gentlemancode.id
Ikuti 6 tips berikut ini ketika ingin membeli laptop bekas

IKUTI 6 TIPS BERIKUT INI KETIKA INGIN MEMBELI LAPTOP BEKAS

Published on Thursday, 26 January 2017

Pengen ganti laptop tapi budgetnya kurang? Laptop bekas solusinya Bro. Barang bekas emang menjadi primadona bagi kita orang-orang yang tidak memiliki banyak budget untuk membeli barang baru, tak terkecuali laptop. Untuk itu Lo wajib pintar dan teliti dalam mencari laptop bekas yang Lo inginkan. Karena kalo salah, bisa-bisa nyesel entar.

Berikut ini adalah 6 tips yang bisa Lo terapkan ketika Lo ingin membeli laptop bekas. Apa aja? Yuk kita simak dibawah ini!

1. Pilih penjual terpercaya

Biar Lo ga kena tipu, Lo harus pilih penjual yang benar-benar punya reputasi yang bagus dan terpercaya. Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya Lo selidiki dulu bagaimana track record-nya lewat testimony yang diberikan oleh para pembeli.

Setelah Lo menemukan penjual yang terpercaya dan model laptop yang pengen Lo beli, Lo harus menanyakan ketersediaan barang tersebut apakah masih ada atau udah sold. Ada baiknya Lo memilih penjual yang mempunyai respon yang cepat terhadap pertanyaan ataupun complain dari pembeli, karena ini akan mempermudah Lo dan penjual dalam berkoordinasi.

2. Bertanya kepada teman yang mengerti tentang laptop

Kalo misalnya Lo gak ngerti mengenai laptop yang bagus kaya gimana, Lo bisa nanya dulu ama temen Lo mengenai laptop yang bagus tuh kaya gimana, biar Lo ga salah beli.

3. Cek spesifikasi dan harga

Sangat penting buat Lo untuk mengetahui spesifikasi dan harga dari laptop bekas yang akan Lo beli. Periksa sedetail mungkin spesifikasi dan harga melalui deskripsi yang penjual tulis dalam keterangan.

Pilihlah penjual yang menulis secara detail dan lengkap mengenai keterengan produk secara jelas, entah itu spesifikasi ataupun plus dan minus laptop tersebut. Kalo misalnya Lo gak paham mengenai spesifikasi laptop, Lo bisa Tanya temen Lo yang ngerti mengenai laptop atau Lo bisa tanya langsung kepada penjual.

4. Tanyakan garansi dan udah berapa lama laptop tersebut dipakai

Tentu kita akan senang kalo misalnya kita dapet laptop bekas yang masih memiliki garansi yang berlaku. Dengan adanya garansi, kita jadi memiliki jaminan apabila dikemudian hari terjadi masalah dengan laptop yang kita beli.

Untuk masalah lama pemakaian, pilihlah laptop yang baru dipakai dalam waktu yang belum terlalu lama, missal 3 sampe 6 bulan. Jangan lupa juga untuk bertanya mengenai untuk keperluan apa laptop tersebut sebelumnya dipakai, apakah untuk bermain game atau untuk aplikasi multimedia.

5. Kalo bisa sih cash on delivery

Pembayaran dengan cara cash on delivery (COD) memungkinkan kita untuk mengecek terlebih dahulu laptop yang akan kita beli sebelum kita membayarnya. Dan sekali lagi Gw saranin, buat Lo yang gak ngerti soal laptop Lo harus ajak temen Lo yang ngerti biar Lo gak ketipu.

Tapi, kalo Lo udah yakin ama penjual dan spesifikasi laptop yang akan Lo beli, Lo bisa memilih metode pembayaran dengan cara transfer. Lo bisa melakukan transfer bank ke rekening penjual atau lo bisa juga transfer menggunakan rekening bersama atau rekber. Jangan lupa untuk mengingatkan penjual agar membuat packing yang ekstra safe, agar paket Lo aman ketika proses pengiriman.

6. Jangan males buat cek ulang

Cek kambali keadaan fisik laptop yang Lo beli seperti kondisi layar, tombol, dan port, kelengkapan laptop, serta semua fitur pada laptop yang Lo beli apakah semua sudah berfungsi sebagaimana mestinya.

Kalo Lo nemuin hal yang Lo rasa gak sesuai dengan keterangan ketika membeli, Lo bisa Tanya dan diskusi dengan penjual untuk mencari solusi yang sama-sama enak.

Nah itu tadi 6 tips yang bisa Gw bagi buat Lo yang pengen beli laptop bekas. Pilihlah laptop yang memiliki spesifikasi dan kondisi yang masih bagus, dan yang paling penting adalah sesuai dengan budget yang Lo punya. :)

Gimana Bro, setuju gak sama artikel ini? Kalo setuju, jangan lupa di share ya Bro, barangkali ada teman yang membutuhkan. Semoga bermanfaat, terimakasih.
 

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini