gentlemancode.id
14 Gesture Pada iPhone X ini Akan Bikin Lo Pengen Punya iPhone X!

14 GESTURE PADA IPHONE X INI AKAN BIKIN LO PENGEN PUNYA IPHONE X!

Published on Tuesday, 02 January 2018

iPhone X, gadget besutan Apple yang sempat heboh pada akhir tahun 2017 lalu ini saat ini masih jadi gadget yang diidam-idamkan oleh kebanyakan orang pecinta gadget. Lo termasuk nggak nih, Bro? Setelah pertama kali Apple merilis iPhone pada 29 Juni 2007 silam, Apple sukses mempertahankan eksistensi iPhone selama 10 tahun. Tapi Bro, iPhone X disebut-sebut generasi iPhone yang mendapatkan perubahan terbesar lho. Kenapa? Oke, kita sama-sama tau bahwa iPhone  X hadir tanpa Home Button. Itu artinya ada beberapa akses yang berubah terutama untuk menggantikan tombol home yang sudah berumur 10 tahun tersebut pada perangkat iPhone. Nah, apa aja sih gesture terbaru dan juga kombinasi tombol yang ada pada iPhone X? Seperti informasi yang Gw lansir dari computerworld.com dan percobaan yang udah Gw lakukan sendiri, ini dia gesture dan kombinasi tombol terbaru yang ada pada iPhone X!

1. Kembali ke Home Screen

Kalo sebelumnya Lo harus menekan Home Button sekali untuk mengakses home screen, iPhone X mengubah langkah tersebut dengan gesture. Lo tinggal swipe dari bagian bawah layar bagian atas untuk menampilkan animasi zoom out aplikasi dan melihat home screen. Kalo misalnya Lo pernah menggunakan BlackBerry OS 10, Lo pasti nggak asing dengan gesture ini karena gesture yang ada pada iPhone X ini sama banget!

2. Multitasking App Switcher

Nah, kalo biasanya Lo menekan home button dua kali untuk mengakses multitasking, untuk iPhone X pastinya beda, Bro. Apple mengkombinasikan gesture dengan 3D touch, caranya tekan layar iPhone X dari bagian bawah lalu swipe ke atas lalu berhenti namun jangan lepaskan sentuhan di layar selama beberapa detik. Setelah beberapa detik, lepas sentuhan di layar dan mode Multitasking App Switcher akan tampil dengan beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Simple kan, Bro? Menurut Gw Ini praktis banget sih, apalagi buat Lo yang doyan multitasking.

3. App Switcher

Buat Lo pengguna perangkat iPhone 6s ke atas, perangkat ini sudah mendukung 3D Touch. Akses App Switcher bisa Lo lakukan dengan tekan dan tahan di tepi kiri layar lalu geser ke kiri sampe Lo menemukan aplikasi yang akan Lo akses. Nah kalo di iPhone X, Lo bisa pindah aplikasi dengan tekan dan geser tombol gesture di bagian bawah layar iPhone X ke kiri dan ke kanan. Metode ini menurut Gw lebih cepat dan gampang banget untuk dijangkau oleh tangan, Bro.

4. Akses Reachability

Reachability pertama kali dikenalkan oleh Apple pada perangkat iPhone 6, fitur ini akan memudahkan Lo dalam mengakses aplikasi yang letaknya di atas agar mudah dijangkau oleh jari. Fitur ini dapat digunakan dengan cara double tap pada home hutton untuk membuat layar turun separuh ke bawah. Nah, kalo pada iPhone X caranya sedikit beda, Bro. Jadi, pertama Lo harus mengaktifkan reachability pada Settings - General - Accessibility - ON. Tekan tombol gesture di bagian bawah layar iPhone X. Swipe dari tombol tersebut ke bagian bawah. Gampang kan, Bro? buat Lo yang punya tangan nggak terlalu besar fitur ini pastinya akan sangat membantu.

5. Akses Control Center dan Notification

Karena hilangnya home button dan bagian bawah layar iPhone X sudah digunakan untuk beberapa gesture yang Gw sebutin tadi, akses Control Center dan Notification Center akhirnya dipindah, Bro. Kalo di iPhone generasi sebelumnya Lo tinggal swipe dari pojok bawah ke atas, di iPhone X Lo bisa mengakses control center dengan menekan layar iPhone X di bagian kanan atas, lalu swipe dari bagian atas ke bawah. Sedangkan untuk Notification Center, Lo bisa menekan layar iPhone X di bagian kiri atas, lalu swipe dari bagian atas ke bawah. Memang kalo belum terbiasa awalnya akan sedikit ribet sih Bro, tapi kalo udah biasa ini justru akan memudahkan Lo untuk mengakses Notification center.

6. Menutup Aplikasi yang Berjalan pada Background

Apple mengubah proses menutup aplikasi pada Background di iPhone X menjadi lebih panjang dan sedikit ribet. Yaitu dengan cara menghapus mode swipe ke atas atau membuang card aplikasi dalam mode Multitasking App Switcher. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Tekan layar iPhone X dari bagian bawah lalu swipe ke atas.
2. Berhenti namun jangan lepaskan sentuhan di layar selama beberapa detik.
3. Setelah beberapa detik, lepas sentuhan di layar dan mode Multitasking App Switcher akan tampil dengan beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang layar.
4. Tekan dan tahan salah satu aplikasi hingga tampil ikon merah (X) di pojok kiri layar.
5. Tekan ikon merah (X) untuk menghapus aplikasi di belakang layar. Lo bisa menekan setiap tombol tersebut secara berurutan untuk menghapus semua aplikasi di belakang layar jika diperlukan.

7. Mengakses Siri

Kalo pada iPhone generasi sebelumnya untuk memanggil siri Lo bisa double tap pada home button, untuk iPhone X berbeda Bro. Lo harus menekan dan tahan side button untuk mengakses siri. Tapi jangan khawatir, Lo akan tetap bisa memanggil Siri dengan “Hey Siri" selama pengaturan Siri udah Lo aktifkan, Bro.

8. Screenshot

Untuk screenshot, Lo bisa menekan side Button dan volume up secara bersamaan.

9. Menghidupkan Perangkat

Kalo pada iPhone generasi sebelumnya untuk menghidupkan iPhone Lo bisa dengan menekan dan tahan power button, pada iPhone X Lo harus menekan dan tahan side button, Bro.

10. Mematikan Perangkat

Ini mungkin kedengeran aneh sih Bro, karena untuk mematikan iPhone Lo butuh dua button. Untuk mematikan iPhone X, Lo harus menekan dan tahan side button dan button volume secara bersamaan. Setelah itu akan muncul slide to power off, dan Lo tinggal swipe ke kanan aja, Bro.

11. Mengunci Perangkat

Untuk mengunci iPhone X Lo cukup menekan side button satu kali, Bro.

12. Mengaktifkan Emergency SOS & Mematikan Face ID Sementara

Dalam keadaan darurat, Lo bisa mengaktifkan Emergency SOS sekaligus mematikan Face ID pada iPhone X. Fitur Face ID akan dimatikan secara sementara dan harus menggunakan passcode lock untuk membukanya. Dalam kondisi layar iPhone mati, untuk mengakses fitur ini Lo cukup menekan dan tahan side button dan volume up dan volume down secara bersamaan. 

13. Accessibility Shortcuts

Pastikan Lo sudah mengaktifkan Accessibility Shortcuts pada Settings - General - Accessiility ya, Bro. Lo cukup tekan Side Button 3x berturut-turut.

14. Me-restart Perangkat

Pada iPhone X Lo bisa me-restart perangkat Lo dengan menekan dan lepaskan dengan cepat tombol volume up. Selanjutnya, Lo kembali tekan dan lepaskan dengan cepat tombol volume down. Yang terakhir, Lo tinggal tekan side button dan tunggu sampe muncul logo Apple.

Nah, itu dia Bro gesture dan kombinasi tombol pada iPhone X. Lo mungkin akan tidak terbiasa di awal, tapi kalo udah biasa, justru gesture ini akan membuat Lo mudah mengoperasikan dan menggunakan setiap fitur yang ada, Bro. Atau bisa jadi, Lo akan jatuh cinta dengan gesture-gesture ini dan pengen punya iPhone X. Sekian Bro dari Gw. Semoga informasi ini bisa menjawab kebingungan Lo tentang gesture-gesture yang ada pada iPhone X, atau menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan memilih menggunakan iPhone X dengan banyak gesture uniknya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini