gentlemancode.id
Rekomendasi Cara Memilih Pakaian Dan Peralatan Pendukung Yang Tepat Untuk Mendaki

REKOMENDASI CARA MEMILIH PAKAIAN DAN PERALATAN PENDUKUNG YANG TEPAT UNTUK MENDAKI

Published on Sunday, 09 October 2016

Gw kasih tau nih Bro, kalo Lo punya niat untuk mendaki, Lo harus perhatiin segala persiapannya dari yang terkecil sampai yang terpenting. Bekal, izin, kesehatan, pengetahuan, transportasi, logistik dan lain-lain harus Lo persiapkan dengan seksama ga boleh engga. Termasuk soal pakaian Bro, kadang bagi sebagian pendaki ini dianggap hal yang tidak terlalu penting, padahal pakaian yang kita pakai akan mempengaruhi performa kita saat mendaki. Ga pengen kan Lo pas Lo naik gunung Lo di buat ribet dengan pakaian Lo yang ga cocok untuk mendaki gunung. Ribet pastinya Bro.

Memakai pakaian yang tepat artinya adalah Lo mengerti dengan keadaan gunung dan medan yang akan Lo tempuh seperti keadaan cuaca, keadaan suhu, keadaan alam, dan berapa lama Lo akan stay disana. Beda tempat beda keadaan alam tentunya, sehingga jenis pakaian yang kita pakai pun kemungkinan akan berbeda.

Biar Lo ga salah kostum, Lo harus pertimbangkan beberapa hal dibawah ini sebelum Lo memilih pakaian atau perlengkapan yang akan Lo gunakan ketika mendaki. Ini dia selengkapnya.

1. Material pakaian

Pakaian terbaik untuk mendaki adalah pakaian yang terbuat dari bahan sintetis yang bisa bikin badan Lo tetap kering ketika Lo mulai berkeringat. Hindari pakaian yang mengunci keringat (keringat terperangkap di dalam baju) karena ini akan menyebabkan badan Lo menjadi lembab, basah, dan Lo akan dibuat kedinginan ketika suhu udara rendah.

Material terbaik untuk pakaian mendaki adalah pakaian yang lembut, ringan dan tidak mengikat kelembaban. Material seperti ini akan membuat badan kita nyaman dan udara di dalam badan bisa bersirkulasi dengan baik.

2. Celana vs celana pendek

Mendingan pake celana panjang atau celana pendek? jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan keadaan Bro. Coba kita bandingkan kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut.

Celana pendek memungkinkan Lo untuk bergerak lebih luwes, gesit, bebas dan lebih sejuk ketika dipakai. Kalo Lo mendaki di medan yang kira-kira hangat dan tidak terlalu banyak tumbuhan maka Lo aman buat memakai celana jenis ini. Asal jangan pake celana gemes ya Bro. Hahaha.

Celana panjang akan memberikan perlindungan extra kepada tubuh khususnya kaki dari goresan tumbuhan-tumbuhan atau serangan pacet dan hewan-hewan kecil lainnya. Selain itu, celana panjang akan melindungi kita dari suhu udara yang dingin. Gunakanlah celana yang ringan untuk dipakai namun kuat. Hindari pemakaian celana seperti celana jeans karena celana seperti ini akan memberikan beban yang berat kepada sipemakai apalagi jika celana dalam keadaan basah.

3. Kaus kaki dan sepatu boots

Sekarang ini udah banyak banget jenis sepatu yang dikhususkan untuk mendaki, sepatu apapun yang Lo pilih Lo harus pastiin kalo sepatu tersebut kuat, nyaman, dan sesuai dengan kondisi medan yang akan ditempuh. Kalo Lo akan menempuh medan yang berlumpur dan becek maka Lo harus pastiin kalo sepatu Lo tahan atau anti air. Ini penting, karena itu akan menjaga kaki Lo supaya tetap kering. Beda halnya apabila Lo akan menempuh medan yang berbatu maka Lo harus memilih sepatu yang sedikit lebih tinggi dari pergelangan kaki, agar kaki Lo terlindung dari benturan batu yang ada di medan pendakian.

4. Jas Hujan

Jas hujan adalah salah satu item penting yang harus Lo bawa ketika melakukan pendakian. Kondisi cuaca bisa berubah seketika, maka jangan pernah Lo coba-coba ga bawa jas hujan, karena kalo Lo kehujanan bisa repot Bro, Lo bisa terkena hypotermia. So, Lo harus selalu sediain jas hujan di dalam carrier Lo dan jangan lupa untuk memposisikan jas hujan Lo di posisi paling atas didalam carrier, ini bertujuan agar memudahkan Lo ketika Lo akan memakai jas hujan ketika nanti misalnya tiba-tiba turun hujan.

5. Topi

Topi adalah alat yang bagus yang bisa Lo pake untuk melindungi Lo dari sengatan matahari. Selain itu, topi bisa melindungi Lo dari guyuran air hujan. Maka ga ada salahnya ketika Lo mendaki, Lo membawa barang yang satu ini karena kegunaannya sangat banyak Bro.

6. Layering

Suhu diatas gunung bisa menjadi sangat ekstrim, maka Lo harus memakai baju ekstra untuk mengatasinya. Pakailah baju secara berlapis-lapis (layering) agar tubuh mendapatkan kehangatan ketika udara terasa sangat dingin. Jangan lupa untuk selalu membawa baju hangat ketika Lo akan melakukan pendakian.

6 poin tadi bisa jadi gambaran buat Lo yang baru ingin memulai pendakian, intinya gunakan pakaian dan perlengkapan yang tepat dan sesuai dengan medan yang akan kita tempuh. Pakaian yang sesuai akan memberikan kenyamanan pada pemakainya, kenyamanan saat mendaki tentu akan mempengaruhi performa kita saat mendaki, maka jangan sampe salah kostum ya Bro.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini