gentlemancode.id
Perbedaan Bulking dan Cutting

PERBEDAAN BULKING DAN CUTTING

Published on Wednesday, 31 March 2021

Buat Lo yang biasa olaraga angkat beban atau body building, Lo pasti udah pernah sering denger istilah bulking dan cutting. Dua hal ini memiliki perbedaan  dan tujuan kalo kita ngomongin soal pembentukan badan. Buat Lo yang sedang pengen atau sedang menjalani program pembentukan badan, Lo wajib tahu perbedaan antara bulking dan cutting, bro.

Nah, berikut ini adalah perbedaan antara bulking dan cutting yang Gw kutip dari https://refit.co.id/  yaitu:

Cutting

Sesuai dengan namanya, cutting (memotong) merupakan proses yang dilakukan untuk memotong atau mengurangi berat badan yang berlebih dengan cara menurunkan lemak dan menambah massa otot.  Caranya adalah dengan cara membakar lemak dalam tubuh melalui proses metabolisme. Proses ini mengolah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi. Jadi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan protein yang tinggi dalam proses cutting.

Nggak hanya itu, asupan lemak tak jenuh dan karbohidarat juga nggak kalah penting untuk Lo konsumsi, bro. Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh diantaranya adalah ikan yang kaya akan omega 3. Untuk karbohidrat kompleks, Lo bisa memperolehnya dari misalnya beras merah dan roti gandum. Agar proses metabolisme tubuh berjalan lancar, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah, bro.

Perbedaan bulking dan cutting bisa Lo lihat pada jumlah pengulangan dan beban ketika latihan. Saat Lo cutting, biasanya repetisi akan lebih banyak dan beban dikurangi. Nah, untuk bulking kebalikannya, bro. Lo harus menambah beban dengan repetisi yang tidak terlalu banyak.

Poin yang paling penting dalam proses cutting adalah defisit kalori. Defisit kalori maksudnya adalah Lo harus mengurangi asupan kalori dari jumlah normal kalori yang biasa harus Lo penuhi.

Bulking

Bulking merupakan proses dimana tujuannya adalah untuk menambah massa otot. Ingat ya, penambahan massa otot bukan malah lemak. Memang dalam proses bulking Lo akan dituntut untuk makan lebih banyak. Namun bukan berarti Lo bisa makan apa aja tanpa memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh Lo.  Lo harus tetap memperhatikan asupan protein, lemak baik, karbohidrat kompleks, sayur dan juga buah-buahan.

Bulking sangat cocok buat Lo yang ingin memiliki massa otot lebih besar. Karena tujuannya adalah menambah masa otot,  jadi sangat penting buat Lo untuk memperhatikan apa yang Lo konsumsi bukan hanya jenis latihan yang Lo lakukan saja.

Selain makan dan latihan, Lo juga harus memperhatikan pola istirahat Lo, bro. Setidaknya penuhilah waktu istirahat Lo setiap hari 7 sampe 8 jam sehari.

Nah, poin yang paling penting dari bulking adalah surplus kalori. Surplus kalori maksudnya adalah Lo harus menambah asupan kalori Lo dari jumlah normal kalori yang biasa harus Lo penuhi.

Oke deh, kira-kira itu aja yang bisa Gw sampein mengenai perbedaan bulking dan cutting. Sebelum Lo memutuskan untuk memulai program bulking atau cutting sebaiknya pahami dulu kondisi badan Lo, kesehatan Lo, dan berat badan Lo saat ini. Gw sih menyarankan Lo untuk nanya sama orang yang sudah faham dalam bidang fitness atau body building agar Lo nggak salah langkah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini