gentlemancode.id
Cara Menghindari Jebakan Lost Mode Dan EFI Lock Untuk Pengguna iOS Dan Mac OS

CARA MENGHINDARI JEBAKAN LOST MODE DAN EFI LOCK UNTUK PENGGUNA IOS DAN MAC OS

Published on Monday, 14 August 2017

Ransomware. Istilah ini mungkin masih hangat di telinga kita beberapa bulan terakhir. Setelah ransomware WannaCry yang menyerang perangkat windows dan pemberitaannya sempat heboh di ibu kota dan beberapa wilayah lainnya beberapa waktu yang lalu, baru-baru ini muncul lagi ransomware yang menyerang pengguna iOS dan Mac OS. Sebagian pengguna perangkat iOS seperti iPhone dan iPad tiba-tiba terkena Lost Mode dan pengguna iMac atau MacBook yang mana merupakan besutan Apple, mendadak terserang EFI Lock. Apakah Lo salah satu korbannya, Bro?

Sebelum kita membahas lebih jauh, Gw akan mencoba untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan ransomware terlebih dahulu. Ransomware adalah salah satu bentuk malware (Malicious Software) yang masuk ke dalam sistem dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file, sehingga perangkat tersebut tidak bisa diakses oleh pemiliknya. Enkripsi ini bisa  ditebus dengan cara mengirimkan sejumlah uang kepada si pemilik virus kalo Lo pengen semua file Lo bisa Lo akses lagi.

Berdasarkan beberapa sumber yang Gw baca, pada perangkat yang terkena ransomware ini, akun Apple pada perangkat tersebut akan mendapatkan email bahwa perangkat Apple yang bersangkutan telah dikunci dan pengguna harus menghubungi via email ke help.apple@gmx.com, yang mana email tersebut adalah bukanlah email offical Apple.

Beda dengan ransomware WannaCry yang Gw sebutkan sebelumnya yang menyerang dan mengambil data pengguna windows, dalam kasus ini ransomware mencoba mengambil alih akun si pemilik dan meminta tebusan. Disini, si pelaku sebelumnya sudah mendapatkan ID Apple dan password yang Lo gunakan. Loh kok bisa? Bisa Bro. Caranya bisa macem-macem, dan cara paling logis yaitu bisa melalui email phishing yang seolah-olah dikirim oleh Apple padahal bukan, dan tanpa Lo sadari, Lo memasukkan Apple ID dan password Lo di situ. Selanjutnya Lo pasti udah bisa nebak apa yang akan terjadi. Penjahat sekarang emang pinter-pinter, Bro. Jadi Lo harus ekstra hati-hati!

Nah setelah si pelaku mendapatkan ID Apple dan password Lo, dia akan mencoba mengakses account icloud Lo dan kemudian login di situ. Kalo dia udah bisa login, dia bisa mengakses fitur Find My iPhone (FMI). Walapun Lo sudah menggunakan fitur keamanan tambahan 2 Factor Authentication (2FA), kejahatan ini tetap bisa dilakukan karena nggak memerlukan 6 digit kode yang dikirimkan oleh Apple.

Untuk orang yang udah punya ID Apple dan password Lo, mereka otomatis bisa login di account icloud Lo dan hanya bisa sampai di  halaman untuk memasukkan 6 digit kode 2FA sebelum masuk ke detail akun Lo. Nah tapi Bro di halaman tersebut, khususnya bagian bawahnya ada icon Find My iPhone/iPad/Mac yang bisa diakses untuk mencari lokasi perangkat iOS atau Mac Lo yang menggunakan akun tersebut, di fitur Find My iPhone/iPad/Mac tersebut Lost Mode bisa diaktifkan, dan perangkat yang Lo pegang akan berubah ke mode hilang.

Sekarang gimana caranya supaya perangkat Apple Lo tetap aman dari ancaman ransomware tersebut? Lo bisa ikuti cara dibawah ini, Bro. Simak baik-baik ya!

1. Hindari Mengakses Website Penyedia Film, Musik Atau Software Bajakan

Webite ini biasanya rentan dengan malware, Bro. Apalagi kalo website atau forum tersebut menggunakan fitur login dengan alamat email dan hal berbau privasi lainnya yang bisa saja mengundang hal berbahaya untuk account Apple Lo, hati-hati Bro.

2. Jangan Memakai Password Yang Sama Untuk Account Email Dan Apple ID Lo

Gunakanlah password yang berbeda untuk setiap account Lo seperti ID Apple, akun email dan social media yang Lo miliki untuk mencegah peretasan keamanan secara masif.

3. Jangan Pernah Meminjakan Apple ID Untuk Perangkat iOS Milik Orang Lain.

Apple sudah membuat fitur Family Sharing untuk akses Apple ID dalam format keluarga. Menyewa atau menggunakan jasa pinjam Apple ID juga sama sekali tidak disarankan karena itu sangat beresiko.

4. Login Dengan Apple ID Di Komputer Yang Aman

Pastikan Lo login di komputer pribadi Lo atau kantor Lo ya Bro. Hindari untuk masuk ke Apple ID di Laptop/Tablet/komputer umum seperti di kafe, warnet atau semacamnya. Pastikan juga untuk menghapus cache browser setelah Lo selesai menggunakannya.

Kembali ke topik utama, bagaimana sih supaya Lo nggak terkena ancaman dari ransomware ini? Oke Bro, ada satu cara yang bisa Lo lakukan untuk mecegah hal tersebut yaitu dengan mematikan fitur Find My Mac bagi pengguna iMac atau MacBook. Nah, Lo bisa mengakses pengaturan ini di System Preferences - iCloud. Buat Lo pengguna iPhone, jangan lupa untuk segera meningkatkan keamanan dari Apple ID yang Lo gunakan dengan cara mengubah password atau memperbaharui pertanyaan keamanan dan pastikan bahwa password di Apple ID tersebut Lo simpan dengan aman ya! Untuk Lo pengguna Mac OS, Lo bisa memperbaharui password dan pertanyaan keamanan di ID Apple Lo. Setelah Apple sudah mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal ini, Lo bisa mengaktifkan kembali Find My Mac nanti.

Buat Lo yang perangkat Apple-nya udah terlanjur terserang ransomware, dan masih terjebak dalam mode Lost Mode atau EFI Lock, Lo masih bisa menyelamatkannya kok Bro. Cobalah kontak twitter @AppleSupport atau hubungi Apple Online Support (https://support.apple.com/id-id/contact atau https://getsupport.apple.com/) untuk mendapatkan bantuan teknis, Bro.

Oke deh Bro, sepertinya ini aja yang bisa Gw bagi sama Lo. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di share ya! Trims!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini