gentlemancode.id
6 Tips Mudah Menambah Hitungan Push Up

6 TIPS MUDAH MENAMBAH HITUNGAN PUSH UP

Published on Monday, 02 September 2019

Bro, Lo mau nggak punya otot yang kuat dan badan Lo bagus? Pasti mau kan? Nah, Lo bisa mencoba melakukan gerakan push up secara rutin. Ketika Lo push up, ada 3 bagian otot yang bekerja yakni, otot bahu, dada, dan trisep (otot belakang lengan atas).

Tapi, untuk mendapatkan hasil yang optimal Lo tentu harus terus mengasah kemampuan push up Lo  setiap harinya. Mungkin pas pertama latihan, Lo hanya mampu melakukan 10 kali push up saja, namun untuk latihan berikutnya Lo harus bisa lebih dari hitungan tersebut, bro. Terus gimana caranya menambah kemampuan push up yang benar dari waktu ke waktu?

Dikutip dari hellosehat.com, dibawah ini adalah tips menambah kemampuan push up yang tepat dan tidak menimbulkan cedera. Apa aja?

1. Lakukan teknik push up yang benar

Sebelum Lo menargetkan untuk menambah kemampuan push up, pastikan dulu bahwa Lo sudah melakukan teknik push up yang tepat. Kalo belum yakin, Lo harus fokus pada latihan teknik push up yang benar terlebih dahulu.

Lo harus melakukannya secara perlahan tanpa gerakan yang buru-buru. Pastikan gerakan Lo benar karena kalo Lo tidak melakukan teknik yang benar justru akan membuat Lo berisiko cedera pada beberapa bagian otot tubuh.

Setelah Lo sudah bisa melakukan push up yang benar, sekarang Lo harus cari tahu jumlah pengulangan yang Lo bisa setiap set itu kira-kira berapa kali. Misal, selama 2 menit Lo bisa melakukan berapa banyak jumlah push up. Dari situ Lo baru bisa membuat target selanjutnya ke depan.

2. Awali dengan latihan push up dasar secara teratur

Lakukan push up secara teratur setiap harinya dengan menentukan pada hari apa aja Lo akan melakukan latihan. Lo bisa melakukan latihan dasar dengan tiga set pengulangan, dengan istirahat tiap set 30 detik.

Setiap minggu, cobalah untuk konsisten latihan dan tambahkan jumlah repetisi tiap set yang Lo lakukan sebanyak 2-3 kali. Jangan lupa, sebelum memulai latihan push-up, Lo harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, bisa jogging, sepedaan, atau lompat tali.

3. Gunakan beban tambahan pada latihan push up

Agar otot Lo semakin kuat mengangkat beban, Lo bisa melatihnya dengan menggunakan pemberat, bro. Contoh, Lo bisa menggunakan rompi pemberat, atau Lo juga bisa menggunakan ransel yang berisi pasir. Beban ini akan membuat Lo harus berlatih lebih keras, namun setelah itu akan membuat Lo merasa lebih ringan saat tanpa menggunakan beban.

Kalo Lo ingin menggunakan pemberat tambahan, Lo harus pastiin teknik dasar push up Lo sudah benar, jangan sampe justru pemberat tersebut membahayakan bagian punggung Lo karena kesalahan teknik.

 

 

4. Lakukan variasi gerakan push up

Setelah Lo melakukan gerakan push up dengan benar, Lo bisa menambah kemampuan otot dengan cara melakukan variasi dalam latihan. Misal, bagian telapak kaki ditinggikan, melakukan tepuk tangan di antara pengulangan push up (push up plyometric), atau mengangkat salah satu kaki saat push up, melakukan incline push up di tepian kursi, dan lain sebagainya.

Selain merubah posisi, Lo juga bisa merubah penempatan tangan Lo saat melakukan gerakan push up supaya kemampuan push up Lo semakin meningkat. Melakukan push up dengan posisi siku yang menempel pada tubuh (tertutup), tidak terbuka ke samping, akan membuat Lo bekerja lebih berat.

Lo bisa memulai dengan posisi push up dari tangan yang tertutup, posisi tangan terbuka, dan posisi siku yang menjauh dari tubuh. Atau Lo juga bisa melakukan sebaliknya. Selain itu, update juga intensitas latihan push up Lo agar menyesuaikan dengan kekuatan yang Lo miliki.

5. Akhiri latihan push up dengan latihan plank

Cara lain yang bisa Lo lakukan untuk meningkatkan jumlah push up Lo adalah  dengan melakukan plank di menit terakhir latihan push up. Gerakan ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan melatih stabilitas otot inti yang memang dibutuhkan saat melakukan push up.

Plank melatih otot inti khususnya perut agar semakin kencang. Ini sangat penting untuk push up sebab saat melakukan push up Lo harus bisa menahan otot perut agar tidak menempel pada lantai.

Coba deh untuk latihan plank setidaknya 30 detik hingga satu menit terakhir saat latihan push up.

6. Istirahat yang cukup

Kalo Lo melakukan latihan push up hingga benar-benar cape, berikan waktu kepada tubuh untuk beristirahat setidaknya satu hari agar pemulihan bisa optimal.

Kalo Lo memaksakan diri untuk terus melakukan latihan push up saat tubuh merasa sangat lelah ini tidak akan meningkatkan kemampuan push up Lo. Malahan ini bisa membuat penurunan kekuatan dan daya tahan otot.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini