gentlemancode.id
Apakah Otot Bisa Menyusut?

APAKAH OTOT BISA MENYUSUT?

Published on Monday, 11 November 2019

Buat Lo yang lagi rajin olahraga untuk membentuk otot, Gw yakin Lo pasti pernah punya pertanyaan ini.

Kalo Gw sih iya. Kadang Gw tuh suka takut kalo misalnya Gw berhenti olahraga otot Gw bakal menyusut, hehe.

Nah, beneran bisa menyusut nggak sih otot itu?

Gw pun browsing dan Gw ketemu artikel dari hellosehat.com yang menjelaskan hal ini dan Gw akan mencoba merecap buat Lo semua.

Otot itu emang bisa terbentuk kalo kita latih dengan rutin. Artinya, Lo harus aktif berolahraga supaya otot Lo bisa kebentuk dengan baik. Kalo Lo malas-malasan, bahkan nggak melakukan aktivitas fisik dalam beberapa hari, mungkin massa otot Lo akan menyusut.

Gw bukan mau nakut-nakutin bro, tapi dari artikel yang Gw baca oti disitu dijelaskan bahwa kalo Lo sering males-malesan di rumah tanpa melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka otot Lo bisa mengecil.

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah atrofi otot. Atrofi otot adalah kondisi dimana massa otot berkurang dan akhirnya mengecil.

Ada tiga jenis atrofi otot, yaitu:

  • Atrofi patologis yang disebabkan oleh penuaan, kelaparam, dan penyakit Cushing.
  • Atrofi neurogenic yang disebabkan oleh cedera atau masalah saraf yang berpengaruh kepada otot.
  • Atrofi fisiologis yang terjadi karena otot kurang bergerak.

Aktivitas fisik yang berkurang bisa mempengaruhi komposisi tubuh dengan berbagai cara. Kalo misalnya tubuh Lo aktif bergerak, maka akan terjadi perubahan pada metabolism protein yang mempengaruhi massa otot.

Actin dan myosin meruapakan dua jenis protein yang membentuk otot. Sebuah penelitian oleh AACN Advanced Critical Care menunjukkan bahwa kalo Lo nggak cukup aktif menggerakkan tubuh, hal tersebut bisa mempengaruhi pembentukan protein otot dan menjadi penyebab otot menyusut.

Kalo tubuh semakin jarang Lo gerakin, maka akan terjadi proses biokimia tertentu di dalam otot. Hal ini yang kemudian meningkatkan aktivitas pemecahan protein menjadi asam amino yang lebih kecil dan berkurangnya produksi protein pada otot. Lalu akan terjadi perubahan pada struktur dan metabolisme otot, sehingga massa otot pun dapat mengalami penurunan.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab otot menyusut adalah:

  • duduk dalam waktu yang lama, seperti pekerja kantoran
  • masalah kesehatan yang membatasi gerakan tubuh, seperti stroke
  • istirahat atau bed rest dalam waktu yang lama
  • berada di tempat yang minim gaya gravitasi, seperti di pesawat luar angkasa

Apakah kondisi ini berbahaya?

Kondisi otot mengecil biasanya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan yang berarti. Tapi, Lo perlu waspada apabila penyusutan otot mulai mengganggu pergerakan tubuh Lo sehari-hari, atau misalnya terlihat perbedaan ukuran antara satu lengan dengan bagian lengan lainnya.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk mencegah otot menyusut?

Setelah mengetahui apa saja penyebab otot menyusut, Lo mungkin berpikir apakah kondisi ini bisa diatasi. Santai bro, penyusutan otot masih bisa ditangani dengan berolahraga serta makan makanan bergizi.

Buat Lo yang jarang menggerakkan tubuh dan akan kembali aktif berolahraga, tidak perlu langsung tergesa-gesa melakukan latihan otot yang terlalu berat. Lo bisa mulai dengan gerakan-gerakan ringan terlebih dahulu, kemudian mulai tingkatkan intensitas serta durasinya secara perlahan.

Berikut adalah tips mengatasi dan mencegah kondisi otot menyusut akibat jarang bergerak:

Kembali berolahraga

Menggerakkan tubuh Lo kembali dengan berolahraga adalah keputusan yang tepat. Mungkin cukup sulit untuk kembali aktif seperti dulu, tetapi mengembalikan massa otot memang memerlukan proses. Jangan paksakan diri untuk berolahraga terlalu berat, dan segera berhenti sejenak jika tubuh mulai terasa sakit.

Berkonsultasi dengan personal trainer (PT)

Apabila Lo berolahraga di tempat umum seperti fitness center, Lo dapat memanfaatkan fasilitas PT untuk bertanya mengenai apa saja latihan yang tepat untuk kondisi tubuh Lo.

Istirahat yang cukup

Dengan beristirahat setelah olahraga, otot-otot yang sakit dan tegang akan kembali normal dan Lo siap untuk kembali berolahraga secara efektif.

Konsumsi banyak protein

Memperbanyak jumlah konsumsi protein dengan banyak makan telur, daging, tahu, dan ikan bisa mencegah terjadinya kondisi otot menyusut.

Minum banyak air

Dengan rajin minum air, tubuh Lo akan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, air membantu membuang zat-zat beracun dalam tubuh, sehingga pertumbuhan massa otot pun menjadi lebih maksimal.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini