gentlemancode.id
Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga Menurut Otot Kita?

KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK OLAHRAGA MENURUT OTOT KITA?

Published on Tuesday, 01 October 2019

Bro, Lo biasanya kapan olahraga? Apakah pagi setelah bangun pagi? Atau sore ketika Lo udah selesai melakukan semua aktivitas kemudian menyempatkan diri untuk berolahraga? Atau bahkan di malam hari?

Sebetulnya, untuk membuat olahraga semakin efektif dan berdampak bagi kesehatan, Lo harus mengetahui alarm yang dimiliki otot untuk melakukan olahraga.

Sebuah penelitian yang dilakukan belum lama ini menyatakan bahwa otot dan rangka tubuh mempunyai waktu dan alarm sendiri dalam menentukan kapan Lo harus olahraga dan kapan Lo harus berhenti.

Terus mana waktu yang paling bagus untuk melakukan olahraga dari 24 jam waktu yang kita punya dalam sehari?

Oke, dalam artikel kali ini Gw akan membahas hal ini bro yang Gw dapet dari hellosehat.com.

Lanjut!

Lo semua perlu tahu kalo semua sel yang ada dalam tubuh kita ini mempunyai jam dan jadwal masing-masing untuk melakukan tugasnya.

Jam tubuh alami ini disebut dengan ritme sirkadian.

Apa itu ritme sirkadian?

Ritme sirkadian mengatur waktu tubuh kapan harus makan, tidur, bangun, dan melakukan berbagai fungsi lainnya. Sehingga, kalo Lo memiliki waktu 24 jam dalam sehari, maka tubuh secara otomatis akan mengatur dan menentukan waktu makan dan kegiatan lainnya.

Semua sel memiliki ritme sirkadian, termasuk otot yang Lo gunakan dalam melakukan berbagai aktivitas.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Northwestern Unversity, menyatakan bahwa ritme sirkadian yang dimiliki oleh otot menjadikan semua gerakan yang dihasilkan menjadi lebih efektif. Untuk itu, penting buat Lo untuk mengetahui jam alami otot.

Menurut penelitian: olahraga lebih baik jika di siang hari

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Cell Metabolism pernah melakukan percobaan pada tikus untuk mengetahui apakah otot mempunyai jam alami untuk melakukan aktivitas. Dari penelitian itu, ditemukan bahwa tikus ternyata lebih aktif berlari di atas mainan yang berputar ketika melakukannya pada malam hari. Nah, tikus itu merupakan hewan yang lebih aktif di malam hari.

Dari penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa gen berhubungan dalam mengatur ritme sirkadian tikus yang mana bekerja sangat efektif di malam hari. Gen yang dimiliki tikus juga dimiliki oleh manusia. Berbeda dengan tikus, manusia lebih aktif pada siang hari, para peneliti pun menyimpulkan bahwa manusia akan lebih efektif melakukan olahraga pada siang hari.

Bagaimana jam alami otot membuat olahraga menjadi lebih efektif?

Berdasarkan penelitian tadi, para peneliti juga menemukan bahwa ritme sirkadian pada otot mengatur respon dan efisiensi penggunaan energi.

Ritme sirkadian yang diatur oleh gen khusus ini berhubungan dengan kemampuan sel dalam menghasilkan energi. Kemampuan ini merupakan hal terpenting dalam terjadinya kontraksi otot.

Dalam keadaan normal, ketika otot beristirahat atau melakukan peregangan, otot akan mengambil oksigen yang dialirkan melalui pembuluh darah dan kemudian mengubahnya menjadi energi. Sedangkan pada saat Lo mulai melakukan aktivitas yang berat, seperti misalnya olahraga, maka tubuh akan memakai oksigen lebih banyak sehingga mengakibatkan oksigen cepat habis. Proses pembuatan energi yang tidak menggunakan oksigen akan menghasilkan asam laktat.

Ketika gen yang bekerja untuk mengatur ritme sirkadian tidak aktif seperti saat malam hari, maka produksi oksigen yang seharusnya dilakukan oleh sel otot akan lebih susah dan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan asam laktat pada tubuh. Nah, penumpukan asam laktat yang berlebihan bisa menyebabkan seseorang merasa kram.

Berolahraga di pagi hari juga baik

Selain penelitian yang sempat Gw sebut tadi, ada juga sebuah penelitian lain yang pernah dilakukan penelitian terkait manfaat berolahraga di pagi hari.

Penelitian ini menemukan bahwa melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 45 menit bisa menurunkan rasa lapar.

Dalam penelitian ini, olahraga pada waktu pagi juga bisa meningkatkan aktivitas fisik selama satu hari penuh. Namun, perlu diperhatiin kalo Lo melakukan olahraga pada pagi hari, kalo bisa isi dulu perut Lo sekitar 2 jam sebelum melakukan olahraga. Hal ini akan mencegah terjadinya nyeri perut saat Lo melakukan olahraga.

Bagaimana dengan olahraga di sore dan malam hari?

Kalo ternyata Lo memang sibuk banget dan nggak punya waktu pada pagi hari untuk melakukan olahraga maka sebenarnya nggak masalah melakukan olahraga pada sore atau malam hari.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menyatakan bahwa orang yang melakukan olahraga selama 35 menit sebelum tidur, maka kualitas tidurnya akan lebih baik.

Penelitian lain juga menemukan hal yang sama, National Sleep Foundation menemukan sebanyak 83% orang yang melakukan olahraga sebelum tidur, mengaku bahwa tidur mereka lebih nyenyak dibandingkan dengan yang tidak melakukan olahraga.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini