gentlemancode.id
Bosan? Papandayan-in Aja Bro

BOSAN? PAPANDAYAN-IN AJA BRO

Published on Friday, 23 December 2016

Dari sekian banyak hal yang bisa Lo lakuin di weekend, ada satu hal yang menarik banget buat bikin weekend Lo beda dari sebelumnya. Yaitu, naik gunung!

Tenang, kalau hal yang Lo pikirin adalah biaya dan gak punya persiapan yang cukup, cari gunung yang dekat dengan posisinya. Untuk yang tinggal di Jakarta, Bogor maupun sekitarnya, gunung Papandayan di Garut adalah pilihan bijak.

Kenapa? Selain gak terlalu jauh, pemandangan yang dikasih gunung bertinggi 2,665m above sea level ini menakjubkan Bro. Banyak ragam pemandangan menyejukkan mata dan hati yang bakal Lo dapatkan selama pendakian. FYI juga, gunung Papandayan ini cocok banget buat Lo yang baru pingin coba naik gunung.

Berikut ini adalah lima hal penting versi gentlemancode.id yang bakal Lo temuin di gunung Papandayan:

Track

Pertama, Lo akan sampai di tempat parkir. Tempat dimana Lo akan menemukan dataran luas, yang udah menyediakan fasilitas seperti kamar mandi dan mushola, gak usah kuatir Bro. Dan, di sinilah petualangan Lo akan dimulai. Pendakian akan dimulai di jalan berbatu yang dikelilingi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau. Setelah itu Lo bakal sampe ke area yang dikelilingi kawah-kawah dengan bau belerang yang menyengat. Jangan lupa bawa masker atau buff!

Sampai setengah perjalanan Lo bakal melewati tanjakan Soni, tanjakan yang lumayan konsisten Bro, karena walaupun gak terlalu curam tapi lumayan panjang. You gotta prepare your feet!

Lepas tanjakan Soni, Lo akan sampai di Hutan Mati. Spot ini adalah favourite Bro, seperti namanya, di sini cuma ada "bangkai" pohon dengan dialasi dataran batu yang luas. Siapin semua gear untuk foto-foto karena di sini semua objeknya bagus untuk difoto.

Gak jauh dari Hutan Mati, Lo akan sampai ke campsite, banyak warung yang jual nasi goreng, mie rebus, cilok maupun sekedar gorengan. Mereka juga bakar api unggun setiap malam, jadi kalau kedinginan Lo tinggal kesitu aja mampir.

Untuk liat sunrise, Lo bisa ke Goberhut, sekitar setengah sampai satu jam dari campsite. Abis itu bisa ke Tegal Alun buat liat edelweiss. Tinggal pilih Bro.

Jangan lupa sempetin juga buat ke Tegal Panjang. Perjalanannya menakjubkan Bro, setelah dua jam yang melelahkan membelah hutan, Lo akan disambut oleh savana yang super luas. Ada semacam bukit Teletubbies di sana Bro, keren banget.

Pemandangan

Gak usah diragukan, pemandangan di gunung Papandayan adalah salah satu yang paling bagus. Dengan track yang cukup variatif seperti di poin nomer satu, Lo juga akan disuguhkan pemandangan yang beragam. Tumbuhan hijau di kanan dan kiri, sungai kecil dengan batu-batu segala ukuran, dan bukit-bukit hijau yang berdiri sangat kokoh.

Kawah-kawah belerang membuat udara menjadi sedikit berbau Bro, tapi justru membuat atmosfernya makin alami dan juga menakjubkan.

Fasilitas

Semenjak area wisata Gunung Papandayan dibeli oleh pihak swasta, fasilitas yang didapat jadi bertambah Bro, banyak toilet baru yang bisa Lo gunakan, pancuran dengan airnya yang bisa langsung diminum yang selalu menyala 24/7, ditambah dengan warung-warung yang menyediakan banyak makanan di campsite. Dijamin bikin lebih mudah untuk melakukan banyak hal di sana.

Udara dan Cuaca

Namanya juga gunung ya Bro, pasti lebih dingin. Nah apalagi di bulan-bulan ini, cuaca di Papandayan emang lagi dingin banget, orang-orang yang tinggal di sana juga bilang gitu. Kabut dan juga hujan sering turun Bro, jadi harus hati-hati. Tapi itulah enaknya, udara dan juga cuaca yang gak akan Lo dapetin di kota-kota besar.

Jangan lupa tutup hidung, telinga dan juga mulut Lo Bro untuk antisipasi udara dan angin yang kencang di sini.

Lingkungan Bersahabat

Orang-orang yang tinggal di sana sangat bersahabat dan gak pelit Bro untuk ngasih informasi. Apalagi kalau Lo bisa bahasa Sunda he he he. Seperti yang udah dibahas di atas, kalau Lo kedinginan waktu malam, langsung aja ke warung-warung sekitaran campsite, ngemil cilok atau sekedar mie rebus dan sekalian bersosialisasi sama penjualnya. Pasti Lo bakal dapet banyak cerita baru yang menarik, yang bisa Lo ceritain ke temen-temen Lo di kota.

Pertanyaannya, katanya gunung kok banyak warung dan terkesan banyak fasilitas? Iya Bro, itulah yang terjadi di gunung Papandayan, setelah dibeli oleh pihak swasta, mereka jadi "semacam" tempat wisata dan bukan "pure" gunung saja, jadi fasilitas juga diperhatikan betul oleh pihak pengembangnya sekarang.

But at least, Papandayan still be the wise choice for you to spend the weekend, buat Lo yang ingin belajar naik gunung dan buat Lo yang bosan melihat gedung-gedung maupun jalanan macet di kota besar. Good luck!

BACA JUGA

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini