gentlemancode.id
Bahas Tuntas Perbandingan Vivo Nex S VS Oppo Find X!

BAHAS TUNTAS PERBANDINGAN VIVO NEX S VS OPPO FIND X!

Published on Friday, 13 July 2018

Hai bro, kali ini Gentlemancode akan memberi Lo update tentang gadget lagi nih. Kalo sebelumnya kita pernah bahas detail tentang Oppo Find X, kali ini kita akan coba compare Oppo Find X dengan saudara sekaligus kompetitornya, yaitu Vivo Nex S. Dua smartphone besutan BBK Electronics Group ini, sama-sama memikat para pengguna smartphone karena inovasi dan teknologi yang ditanamkan di dalamnya. Keduanya sama-sama hadir berbeda dari jajaran smartphone yang ada sekarang.

Nah, langsung aja ya bro, ini dia perbandingan Oppo Find X dan Vivo Nex S versi Gentlemancode!

Pertama, dari segi desain

Keduanya sama-sama memadukan material metal dan kaca baik di sisi depan dan juga belakang. Memang secara kasat mata, kedua smartphone ini terlihat sama. Tapi bro, jika dibandingkan detail, Vivo Nex S nampak lebih lebar dan panjang. Vivo Nex S berdimensi 162 x 77 x 8mm. Pada bagian atas terdapat jack audio 3mm dan yang menariknya adalah kamera depannya yang tersembunyi di balik panel layar, sementara beberapa sensor dan earpiece tersembunyi rapi pada bodi bagian atas smartphone. Untuk sisi bagian kanan terdapat tombol power dan volume, dan sisi bawahnya terdapat port USB-C dan sebuah speaker. Vivo Nex S ini memiliki bobot 199g.

Perbedaannya dengan Oppo Find X adalah, sisi bagian atasnya. Jika Oppo menempatkan kamera dan berbagai sensornya di balik panel, Vivo Nex S hanya bagian kamera saja. Perbedaan dari segi desain lainnya adalah, Oppo Find X menempatkan tombol power di sebelah kanan dan tombol volume di kiri, sementara Vivo Nex S menempatkan semua tombol di sisi kanan. Perbedaan mencolok lainnya adalah, Oppo tidak menyematkan jack audio. Oppo berdimensi 156.7 x 74.2 x 9.6mm dengan bobot 186g dan memiliki layar lengkung.

Kedua smartohone ini sama-sama mengusung layar bezzeless, di mana Vivo Nex memiliki layar sebesar 6.59 inch dengan resolusi FullHD dengan panel AMOLED dengan kerapatan pixel mencapai 388ppi. Layar Vivo Nex S memiliki rasio screen to body mencapai 91.24% dengan sedikit bezel yang nyaris tak terlihat mata. Sementara Oppo Find X mengusug layar berukuran 6.4 inch berjenis OLED dengan resolusi Full HD+ dengan kerapatan pixel mencapai 403ppi. Dan memiliki rasio screen to body mencapai 93.8% dengan menyisakan sedikit bezel pada bagian bawah layar.

Kedua, dari segi kamera

Kamera nampaknya menjadi primadona di kedua smartphone ini. Vivo Nex S menyematkan fitur dual kamera dengan resolusi 12MP + 5MP yang di dukung fitur OIS (optical image stabilization) yang diletakkan pada sisi belakang. Sementara untuk kamera depannya menyajikan konsep pop up yang akan muncul ketika penggunanya akan melakukan foto selfie. Kamera depan Vivo Nex S beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0.

Sementara untuk kamera Oppo Find X, semuanya tersembunyi di dalam bodi. Kamera akan muncul saat pengguna mengaktifkan fitur kamera atau membutuhkan fitur face ID. Kamera belakang Oppo mengusung resolusi 16MP + 20MP dengan dukungan OIS. Sementara kamera depannya memiliki resolusi sebesar 25MP dengan aperture f/2.0.

Ketiga, dari segi performa

Vivo Nex S menggunakan processor Snapdragon 845 dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal sebesar 256GB. Perangkat ini  berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo dengan UI FunTouch 3.1 Sementara untuk Oppo Find X, smartphone ini juga menggunakan prosesor Snapdragon 845 dengan RAM 8GB dan internal 256GB. Berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo dengan UI Color OS 5.1.

Keempat, dari segi fitur yang ditanamkan

Vivo Nex S menyamatkan sensor fingerprint di dalam layar dan tidak terdapat fitur face unlock seperti yang ada pada Oppo Find X. Pada Oppo Find X tidak ditanamkan sensor fingerprint, tetapi disematkan teknologi face unlock bernama O-Face. 

Kelima, dari segi harga 

Untuk harga, Vivo Nex S dibanderol dengan harga sekitar 10 jutaan (untuk memori internal 256GB) dan sekitar 9 jutaan (untuk memori internal 128GB), sementara untuk Oppo Find X dibanderol dengan harga sekitar 12-13 jutaan.

Nah, dari perbandingan yang sudah kami paparkan di atas, gimana menurut Lo bro? Lo lebih cocok buat meminang smartphone yang mana, nih? Kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Lo ya, bro! Mungkin itu aja yang bisa kita bahas kali ini, semoga bisa menjawab keraguan Lo buat menentukan smartphone mana yang sebaiknya Lo pilih ya. Semoga bermanfaat and have a nice day!

Sumber gambar:
[1] https://www.gadgetmatch.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini