gentlemancode.id
Pelajaran Yang Bisa Kita Ambil Dari Mendaki Gunung

PELAJARAN YANG BISA KITA AMBIL DARI MENDAKI GUNUNG

Published on Friday, 23 September 2016

Mungkin sebagian dari Lo banyak yang ga habis fikir kenapa banyak banget orang yang suka dengan kegiatan mendaki gunung. Selain olahraga ini berbahaya,  kegiatan ini juga bisa dibilang berat, karena membutuhkan fisik dan mental yang kuat untuk menjalaninya. Kalo Lo ga siap, jangan coba-coba deh untuk melakukan pendakian karena resikonya berat Bro.

Yes Bro. Olahraga ini beresiko dan berbahaya bahkan masuk kedalam kategori olahraga ekstrim,  tapi ko banyak yang suka ya?

Hmm, Tiap orang pasti beda-beda sih jawabannya.  Tapi kalo jawaban versi Gw adalah karena dengan mendaki kita akan banyak mendapatkan pelajaran yang berharga dari kegiatan ini. Pelajaran-pelajaran tersebut diantaranya adalah:

1. Mendaki gunung mengajarkan kita untuk mengagumi keagungan Tuhan yang maha kuasa

Tuhan menciptakan gunung dengan segala keindahannya. Gunung yang begitu besar dan berdiri kokoh menunjukkan bahwa Tuhan maha besar kekuasaannya karena mampu dengan mudah menciptakan gunung bersama aneka ragam keindahannya.

2. Mendaki gunung mengajarkan kita untuk sadar bahwa jalan yang kita tempuh dalam kehidupan kita tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan

Jalan yang kita tempuh ketika mendaki tidak selalu landai, kadang turun kadang juga naik. Kadang mulus dan kadang juga terjal. Sama seperti kehidupan kita kadang tenang, kadang ada masalah, kadang senang, namun kadang juga kesedihan datang.

3. Mendaki gunung mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan matang

Ketika kita akan melakukan pendakian, kita pasti mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Persiapan peralatan, makanan, pengetahuan mengenai medan yang akan ditempuh, biaya, transportasi, dan lain sebagainya. Ini akan kita lakukan agar pendakian berjalan dengan lancar. Dalam kehidupan kita sehari-hari pun kita juga dituntut untuk selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik agar semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

4. Mendaki gunung mengajarkan kita untuk bersabar

Ketika mendaki rasanya kita selalu pengen banget cepet-cepet sampe tujuan atau puncak. Tapi kenyataannya ga bisa gitu Bro, kita jangan memaksakan diri untuk cepat sampai puncak karena itu sangat beresiko. Kita harus bersabar menempuh jalan yang jauh dengan berbagai macam rintangannya. Ketika lelah maka kita harus berhenti sejenak untuk memulihkan tenaga jangan dipaksakan.

Dalam keseharian kita pun kita diharuskan untuk selalu bersabar jangan terburu-buru. Karena segala hal yang dilakukan dengan terburu-buru pasti akan berakhir dengan akhir yang tidak baik.

5. Mendaki gunung mengajarkan kita untuk ikhlas

Mencapai puncak memang menyenangkan. Tapi jika keadaan tidak memungkinkan maka jangan dipaksakan karena mencapai puncak bukanlah tujuan utama kita, tujuan utama kita adalah kembali pulang dalam keadaan sehat dan selamat.

Apa yang kita inginkan tidak selalu akan kita dapatkan. Ikhlas menerima, akan menjadi kunci kebahagiaan dan keselamatan.

6. Mendaki gunung mengajarkan kita bahwa buah dari usaha dan kerja keras tidak akan sia-sia

Kita pasti udah tau kalo naik gunung itu berat dan ga gampang. Jatuh bangun akan kita alami ketika melangkahkan kaki menuju puncak. Tapi ketika kita udah sampe puncak maka semua lelah terbayar sudah dengan keindahan yang disajikan dari atas puncak.

Dalam hal apapun entah itu dunia kerja atau dunia usaha, kerja keras harus kita lakukan dalam upaya untuk mendapatkan hasil yang baik. Dalam prosesnya mungkin kita akan menemukan banyak rintangan sama halnya seperti ketika kita mendaki gunung yang jalannya terjal dan berliku. Namun, hasil dari kerja keras ga bakal bohong ko. Percaya deh Bro Lo akan menikmati hasil yang baik dari usaha dan kerja keras Lo.

7. Mendaki gunung mengajarkan kita tentang indahnya kebersamaan dan tolong menolong

Tiap kali Gw naik gunung, setiap Gw berpapasan dengan pendaki lain di jalur pendakian pasti kita saling tegur sapa meskipun kita tidak kenal. Pernah suatu saat Gw kehabisan air minum dan kaki Gw terkilir, pendaki lain dengan sigap menawarkan minuman dan obat pereda nyeri ke Gw. Ini menurut Gw luarbiasa, karena para pendaki sangat menjungjung tinggi kebersamaan dan tolong menolong antar sesama.

Dalam keseharian kita, tentu rasa kebersamaan ini harus kita jaga. Karena dengan rasa kebersamaan lah kita dapat mewujudkan negri yang damai dan sejahtra.

Nah Bro, naik gunung itu gak cuman soal senang-senang aja. Lebih dari itu, naik gunung banyak memberi makna kepada kita. Makanya Bro, jaga gunung itu baik-baik jangan dikotori agar selalu lestari.

Salam Rimba.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini