gentlemancode.id
8 Alasan Upgrade ke iPhone 8

8 ALASAN UPGRADE KE IPHONE 8

Published on Monday, 18 December 2017

Hai, Bro Bentar lagi 2018 nih. Bagi sebagian orang akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk meng-upgrade semua hal dalam hidupnya, termasuk gadget. Kalo Lo termasuk tipikal orang yang gampang bosen dengan gadget alias suka gonta-ganti gadget, akhir tahun adalah alasan yang tepat buat upgrade gadget Lo, Bro! Apalagi akhir tahun biasanya banyak banget promo yang bisa Lo dapetin, contohnya saat harbolnas, Bro.

Ngomongin gadget, yang menarik perhatian Gw saat ini adalah gadget besutan Apple yang lagi hangat-hangatnya, Bro. iPhone 8. Kalo sebelumnya Gw pernah ngebahas, perlu nggak sih upgrade ke iPhone 8 atau 8 Plus, nah di artikel ini Gw akan ngebahas detail alasan-alasan kenapa Lo musti upgrade ke iPhone 8 atau iPhone 8 Plus. Semoga ini bisa jadi pertimbangan Lo untuk makin mantap buat upgrade ke gadget yang satu ini.

Pertama, harganya lebih terjangkau daripada iPhone x

Seperti yang kita tau Apple merilis iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X secara bersamaan pada 12 september lalu. Seminggu kemudian pada tanggal 22 September, iPhone 8 dan 8 Plus mulai melenggang di pasaran, sedangkan iPhone X beredar di pasaran mulai tanggal 3 November. Secara "jeroan" seri iPhone 8 dan iPhone X memiliki spesifikasi yang sama, Bro. Tapi terdapat selisih harga yang terpacu jauh antara iPhone 8 dan iPhone X. Seperti info yang Gw dapat, di Singapura, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dijual mulai $1148 - S$1548 atau Rp 11,2 juta - Rp Rp 15,6 juta (didasarkan pada nilai mata uang dolar Singapura saat ini Rp 9798). Sedangkan iPhone X yang dibanderol mulai $999 di AS dijual mulai $1648-S$1888 (Rp 16,1 juta-Rp 18,4 juta). Sebagai perbandingan berikut detailnya, Bro:

iPhone 8 iPhone X
iPhone 8 64GB: S$1148 iPhone X 64GB: S$1648
iPhone 8 256GB: S$1388 iPhone X 256GB: S$1888
iPhone 8 Plus 64GB: S$1308  
iPhone 8 Plus 256GB: S$1548  

Harga di atas dalam bentuk dolar singapura, Bro. Dari yang udah-udah, kalo udah masuk ke Indonesia dan ditambah pajak, pasti harganya bakal gila-gilaan, Bro, bisa tembus 30 juta untuk sebuah iPhone X. Sedangkan iPhone 8 dengan spesifikasi canggih yang ditawarkan Apple menurut Gw harganya masih bisa ditolerir.

Lo bisa liat tabel di atas, dengan S$1388 Lo bisa mendapatkan iPhone 8 dengan storage 256GB, sementara untuk mendapatkan iPhone X dengan storage 64GB, S$1388 belum cukup untuk membelinya. Terlepas dari face ID yang Apple tawarkan pada iPhone X, harga iPhone 8 menurut Gw lebih worth it ketimbang iPhone X. Karena entitas touch ID milik Apple yang tersemat pada iPhone 8, sudah terbukti dibanding Face ID-nya iPhone X. Itulah alasan pertama kenapa, kalo Lo ingin upgrade iPhone, Lo harus upgrade ke iPhone 8. 

Kedua, iphone 8 didukung oleh processor generasi terbaru milik apple

Ini adalah alasan yang menurut Gw penting kenapa Lo harus upgrade ke iPhone 8. Kalo, sebelumnya Lo menggunakan iPhone seri 6s, iPhone 8 memiliki performa 50% lebih cepat daripada iPhone 6s, Bro. Dan kalo Lo pengguna iPhone 7 yang dipersenjatai A10 Fusion Chip, iPhone 8 diklaim lebih cepat performa-nya 25% dari iPhone 7.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mengusung chip prosesor baru yaitu A11 Bionic yang dilengkapi dengan 6 inti prosesor, sehingga mampu menangani tugas-tugas berat. Selain itu, A11 Bionic juga terintegrasi dengan GPU 3 inti yang diklaim 30 persen lebih kencang untuk menangani AR dan game 3D dengan grafis tinggi, Bro.

Ketiga, iphone 8 mendukung wireless charging

iPhone 8 adalah generasi iPhone pertama yang mendukung wireless charging, Bro. Berdasarkan teknologi standar Qi, wireless charging pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dinamakan dengan AirPower. Menariknya, AirPower mendukung charger wireless dari pihak ketiga, seperti Belkin dan Mophie. Keren banget, Bro! Buat Lo yang nggak mau ribet dengan kabel charger, inilah salah satu alasan kenapa Lo harus upgrade ke iPhone 8.

Keempat, kamera iphone 8 punya sensor lebih besar dan lebih cepat daripada iphone 7

Walaupun nggak mengalami peningkatan resolusi dari iPhone 7, sensor kamera iPhone 8 dan iPhone 8 Plus kini lebih besar dan fokusnya lebih cepat. Nggak Cuma itu, Apple menambahkan filter warna baru dan piksel yang lebih dalam. Dilengkapi dengan prosesor sinyal citra baru dan lampu kilat True Tone berjenis LED dengan teknologi Slow Sync, kamera iPhone 8 dan iPhone 8 Plus diklaim mampu menangkap foto dan video dengan hasil lebih terang, nyata, dan lebih detil, Bro.
Yang lebih menariknya lagi, kamera di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sekarang dilengkapi kemampuan merekam video 4K pada 60fps dan video slo-mo 1080p pada 240fps. Meski begitu, video dengan resolusi tinggi tersebut tidak bakal memakan ruang yang banyak. Pasalnya, iOS 11 kini sudah mendukung format kompresi video HEIF dan HEVC yang diklaim mampu menghemat ruang sebanyak 50 persen.

Portrait Mode di kamera ganda di iPhone 8 Plus pun hadir dengan fitur baru. Mode ini kini mendukung Portrait Lighting yang akan memberikan efek pencahayaan layaknya di studio foto. Fitur ini dibuat dengan menggunakan Machine learning yang bakal secara cerdas mengambil foto dengan gaya pencahayaan berdasarkan kontur wajah dan keadaan. Nah, untuk Lo yang hobi fotografi, inilah alasan kenapa Lo musti upgrade ke iPhone 8.

Kelima, desain kaca dan aluminium yang tahan debu

Memang secara desain, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sama dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Keduanya mengusung bezel atas dan bawah, tapi Bro lini iPhone 8 dan iPhone 7 mengadopsi material yang berbeda. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus kini menggunakan desain bodi belakang dari kaca dan bingkai dari aluminium. Sedangkan iPhone 7 yang menggunakan desain bodi belakang dari aluminium saja. Material kaca di iPhone 8 dan iPhone 8 diklaim paling tahan banting, Bro. Nggak cuma itu, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga tahan air dan debu. Nice!

Keenam, speaker stereo yang lebih mantap daripada iphone 7

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus hadir dengan speaker stereo, seperti iPhone 7 dan 7 Plus.Tapi kualitasnya sudah ditingkatkan, Bro. Apple mengklaim speaker stereo di iPhone barunya ini 25 persen lebih kencang dengan bass yang lebih dalam dan keluaran suara yang jernih saat mendengarkan musik, menonton video, dan melakukan panggilan telepon. Cakep banget kan, Bro?

Ketujuh, teknologi augmented reality yang sudah terintegrasi dengan iphone 8

Teknologi AR kini hadir di kamera ganda milik iPhone 8 Plus, Bro. Masing-masing kamera di iPhone 8 sudah dikalibrasi dan dapat mendeteksi gerakan secara akurat karena menggunakan sensor gyroscope dan accelerometer terbaru. Menurut yang Gw lansir dari 9to5mac, Prosesor A11 Bionic dan GPU terbaru bertugas menangani pendeteksian ruang 3D dengan frame yang sangat halus yaitu pada 60 FPS. Sedangkan prosesor sinyal citra memperkirakan pencahayaan secara real-time. Apple pun mengizinkan para pengembang untuk berkreasi menciptakan aplikasi-aplikasi yang mendukung AR di kamera belakang dan depan milik iPhone 8 Plus melalui platform ARKit, Bro.

Kedepapan, true tone display

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dibekali dengan Retina HD Display generasi baru yang masing-masing berukuran 4,7 inci dan 5,5 inci. Layar baru yang diusung iPhone 8 dan 8 Plus sudah mendukung teknologi True Tone, Bro. Seperti di iPad Pro, teknologi layar ini bakal menyesuaikan warna layar sesuai dengan cahaya di sekitar sehingga tampak alami dan mirip kertas. Nah, tentunya ini nggak bakal Lo temui di iPhone generasi sebelumnya.

Itu dia Bro alasan-alasan kenapa Lo musti upgrade ke iPhone 8 atau iPhone 8 Plus. By the way, Bro gimana pun juga semua kembali lagi ke kebutuhan Lo ya. Kalo memang Lo butuh upgrade gadget, iPhone 8 layak kok untuk masuk daftar teratas Lo. Kalo nggak perlu ya nggak usah jangan maksain. Sekian dari Gw. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen Lo yang lagi bingung mau upgrade gadget ya!

Sumber gambar:
[1] https://www.apple.com/lae/iphone-8/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini