gentlemancode.id
10 Website yang menawarkan banyak gambar gratisan

10 WEBSITE YANG MENAWARKAN BANYAK GAMBAR GRATISAN

Published on Tuesday, 18 April 2017

Di dunia modern seperti sekarang ini, tampaknya segala sesuatu bergerak dengan sangat cepat. Banyak orang ketika membaca hanya memerlukan beberapa detik saja ketika melakukannya. Sebagai penulis ini tentu menjadi tantangan sendiri untuk kita, kita harus mikirin mengenai gimana caranya supaya orang bisa betah membaca tulisan yang kita buat. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menarik minat pembaca salah satunya adalah dengan cara menggunakan gambar visual yang menarik. Sebuah studi yang dilakukan oleh Hubspot menemukan bahwa photo yang di posting di Facebook menerima 53% likes lebih banyak dibandingkan dengan postingan biasa. Studi yang sama juga menemukan bahwa postingan yang disertai photo memiliki 104% komentar yang lebih banyak dibandingkan dengan postingan yang tidak menggunakan photo. Jadi, kalo kita ingin blog atau website kita bisa menarik perhatian pembaca maka solusinya simple, yaitu tambahkanlah gambar yang memiliki kualitas yang baik yang dapat memperkaya konten kita. Dibawah ini adalah beberapa website yang menyediakan banyak gambar berkualitas yang bisa kita pakai secara gratis, diantaranya adalah:

1. Pixabay

Pixabay adalah salah satu website penyedia gambar yang sangat kita rekomendasikan. Mereka menawarkan hampir lebih dari satu juta photo yang terdiri dari berbagai macam jenis photo seperti makanan, alam, perkotaan, dan lain sebagainya. Semua gambar yang ada dalam website ini bisa kita gunakan secara free alias gratis tanpa ada syarat apapun yang harus kita penuhi. Pixabay adalah salah satu website yang bagus yang menyediakan banyak photo berkualitas yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Fitur pencarian yang ada pada website ini memungkinkan kita untuk melakukan filter sesuai dengan kebutuhan gambar yang kita cari.

2. Unsplash

Unsplash adalah website lain yang menyediakan banyak gambar yang bisa kita gunakan secara gratis. Ketika kita masuk kedalam website mereka, disana kita bisa melihat list gambar yang menampilkan gambar besar satu persatu dalam bentuk rows. Mereka juga menyediakan fitur pencarian untuk memudahkan kita mencari gambar yang kita inginkan. Kalo kita tidak menemukan gambar yang kita cari di Pixabay, Unsplash mungkin bisa memenuhi kebutuhan kita. Sebagai tambahan, mereka juga menambahkan photo secara rutin setiap waktunya, dan disana terdapat bagian dimana kita bisa melihat dan menampilkan photo yang terbaru.

3. Foodies Feed

Foodies Feed sangat cocok untuk kita yang membutuhkan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan. Beberapa gambar yang disediakan dalam website ini bisa kita gunakan secara gratis, namun ada juga beberapa gambar yang sifatnya premium dan kita harus bayar ketika ingin menggunakan gambar tersebut. Setelah kita melakukan pembayaran, kita akan memiliki akses terhadap ratusan gambar yang bebas kita gunakan, disini kita bisa mengatur gambar-gambar tersebut berdasarkan jenis makanan, liburan, atau bahkan negara. Kalo misalnya diantara kalian ada yang menulis artikel dengan topik yang berhubungan dengan makanan, memasak, atau restoran, Foodiesfeed menyediakan banyak gambar yang memiliki kualitas yang sangat baik yang bisa kalian gunakan untuk keperluan kalian.

4. Photogen

Photogen menyediakan banyak photo dengan kualitas yang berbeda-beda. Disini, kita bisa mencari photo berdasarkan kategori yang kita inginkan, dan semua photo yang ada pada website ini bisa kita gunakan secara gratis tanpa harus menggunakan attribute apapun. Kalo misalnya kita membutuhkan gambar yang lebih spesifik tapi tidak ingin terlihat seperti hasil photo yang terlihat diatur oleh seorang photographer, maka website ini bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan kita.

5. Skitterphoto

Dari mulai photo makanan sampai dengan photo binatang, skitterphoto menawarkan berbagai macam gambar-gambar keren untuk kita. Disini kita bisa melihat berbagai macam photo dengan berbagai macam kualitas, dari mulai yang kualitasnya pemula sampai dengan photographer professional. Selain itu, disini kita bisa meilhat pada setiap gambar keterangan berupa berapa kali photo tersebut di download dan berapa kali photo tersebut dilihat, jadi kita bisa melihat berapa kali gambar itu sudah digunakan oleh orang lain. Fitur ini akan sangat berguna untuk kita apabila ingin membuat website kita lebih unik lagi.

6. Freeimages

Meskipun nama dari website ini adalah freeimages, tapi itu gak berarti semua gambar yang ada dalam website ini adalah gratis. Pada dasarnya website ini menawarkan berbagai macam jenis gambar dari mulai yang free sampai dengan premium. Sebagai contoh, misal kita membutuhkan beberapa gambar sederhana yang kita gak pengen ngeluarin duit untuk mendapatkannya, terus kita juga butuh satu atau dua gambar yang memiliki kualitas yang lebih bagus dan rare, maka kita bisa memilih gambar dengan jenis premium.

Website ini memungkinkan kita untuk mencari dan memenuhi kebutuhan kita dalam satu tempat.

7. Flickr

Flickr adalah website yang menyediakan gambar yang luar biasa banyak. Berdasarkan informasi yang bisa kita lihat pada home page mereka, saat ini flickr memiliki lebih dari 13 miliar photo. Jumlah yang sangat banyak memang. Tapi, satu yang harus digaris bawahi adalah bahwa gak semua gambar yang ada pada website ini adalah gratis. Kalo Lo pengen nyari gambar yang gratis, Lo tinggal cari aja tipe gambar yang memang tidak mempunyai lisensi pada gambar tersebut. Mengingat kebanyakan dari gambar yang ada pada website ini merupakan gambar yang tidak bisa digunakan secara bebas, maka sangat penting untuk kita mencari jenis gambar yang memang bisa digunakan secara bebas.

8. Public Domain Pictures

Photo-photo yang ada pada website ini sudah dikategorikan dengan sangat baik untuk memudahkan kita mencari photo yang kita butuhkan. Selain itu, website ini juga menyediakan fitur untuk kita melakukan filter berdasarkan, populeritas, rating, dan juga tanggal. Kebanyakan dari photo yang ada pada website ini adalah gratis dengan ukuran yang sudah ditentukan. Jadi, kalo Lo butuh ukuran gambar yang lebih besar, maka Lo bisa download versi premiumnya dengan harga yang cukup murah, biasanya sekitar 5-10 $. Pada bagian professional photos, Public Domain Pictures menyedikan beragam gambar dari berbagai macam website photography lainnya, sehingga Lo bisa lebih gampang mengakses berbagai macam photo hanya dari satu tempat saja.

9. Ancestryimages

Kalo Lo mencari gambar-gambar bersejarah, ancestryimages adalah tempat yang tepat buat Lo. Website ini berbeda dengan website yang udah disebutin sebelumnya, karena memang gambar-gambar yang ada pada website ini berbeda dengan website stok photo lainnya. Website ini lebih fokus kepada gambar-gambar atau dokumen bersejarah seperti peta antik atau gambar-gambar antik lainnya. Kalo Lo membutuhkan gambar yang berasal dari tahun 1800-an atau peta yang berusia 300 tahun, maka ancestryimage adalah tempat yang sangat tepat buat Lo.

10. Rgbstock

Rgbstock lebih dari sekedar situs fotografi. Kontributor pada website ini terdiri dari desainer grafis, artis, serta para fotografer. Oleh karena itu, website ini memiliki rasio grafis dan seni abstrak yang lebih tinggi daripada website lain yang disebutkan. Website ini memang mengharuskan kita untuk mendaftar ketika kita ingin menikmati layanan yang mereka sediakan, namun pendaftaran tersebut gratis. Rgbstock adalah tempat yang bagus untuk kita yang memiliki blog yang membutuhkan banyak grafis atau gambar abstrak.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini