gentlemancode.id
Cintai Bumi Dan Kenalan Sama Green Technology

CINTAI BUMI DAN KENALAN SAMA GREEN TECHNOLOGY

Published on Friday, 11 August 2017

Bro, Lo tau gak dengan apa yang dimaksud dengan Green Technology? Pernah denger? Awalnya, jujur Gw sendiri pun awam dengan istilah ini, tapi setelah Gw cari tau, Gw jadi sedikit paham dengan istilah ini, maka dari itu Gw akan coba share sama Lo ya, Bro!

Yup, istilah ini memang mulai gak asing dan sering kita dengar semenjak beberapa tahun terakhir ini. Lo tahu gak Bro, kalo Green Technology itu adalah teknologi yang ramah lingkungan, dan memiliki integrasi antara  teknologi modern dengan ilmu lingkungan, dengan tujuan mengurangi dampak negatif dari aktifitas manusia.

Prinsip utama pada Konsep Green Technology meliputi 3 hal yaitu :

1.      Kenyamanan Sosial
2.      Ekonomis
3.      Ramah Lingkungan

Singkatnya gini Bro, Green technology itu adalah pengaplikasian teknologi tanpa merusak lingkungan. Green technology pada dasarnya adalah teknologi dimana teknologi tersebut bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan atau pengurangan sumber daya alam.

Kenapa Green technology ini ada?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus melihat beberapa fakta dan data Bro. Dan fakta pertama yang cukup mengejutkan adalah, ternyata Amerika Serikat pernah mencatat terdapat 2,6 juta ton sampah elektronik (e-waste). Sebagian besar sampah elektronik tersebut adalah handphone, televisi, PC dan laptop. Pertambahan sampah elektronik ini dinilai lebih tinggi dari jenis sampah-sampah lainnya.

Gimana di Indonesia? Data yang dirilis United Nations University bertajuk The Global E-Waste Monitor  menyebutkan, setiap orang Indonesia rata-rata membuang limbah elektronik sekitar tiga kilogram. Secara total jumlahnya mencapai 745 kiloton yang merupakan terbesar di Asia Tenggara. Namun, pembuang limbah elektronik perorangan tertinggi di Asia Tenggara ditempati oleh Singapura yang mencapai 19,6 kilogram untuk satu orang. Secara total limbah elektronik di negara itu hanya mencapai 110 kiloton. Data itu menyebut ada sekitar 42 juta ton kulkas, televisi, mesin cuci, dan peralatan elektronik bekas lain di seluruh dunia. Gunungan limbah elektronik ini jika dikalkulasi mengandung sekitar 16.500 kiloton besi, 1.900 kiloton tembaga, dan 300 ton emas. Miris ya, Bro?

Nah, Green technology ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan cara-cara untuk menyediakan kebutuhan bagi manusia tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan atau pengurangan sumber daya alam kita, Bro! Salah satu contoh teknologi yang bisa di bilang ramah lingkungan diantaranya adalah teknologi digital. Teknologi digital memang banyak mempermudah kehidupan kita, Bro. Contoh implementasinya di Indonesia antara lain E-KTP yang kita punya sekarang Bro, dengan elektronik KTP ini, pemerintah bisa mangakses berbagai macam informasi warga secara terperinci. Penerapan Green technology lainnya adalah sistem e-learning dalam dunia pendidikan, dan buat Lo yang suka belanja, Lo pasti udah gak asing lagi sama yang namanya e-commerce atau online store di Indonesia.

Somehow, teknologi-teknologi tadi emang bikin hidup lebih praktis Bro, selain itu teknologi tersebut juga mampu meminimalisir penggunaan kertas, biaya transportasi, dan hal-hal lainnya yang berpotensi mengganggu sumber daya alam kita. Yes Bro, penerapan Green Technology ini memang banyak memberikan keuntungan. Bukan hanya keuntungan untuk kita sebagai manusia saja namun juga keuntungan bagi mahkluk selain manusia yaitu hewan, tumbuhan dan apapun yang hidup dibumi kita ini.

Oke kali ini Gw bukan akan share mengenai bagaimana menciptakan alat berbasis Green Technology, tapi Gw akan membagikan tips gimana agar kalian turut mengaplikasikan Green Technology pada kehidupan sehari-hari dengan benar! Karena sekecil apapun tindakan Lo untuk memelihara dan menjaga bumi, itu akan sangat berarti, Bro.

1. Gunakan Gadget Dengan Bijak

Bro, penggunaan gadget dengan sembarangan  atau digunakan berlebihan akan membuat gadget Lo cepat rusak. Dan kalo udah rusak, Lo pasti akan membuang gadget tersebut kan? Nah, inilah salah satu penyebab bertambahnya jumlah limbah elektronik yang sebelumnya udah buanyak banget. Semakin banyak jumlahnya maka potensi kerusakan yang ditimbulkan pun otomatis semakin besar. Nggak cuma itu aja, penggunaan gadget secara berlebihan ternyata mampu merusak kesehatan Lo juga, Bro. Menurut penelitian di Chinese Academy of Science, kecanduan gadget bisa mengubah susunan otak seseorang sama seperti kecanduan alkohol dan narkoba. Nah dengan menggunakan gadget dengan bijak Lo secara tidak sadar sudah meminimalisir limbah elektronik dan menjaga diri Lo tetap sehat tentunya.

2. Gunakan Peralatan Elektronik Seperlunya

Gunakan peralatan elektronik di rumah Lo seperlunya dan matikan segera ketika tidak dipakai. Jangan lupa untuk mencabut konektor kabel ketika perangkat elektronik sedang tidak Lo gunakan mau itu sebentar atau lama. Sering-seringlah memeriksa kondisi alat elektronik dan jangan lupa untuk membersihkannya dari debu. Selain akan menghemat biaya listrik, penggunaan perangkat elektronik dengan bijak bisa memperpanjang masa pakai alat elektronik tersebut dan juga menghemat energi  listrik. Pemanfaatan energi penting untuk kita jaga, Bro! Dengan menghemat listrik tentunya kita telah ikut berpartisipasi dalam menjaga bumi kita! Bumi dimana kita hidup, bernafas, dan berjalan diatasnya. Perlu Lo tau nih Bro, pembangkit listrik khususnya di negara kita ini masih menggunakan bahan bakar fosil, yang hasil pembakarannya menjadi penyumbang terbesar penyebab pemanasan global.

3. Menghemat Penggunaan Kertas

Sebisa mungkin, batasilah penggunaan kertas dalam kegiatan kita sehari-hari. Sebagian besar kertas yang kita pakai sekarang terbuat dari bahan dasar kayu yang diambil dari pohon. Semakin banyak kertas yang kita pakai, maka akan semakin banyak pohon yang akan ditebang. Dan Lo pasti udah tahu apa akibatnya apabila pohon-pohon yang ada di hutan kita itu ditebangi dalam skala besar. Banjir bandang dan longsor adalah beberapa bencana yang akan terjadi apabila kita secara sembarangan menebang pohon-pohon yang ada di hutan kita.

"Nature's beauty is a gift that cultivates appreciation and gratitude." - Louie Schwartzberg

Nah, Itu aja yang bisa Gw sampaikan Bro, semoga bermanfaat ya! Jangan lupa share ke temen-temen Lo! Trims!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini