gentlemancode.id
Sekilas Tentang Naik Gunung, Apa saja sih yang harus dipersiapkan?

SEKILAS TENTANG NAIK GUNUNG, APA SAJA SIH YANG HARUS DIPERSIAPKAN?

Published on Friday, 30 March 2018

Minum vitamin setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh adalah hal wajar dan cukup efektif membantu kita tetap sehat. Tapi minum vitamin bukan solusi dalam menjaga kesehatan pikiran. Menghadapi macetnya jalanan kota secara rutin mungkin jadi salah satu alasan munculnya rasa bosan. Kalau benar itu yang terjadi, maka mungkin kalian perlu coba wisata alam alias naik gunung. Istirahat dari hingar bingar kota dan pergi bareng para sahabat ke sebuah gunung untuk menikmati pemandangan saat trekking dan hangatnya kebersamaan saat duduk melingkar di sekitar api unggun sambil makan makanan yang dimasak bareng.

Seketika pikiran akan terasa lebih jernih dan perasaan penat, bosan hilang berganti dengan rasa senang. Persahabatan yang dibawa naik gunung bisa jadi lebih akrab saat perjalanan itu selesai. Pastikan kondisi badan sedang sehat karena pengalaman yang seru dan pemandangan yang indah itu harus dibayar dengan usaha jalan kaki mendaki dengan durasi yang cukup panjang. Selain kesehatan dan stamina, ada hal lain yang juga nggak kalah penting untuk disiapkan, bro yaitu perlengkapan naik gunung. Secara garis besar perlengkapan untuk naik gunung bisa kita bagi dua yaitu peralatan pribadi dan peralatan kelompok. 

Pendaki harus mengenakan dan membawa pakaian yang tepat seperti jaket dan sepatu gunung. Udara di atas gunung jelas lebih dingin dibanding udara di kota dan penting untuk mempersiapkan diri menghadapi hal tersebut, sementara jalur mendaki juga jelas tidak akan mulus seperti aspal di jalanan kota pada umumnya. Tidak mempersiapkan kedua hal dasar itu bisa berpotensi menyebabkan cedera bagi pendaki dan jelas kalau sudah cedera maka perjalanan tidak akan menyenangkan seperti yang diharapkan. 

Kemudian setelah sampai di lokasi bertenda maka peralatan yang diperlukan semakin banyak. Mulai dari peralatan tenda bersama, peralatan masak outdoor, makanan sampai alas tidur dan lampu senter untuk  penerangan saat malam tiba. Pendaki akan mulai menggunakan peralatan tersebut saat tiba di lokasi camping. Bangun tenda, gelar alas, ganti baju yang lebih nyaman lalu nyalain api unggun untuk bikin kopi anget, enak banget untuk diminum sambil duduk bareng melepas lelah. 

Dalam menyiapkan makan malam, biasanya kelompok pendaki sudah bagi-bagi tugas, ada yang cari dan susun kayu kering dan ada yang memotong bawang dan bumbu-bumbu. Lauk yang dimasak bisa ikan sarden dalam kaleng atau sosis atau chicken nugget, yang jelas harus ada karbohidrat yang menemani di atas piring. Untuk karbohidrat biasanya pilihan jatuh pada nasi atau mungkin mi instan, nasi lebih nendang sedangkan mi instan lebih gurih.

Untuk melengkapi segala peralatan tersebut, biasanya perlu juga bawa first aid kit dan obat-obatan pribadi jika diperlukan. Karena walaupun kita sudah berhati-hati, tetap ada kemungkinan kita mengalami luka ringan dan butuh segera diobati supaya tidak sampai infeksi. Bahkan ada baiknya juga mempersiapkan pisau lipat dan alat-alat multi-tool serta alat navigasi untuk keadaan darurat seperti tersesat atau butuh memotong dahan ranting pohon. 

Waktu yang tepat untuk naik gunung biasanya adalah sebelum bulan september karena biasanya musim hujan datang saat bulan-bulan berakhiran "ber". Contoh, disarankan untuk naik gunung pada bulan Mei karena itulah waktu yang paling tepat untuk melihat bunga bermekaran yang instagenic di padang bunga lavender di gunung Semeru.

Nah, buat Lo yang mau mendaki, hati-hati ya bro dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik. selamat mencoba bro, enjoy!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini