gentlemancode.id
Sedikit Lebih Mengenal Mengenai Black Hole

SEDIKIT LEBIH MENGENAL MENGENAI BLACK HOLE

Published on Monday, 27 June 2016

Sudah lebih dari setahun berlalu sejak terakhir kali Genta menyempatkan diri untuk duduk di balkon dan memandang langit malam. Mungkin itu karena rutinitas dan kesibukan sehari-hari  yang sudah hampir membuat Genta lupa akan benda angkasa favoritnya semasa kecil: Bintang.

Bagi Bumi, Matahari adalah bintang induk yang menjadi pusat gravitasi serta poros perputaran revolusi. Dan di antara jutaan bintang yang ada di alam semesta, ada banyak planet beserta hal lain yang menggugah rasa ingin tahu kita semua, sesama Bros keturunan Adam dan Hawa. Tersembunyi di dalam gelapnya ruang angkasa, Black Hole adalah salah satu dari hal tersebut.

Black Hole itu apa, Bro?

Black Hole adalah suatu tempat di ruang angkasa sana, di mana terdapat gravitasi yang sangat kuat – sangat, sangat kuat bahkan cahaya pun tidak akan bisa lolos dan tersedot ke dalamnya.  Yang menyebabkan adanya gravitasi yang sangat kuat tersebut adalah memadatnya ukuran material badan bintang yang awalnya besar menjadi kecil. Hal ini bisa terjadi ketika sebuah bintang kehabisan bahan bakar dan mati.

Pada umumnya, sebuah bintang dapat terus hidup dan bersinar karena terjadi reaksi nuklir (pembakaran yang menghasilkan cahaya) di dalam inti bagian tengahnya. Dan bersamaan dengan itu, terdapat reaksi tarik menarik antara gravitasi milik sang bintang (bersifat menarik ke pusat badan bintang) dengan bahan bakar dari inti badan bintang yang bersifat menekan ke arah luar.

Bagi banyak bintang yang masih hidup dan bersinar (stabil), terdapat keseimbangan pada tarik menarik yang terjadi antara kedua hal tersebut. Namun tarik menarik tersebut menjadi tidak stabil ketika sebuah bintang mulai kehabisan bahan bakar, sehingga gravitasi yang dimilikinya menjadi sangat kuat lalu kemudian menarik ke arah dalam, memaksa material badan bintang itu sendiri menjadi semakin kecil dan sangat padat. Proses tersebut terus terjadi hingga pada akhirnya material badan bintang tersebut rubuh (collapse) ke arah dalam inti badan bintang (sumber gravitasi berasal), lalu.. BOOM! – terciptalah sebuah Black Hole.

Memang agak sulit untuk dibayangkan, Bro. Tapi secara teori, hal inilah yang diperkirakan terjadi – gravitasi yang sangat kuat milik sebuah bintang menarik seluruh material badan bintang itu sendiri ke arah inti badan bintang dan "memakan" badan bintang itu sendiri. Bayangkan sebuah jeruk memiliki daya tarik gravitasi yang sangat kuat ke arah inti badan jeruk, sangat kuat sehingga seluruh badan jeruk hancur dan terperosok ke dalam inti badan jeruk – badan jeruk menghilang, yang tersisa hanyalah sebuah lubang hitam dengan daya tarik gravitasi yang sangat kuat.

Hmm seru, seru.. tapi ternyata tidak semua bintang yang mati bisa berubah menjadi sebuah Black Hole. Hanya bintang – bintang dengan ukuran sekitar 20 kali Matahari kita untuk dapat mati dan berubah menjadi sebuah Black Hole. Saat bintang dengan ukuran lebih kecil mati, biasanya mereka berubah menjadi apa yang disebut dengan Dwarf Star (bintang kerdil / redup).

Tapi Bro, Black Hole tidak menghasilkan cahaya. lalu bagaimana para ilmuwan bisa mengetahui keberadaannya?

Pertanyaan bagus! Tidak seperti bintang yang relatif lebih mudah untuk ditemukan karena mereka menghasilkan cahayanya sendiri, cara yang dipakai oleh para ilmuwan untuk mendeteksi keberadaan sebuah Black Hole adalah dengan menganalisa dampak dari gravitasi yang Black Hole hasilkan terhadap benda angkasa (bintang, planet, asteroid, dan lainnya ) yang berada di sekitarnya.

Inilah alasan mengapa cahaya dan gravitasi dianggap sebagai dua hal penting dalam bidang astronomi. Karena berkat cahaya yang terpancar melalui ruang angkasa para ilmuwan bisa mengetahui keberadaan sebuah bintang. Dan berkat adanya anomali dampak gravitasi di ruang angkasa para ilmuwan bisa mendeteksi keberadaan sebuah Black Hole.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini