gentlemancode.id
6 Masalah yang paling sering terjadi pada smartphone Android dan bagaimana solusinya

6 MASALAH YANG PALING SERING TERJADI PADA SMARTPHONE ANDROID DAN BAGAIMANA SOLUSINYA

Published on Wednesday, 21 February 2018

Smartphone dengan sistem operasi Android adalah smartphone yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, design nya juga nggak kalah keren bro sama handphone-handphone branded yang harganya jauh lebih mahal. Jadi, worth banget lah untuk kantong masyarakat kita. Tapi mau itu smartphone mahal atau itu yang murah, masalah udah pasti ada. Mungkin yang membedakan hanya frekuensi masalahnya aja, bro.

Kalo Lo sering mengalami masalah pada smartphone Android Lo, dibawah ini adalah bebarapa masalah yang sering terjadi pada sistem operasi Android dan bagaimana solusinya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ya.

1. Hang

Hang merupakan salah satu masalah yang sering atau umum terjadi pada sistem operasi Android, karena banyak pengguna yang kurang mengontrol pemakaian memori internal (RAM dan ROM) yang terlalu penuh. Sehingga sistem operasi Android menjadi lambat dan mengakibatkan Hang.

Solusinya adalah:

1. Menghapus aplikasi dan game yang sudah atau tidak Lo perlukan lagi
2. Memindahkan aplikasi dan game yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal
3. Rutin dalam menghapus file sampah (cache) yang dalam hal ini Lo bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pembersih file sampah, seperti: Clean Master dan App Cache Cleaner

2. Baterai cepat habis

Salah satu faktor yang menjadi penyebab cepat habisnya daya baterai pada smartphone Android Lo adalah pemakaian yang tidak wajar alias berlebihan.

Solusinya adalah:

1. Hindari pemakaian smartphone yang berlebihan
2. Redupkan atau kurangi tingkat kecerahan layar
3. Matikan fitur-fitur yang sedang tidak digunakan

3. Suhu Smartphone Cepat Panas

Permasalah dengan tingkat suhu pada smartphone Android yang semakin cepat panas juga merupakan masalah yang kerap kali dialami oleh pengguna. Sebenarnya banyak faktor yang bisa meningkatkan suhu smartphone menjadi panas, diantaranya:

1. Adanya kerusakan pada Baterai
2. Menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking)
3. Sistem Android terinveksi Virus/Malware
4. Susah mencari sinyal 

Solusinya adalah:

1. Ganti baterai apabila baterai sudah rusak
2. Tutup semua aplikasi yang berjalan di belakang layar
3. Gunakan aplikasi anti virus/malware
4. Matikan koneksi data apabila Lo sedang berada di tempat yang sinyalnya kurang bagus

4. Aplikasi Android mendadak berhenti

Untuk masalah yang satu ini biasanya umum terjadi karena pengguna terlalu banyak meng-install aplikasi dan game sehingga memori RAM menjadi penuh. Jadi ketika Lo sedang menjalankan salah satu aplikasi atau game tiba-tiba muncul peringatan "Aplikasi ini Mendadak Terhenti" maka Lo harus melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya:

1. Restart smartphone 
2. Memberhentikan aplikasi secara paksa
3. Membersihkan file-fila sampah
4. Update aplikasi yang bermasalah
5. Update sistem operasi jika memungkinkan

5. Layar Sentuh tidak Sensitif

Masalah pada layar sentuh yang tiba-tiba kurang atau tidak sensitif ini juga bisa dibilang sering dialami oleh pengguna smartphone Android. Untuk mengatasinya Lo bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini:

1. Restart smartphone
2. Membersihkan file sampah
3. Kalibrasi layar

6. Sistem mengalami BootLoop

BootLoop adalah suatu masalah dimana keadaan sistem Android tidak dapat melakukan proses awal (booting) sehingga tidak dapat masuk ke menu utama dan hanya menampilkan logo dari merk smartphone yang Lo gunakan. Solusi yang bisa Lo lakukan adalah dengan mematikan smartphone Lo dan mencabut baterainya untuk beberapa saat sebelum Lo menyalakan kembali smartphone Lo.

Nah itu dia bro beberapa masalah yang sering dialami pada sistem operasi Android dan bagaimana cara mengatasinya. Tapi, kadang masalah-masalah yang sudah disebutkan tadi bisa diatasi hanya dengan me-restart smartphone Android Lo. Jadi, kalo Lo bingung harus gimana Lo bisa cukup me-restart smartphone Lo ketika Lo mengalami masalah.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini