera mendapatkan sejumlah informasi baru yang berguna untuk menjawab pertanyaan itu (dan beserta beberapa pertanyaan menarik lainnya). Pasalnya, Juno (Jupiter Near-Polar Orbiter), sebuah pesawat ruang angkasa nir awak yang diluncurkan oleh NASA pada tanggal 5 Agustus 2011, akan direncanakan untuk sampai pada tujuannya tiba di lokasi yang dituju pada tanggal 4 Juli 2016 – yaitu masuk ke dalam orbit planet Jupiter.

"Wah.. Juno ternyata bukan hanya judul film", bisik Genta dalam hati

Ketika sudah berada dalam orbit Jupiter, dengan membawa sejumlah instrumen yang diperlukan, Juno akan menjalankan tugasnya mengumpulkan segala informasi penting tentang Jupiter yang selama ini belum bisa didapat melalui observasi teleskop dari Bumi. Selama kurang lebih 20 bulan Juno akan mengorbit Jupiter sebanyak kurang lebih 37 kali dan dalam kesempatan itulah Juno akan mengumpulkan beberapa informasi sebagai berikut:

1. Apakah Jupiter memiliki inti badan (core) yg terbuat dari material padat seperti Bumi
2. Mengukur tingkat gravitasi permukaan yang dimiliki oleh Jupiter
3. Mengamati sistem badai yang terjadi di dalam atmosfer Jupiter
4. Medan magnet yang dimiliki oleh Jupiter
5. Dan, yang paling ditunggu adalah mengambil gambar planet gas raksasa itu secara lebih dekat dengan menggunakan instrumen JunoCam (kamera high-definition) untuk mengambil gambar Planet gas raksasa itu secara lebih dekat.

Khusus untuk tugas Juno di poin nomor 5, NASA mengajak para penyuka bidang astronomi untuk mengusulkan bagian mana dari Planet Jupiter yang perlu diambil gambarnya. Contoh, Mas Andre sudah masuk ke dalam website NASA: https://www.missionjuno.swri.edu/junocam/discussion dan memberikan usul agar kamera Juno dapat mengambil gambar Great Red Spot yang terletak di bagian selatan dari garis katulistiwa planet tersebut.

Nah, sembari menunggu banyaknya informasi penting dan menarik dari Juno di waktu yang akan datang, Mas Andre mengajak Genta dan kalian para Bros sekalian untuk ikut serta mengusulkan spot lain mana yang menurut kalian, para Bros, menarik untuk diambil gambarnya.

Seru abis, kemampuan teknologi manusia dalam memahami Luar Angkasa sudah sedemikian canggihnya

Kemudian Akhirnya waktu juga yang memisahkan mereka, acara Bukber selesai. Genta berpisah dengan Mas Andre, pulang ke rumah dan segera bergegas membuka laptop lalu meng-klik link tersebut. DONE! Setelahnya Genta menjadi semakin tidak sabar untuk kembali nongkrong bareng Mas Andre sambil membahas kabar terbaru dari Juno.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini