gentlemancode.id
7 Penemuan Canggih di 2017

7 PENEMUAN CANGGIH DI 2017

Published on Friday, 29 December 2017

Saat ini kita hidup di zaman yang semuanya serba praktis, mudah, serba bisa diakes dari manapun dan kapanpun, dengan kata lain kita hidup di zaman yang serba canggih, Bro. Setuju nggak? Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh manusia kini bisa digantikan oleh mesin dan komputer. Nggak usah jauh-jauh, di sekitar kita sudah banyak banget contohnya. Misal hal-hal administratif, yang tadinya kita harus ngantri, mengisi data ini itu kini sudah tergantikan oleh sistem komputer. 

Kali ini Gw akan membahas tentang teknologi dan hal-hal canggih yang muncul di tahun ini. Ternyata banyak peneliti-peneliti hebat di dunia, telah menemukan dan rela menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menciptakan dan mengembangkan penemuan-penemuan mereka, untuk apa? Untuk memudahkan kehidupan umat manusia, Bro. Nah, apa saja penemuan canggih di 2017? Ini dia Bro ulasannya!

Pertama, mobil auto pilot

Selain sebagai sarana transportasi, mobil adalah alat yang membantu menunjang aktifitas kita sehari-hari. Berbagai produsen mobil terus berinovasi menghasilkan mobil-mobil dengan kualitas dan fitur-fitur yang memanjakan penggunanya. Terbayang nggak Bro, kalo ada mobil yang didesain untuk bisa berfungsi sendiri tanpa pengemudi? Ya, namanya mobil otonom atau auto-pilot. Menurut yang Gw lansir dari theguardian.com, mobil tanpa pengemudi ini sebelumnya sudah diproduksi pada tahun 2016, namun masih dalam tahap uji coba dan diproduksi dalam jumlah terbatas. 

Menurut Boston Consuling Group, teknologi mobil auto-pilot ini akan mulai menjamur di tahun 2017 dan akan memenuhi perjalanan seluruh kota pada tahun 2040. Dan benar saja, di 2017 produsen mobil berlomba-lomba menghasilkan mobil otonom dengan tingkat keamanan yang terus ditingkatkan. Pabrikan-pabrikan seperti BMW, Honda, dan Hyundai bahkan sudah siap menjual produknya yang menawarkan fitur auto pilot assistance, yang meliputi pengereman otomatis hingga mengikuti marka otomatis pula. Bahkan mobil itu masih akan dipercanggih dengan WiFi dan sistem navigasi otomatis yang bakal membuat pengalaman mengemudi lebih menyenangkan. Mobil ini bisa melaju menggunakan serangkaian sensor seperti, kamera digital, GPS, radar, electronic control unit dan teknologi-teknologi canggih lainnya. Keren ya Bro? Tapi entah kapan teknologi mobil auto-pilot ini akan hadir di Indonesia, semoga saja kita bisa menicipinya sebelum 2040 ya Bro, kan enak gitu jadi nggak capek kalo nyetir jauh.

Kedua, laptop tiga layar 

Kebayang nggak Bro, kalo Lo bisa main game, nonton film, hingga mengerjakan kerjaan atau tugas secara bersamaan dalam satu laptop dalam satu waktu. Nah, konsep semacam inilah yang ditawarkan Razer lewat Project Valerie. Seperti yang Gw lansir dari razerzone.com, raksasa gaming gear asal Amerika Serikat ini menciptakan sebuah laptop dengan tiga layar sekaligus. Setiap layar memiliki ukuran 17 inci dan dukungan resolusi 4K. Ketiga layar tersebut bisa digunakan secara terpisah atau bersamaan sebagai layar raksasa. Sayangnya, berat yang mencapai 12 pounds atau sekitar 5 kilo menjadi kendala tersendiri untuk laptop ini. Nah, buat Lo yang suka fitnes atau angkat beban, membawa laptop ini nggak jadi masalah kan Bro? Hehe.

Ketiga, virtual reality gaming

Perusahaan-perusahaan konsol game ternama sudah punya produk andalan masing-masing dengan menggunakan teknologi ini, seperti Microsoft dengan XBOX One VR serta Nintendo dengan Nintendo Switch. Sony pun nggak mau kalah dengan menyiapkan generasi Playstation terbaru, yaitu Playstation VR. Wah! Terlepas dari konsol mana yang Lo sukai, yang jelas ketiga konsol itu sama-sama menyajikan virtual reality canggih yang membuat seolah-olah player benar-benar berada di dalam game tersebut, Bro. 

Keempat, quantum teleporter

Apa yang ada dalam pikiran Lo ketika Gw berbicara mengenai teleportasi, Bro? Nah, penemuan canggih selanjutnya adalah quantum teleporter. Seperti yang Gw lansir dari forbes.com, Q-Teleportation pada uji cobanya telah berhasil melakukan teleportasi pada benda-benda kecil, sehingga penemuan ini cukup menggemparkan. Akan ada kemungkinan untuk melakukan teleportasi pada benda yang lebih besar. Prinsip kerja dari alat ini adalah bagaimana menciptakan benda yang lain ditempat yang berbeda. Sehingga benda dihancurkan kembali dan kemudian dibuat kembali ditempat yang berbeda. Jadi, singkatnya alat ini bisa menciptakan replika benda sebelumnya pada posisi di tempat lain dan benda sebelumnya akan menghilang selama replikanya diciptakan. Entah, nanti akan bagaimana perkembangan teknologi ini berikutnya, kita nantikan saja, Bro.

Kelima, charger tenaga air

Penemuan canggih selanjutnya adalah charger ponsel tenaga air, Bro. Kalo biasanya kita butuh tenaga listrik buat me-recharge ponsel kita, baru-baru ini beberapa peneliti berhasil menemukan teknologi untuk mengisi daya baterai ponsel menggunakan tenaga air. Charger ini bernama PowerTrekk yang diproduksi oleh perusahaan Swedia, charger ini dirancang khusus untuk melakukan pengisian daya listrik peralatan-peralatan elektronik berupa gadget, baik itu HP, Kamera digital, GPS, notebook ataupun Tablet. Ya, keunikan dari peralatan ini adalah bahan bakar yang digunakan PowerTrekk, yaitu air. Cukup dengan 1 sendok makan air, charger ini dapat mengisi energi HP untuk pemakaian 10 jam. Perangkat berisi sodium ini akan mengubah air menjadi hidrogen serta menjadikannya tenaga melalui reaksi kimia. Gila ya, Bro. Keren!

Keenam, machine learning robot

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan saat ini bukan hal yang asing lagi, Bro. Produk dengan sistem AI pun semakin beragam contoh sederhananya adalah siri di perangkat Apple Lo. Semakin kesini, teknologi ini berkembang menjadi machine learning. Seperti yang Gw lansir dari kdnuggets.com, teknologi ini bisa diterapkan sebagai robot, visual personal assistants atau smart advisors. Teknologi ini akan membuat perangkat dan program teknologi lebih canggih, seperti bisa mampu mempelajari, memahami, beradaptasi dan disinyalir bisa beroperasi secara mandiri. Penemuan ini tentu sangat berguna, khususnya di dunia robotic, dan tidak menutup kemungkinan teknologi ini merupakan awal dari teknologi robot yang bisa berkomunikasi dan hidup berdampingan dengan manusia layaknya di film-film. Makanya, ada sebagian orang beranggapan bahwa teknologi ini dianggap sebagai ancaman karena berpotensi mengambil lahan pekerjaannya.

Ketujuh, digital twin

Digital Twin pada dasarnya merupakan model virtual dari aset fisik sebuah mesin. Teknologi ini diperuntukkan untuk mempermudah manusia dalam menjalankan proses operasional  manufaktur. Jadi, Digital Twin merupakan sebuah model virtual yang dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis data dan prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada produktifitas perusahaan.

Nah itu dia Bro tujuh penemuan canggih di 2017 versi gentlemancode.id. Gw rasa teknologi-teknologi tersebut nantinya akan semakin berkembang, dan nggak menutup kemungkinan akan ada banyak tenologi dan inovasi baru lagi yang akan hadir di 2018 nanti. Semoga saja kita bisa segera merasakan canggihnya teknologi tersebut di Indonesia ya, Bro. Sekian dari Gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini