gentlemancode.id
Fitur unik Gmail yang sangat berguna buat Lo yang sibuk banget

FITUR UNIK GMAIL YANG SANGAT BERGUNA BUAT LO YANG SIBUK BANGET

Published on Wednesday, 10 July 2019

Email, merupakan salah satu teknologi yang Gw yakin nggak lepas dari keseharian Lo. Selain chat, atau nelfon, mengirim pesan dengan email merupakan sarana komunikasi yang bisa dibilang sangat penting entah itu untuk kebutuhan formal atau informal.

Diluar sana banyak sekali layanan email yang bisa kita gunakan secara gratis. Nah, salah satu yang sangat popular adalah Google Mail atau kita lebih sering menyebutnya dengan sebutan Gmail. Hingga tahun 2018, pengguna aktif Gmail sudah menembus angka 1, 5 miliar. Gila nggak tuh, bro? 

Nah, apakah Lo adalah salah satu penggunanya? Meskipun Gmail merupakan email yang paling sering dipake oleh banyak orang, namun ternyata masih banyak istilah dan fitur yang ada di Gmail yang belum diketahui, lho? Penasaran apa aja? Simak penjelasan dibawah ini ya supaya urusan email meng-email semakin lancar.

1. Undo send

Gw yakin Lo semua pasti pernah ngalamin dimana Lo salah ngirim email karena salah ketik atau hal lainnya. Kalo Lo mengalami kejadian ini, Gmail punya lho fitur yang bisa membatalkan email yang sudah Lo kirim. Gmail memiliki beberapa pilihan tenggang waktu untuk hal ini, dari 5 sampe 30 detik.

Untuk mengaktifkannya, Lo hanya perlu memilih durasi di Settings, General, Undo Send. Dengan begitu, Lo nggak perlu bingung lagi ketika Lo nggak sengaja mengirim email.

2. Snooze email

Snooze merupakan sebuah fitur baru dari Gmail yang memiliki fungsi seperti snooze pada alarm. Lo bisa nyembunyiin email tertentu sampe Lo siap untuk membacanya. Nah, fitur ini sangat berguna untuk orang-orang yang super sibuk dan belum sempat untuk membaca email.

Lo bisa mengaktifkan fitur ini dengan memilih email, lalu klik ikon tiga titik di toolbar dan Lo bisa memilih berapa lama Lo ingin nyembunyiin email tersebut untuk kemudian muncul lagi di inbox.

3. Smart reply

Smart reply adalah fitur dari Gmail yang bertujuan untuk mempercepat proses membalas email. Jadi Gmail akan memberikan Lo beberapa pilihan kata-kata untuk membalas email dengan cepat. Tapi, Lo nggak bisa menemukannya di setiap email karena Gmail hanya bisa memberikan pilihan jawaban yang singkat dan sederhana.

4. Menjadwalkan pengiriman email

Suka lupa ngirim email? Nah, kalo Lo pengen ngirim email tepat waktu, Lo bisa menjadwalkan pengiriman email dengan fitur scheduling. Caranya gampang banget, setelah Lo nulis email, klik panah bawah yang ada di sebelah tombol send lalu klik Schedule send. Disitu Lo bisa memilih waktu dan tanggal pengiriman. Dengan begitu, Lo akan mengirim email Lo tepat pada waktu yang ditentukan.

5. Email yang menghapus dirinya sendiri

Kalo Lo takut informasi yang Lo kirim akan menyebar ke orang lain, maka Lo bisa mencoba fitur self-destruct pada Gmail, bro. Fitur ini bekerja seperti Snapchat dan Instagram Stories,tetapi Lo bisa menentukan berapa lama email Lo ada di inbox penerima. Dengan menggunakan fitur ini, email yang Lo kirim nggak bakal bisa di forward, di-copy, di-download, atau di-print.

Untuk menggunakan fitur ini, setelah Lo menulis email, Lo harus klik ikon jam kecil dengan gembok di bagian kanan bawah yang berbunyi "Turn confidential mode on / off". Disitu Lo bisa mengatur berapa lama email tersebut akan bertahan, mulai dari sehari sampe lima tahun.

6. Memberikan password pada email yang Lo kirim

Masih dalam fitur keamanan, ada lagi mode yang namanya "Confidential mode". Kalo Lo ingin menambahkan perlindungan tambahan pada email Lo, Lo bisa bro menambahkan password untuk membukanya.  Untuk melakukannya, Lo pilih "SMS Passcode" di bawah "Require Passcode". Setelah itu, Gmail akan ngirimin password melalui SMS kepada penerima sehingga dia doang yang bisa buka email dari Lo.

7. Email otomotis

Lo bisa mengaktifkan email otomatis yang dikenal dengan Canned Response. Fitur ini bekerja seperti email template kalo misalnya Lo harus mengirimkan email yang sama kepada banyak orang. Beda sama copy paste, dengan fitur ini Lo nggak perlu lagi mengisi subjek email dan attachment yang isinya sama.

Untuk melakukan ini, Lo masuk ke Settings, General, lalu Enable Canned Response. Setelah Lo nulis email yang ingin Lo kirim, Lo klik "More Options" di samping ikon tempat sampah, lalu pilih Canned Response, lalu Save Draft as Template

Gimana bro, Lo udah nyoba semua belum? Semoga artikel ini bermanfaat ya, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini