gentlemancode.id
Ini Alasan Kenapa Macbook Lebih Keren dari Laptop Windows

INI ALASAN KENAPA MACBOOK LEBIH KEREN DARI LAPTOP WINDOWS

Published on Wednesday, 03 January 2018

Kenapa Macbook Gw sebut keren di judul artikel ini? Biar Lo paham baca sampai selesai artikel ini dan Lo bakal dapet jawabannya, Bro. Seperti kita ketahui, Apple memang dikenal sebagai brand yang selalu mengeluarkan gadget-gadget kelas premium dan nggak semua kalangan bisa memilikinya. Terlepas dari tahta yang Apple punya, memang kualitas dan pelayanan purna jual dari brand ini nggak perlu diragukan, Bro. Terlepas dari segala kelebihannya, apakah memang benar kalo Macbook lebih keren dari perangkat windows? Kalo Lo penasaran simak penjelasan Gw dibawah ini, Bro!

1. Ekskulsif dan Punya daya Tarik

Bro, Gw pengen nanya. Menurut Lo, kalo misalkan ada dua orang bersebelahan yang di atas mejanya masing-masing memegang sebuah laptop, yang satu pake Macbook dan satu lagi pake Laptop merek X? Kira-kira device mana yang bakal Lo lirik? Terlepas dari cakep atau nggak orang yang punya, kemungkinan besar Macbook yang akan lebih menarik perhatian Lo karena selain memiliki desain yang elegan kebanyakan orang sudah aware bahwa Apple adalah brand mahal dan ekslusif. Sebagai pengguna Macbook pasti Lo akan merasa lebih spesial ketika memakainya, apalagi pas nongkrong di cafe atau ketika Lo meeting.

2. Desain Elegan

Masih seputar desain, berbeda dengan laptop pada umumnya, tampilan desain Macbook sebenarnya simple banget, Bro. Walaupun simple, tapi Lo bisa menangkap kesan mewah dan elegan dari laptop ini. Bodi yang tipis, ringan tapi kokoh ini udah jadi ciri khas Macbook dari dulu yang nggak bisa ditiru laptop lain. Material Macbook yang terbuat dari aluminium ini lah yang membuat Macbook menjadi ringan dan kokoh. Kekuatan aluminium ini nggak perlu diragukan lagi, dan tentu lebih baik dibanding material plastik yang banyak digunakan laptop pada umumnya, Bro. Jadi untuk penggunaan bertahun-tahun material ini akan awet banget, asal nggak sering jatuh aja.

By the way, kenapa Macbook Gw sebut memiliki desain yang elegan? Jadi gini Bro, menurut Gw bahan aluminium, desain tipis, dan logo Apple yang menyala ini menurut Gw adalah kombinasi yang keren banget untuk menghasilkan kesan mewah dan elegan ada pada device ini. Meskipun beberapa laptop windows pun sudah ada yang bermaterial aluminium, dan punya desain tipis juga tapi menurut Gw belum bisa ngalahin desain dari Apple. Seperti yang Gw bilang pada poin pertama, Macbook itu punya kesan yang sangat eksklusif, maka desainnya pun tetap lebih elegan dibanding kompetitornya.

3. Spesifikasi yang Mumpuni

Kalo ngomongin spesifikasi, jawabannya pasti bakal kompleks, Bro.  Kalo laptop atau perangkat windows, spesifikasinya ditentukan berdasarkan teknologinya, misal DDR2 atau DDR3, i5 atau i7, USB 2 atau USB 3, SATA 2 atau SATA 3. Nah, di Macbook agak beda Bro, kalo Macbook, misalkan Macbook Pro, Apple nggak akan memberi banyak pilihan. Karena spesifikasi yang mereka buat sudah satu paket, Bro. Jadi gini, Macbook Pro disebut pro karena Apple membuat khusus untuk kalangan profesional yang membutuhkan spesifikasi yang mampu mengerjakan pekerjaan berat. Jadi wajar kalo harganya mahal, karena memang spesifikasi  yang dipilih sudah didesain berdasarkan kebutuhan profesional. 

But anyway, macbook rata-rata memang mengusung spesifikasi dapur pacu yang terbaik. Misalnya Macbook Pro yang mengusung prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan clock 2.93GHz dual core dan grafis Intel Iris 550, SSD 256GB/512GB serta USB type-C.

Nah, untuk memilih Macbook itu hanya soal memilih seri aja sih Bro, misal Air, Pro atau Retina. Kembali lagi sesuai kebutuhan Lo, Bro. Next, Gw akan share artikel lengkap tentang cara memilih Macbook sesuai kebutuhan. Tunggu aja ya! Pantengin terus gentlemancode.id makanya!

4. Bebas Virus

Macbook bebas virus? Beneran? Seperti yang Gw lansir dari macworld.co.uk, dibanding laptop berbasis Windows atau Linux, Macbook yang berbasis Unix dikenal punya pengamanan sangat ketat terhadap virus. OS Macbook punya serentetan pengaman yang kuat dari serangan berbagai virus. Memang sih ada selentingan kabar mengenai malware yang sempat menyerang Macbook. Tapi pihak Apple bereaksi cepat dengan memberikan update pertahanan mereka melalui OS terbaru. Dengan demikian, berbeda dari laptop berbasis Windows, Lo nggak perlu repot memasang antivirus pada laptop Macbook. Karena Mac OS yaitu sistem operasi yang tertanam di macbook sudah cukup kuat untuk membendung segala macam serangan virus.

5. Program Boot Camp

Kalo laptop yang berbasis OS Windows nggak bisa berpindah OS ke Macbook. Sebaliknya, Macbook bisa menggunakan OS miliknya sendiri dan Windows di dalam satu laptop yang sama. Tentu saja kedua OS tersebut tidak berjalan bersamaan. Tapi dipakai bergantian sesuai kebutuhan. Hal ini bisa terjadi karena di dalam Macbook telah tersedia sebuah sistem asistensi bernama Boot Camp. Program inilah yang membuat pengguna Macbook bisa meng-install Windows dan menggunakannya pada laptop mereka. Termasuk membagi ruang harddisk menjadi dua. Separuh untuk Mac OS, setengah lagi untuk Windows. Keren kan, Bro?

6. UI dan Experience

Bagus atau engga memang relatif Bro, namun kebanyakan orang setuju bahwa mac OS punyai tampilan yang lebih kece dari windows. Seperti yang Gw lansir dari techadvisor.co.uk, mac OS menawarkan experience yang beda banget dengan Windows. Sebut saja trackpad. Untuk masalah ini, Mac sangat luar biasa dalam hal pemanfaatan trackpad. Apple mendesainnya agar mampu mengenali berbagai macam kombinasi gerakan sehingga memungkinkan Lo untuk menjangkau berbagai fitur dengan kursornya. Meskipun beberapa laptop windows sudah menerapkan fitur gesture, tapi menurut Gw belum senyaman Macbook sih, Bro.

6. Praktis dan Nggak Ribet

Selain praktis dalam pengoperasiannya, untuk perangkat eksternal yang sudah terkoneksi pada Macbook, semua sudah bisa dipakai langsung. Bahkan semua periperal tua seperti printer dan scanner juga bisa terbaca, Bro. Beda sama Windows yang kadang harus install driver secara manual.

Kenapa Gw bilang nggak ribet? Macbook punya fitur istimewa yang nggak ditawarkan laptop lain, Bro. Apa itu? Dengan macbook Lo nggak perlu sering shutdown. Ketika Lo selesai menggunakan Macbook, cukup tutup saja layar Lo. Begitu pula ketika akan memakainya, tinggal buka layar Macbook Lo dan Lo bisa langsung bekerja. Fitur istimewa ini bisa dilakukan karena Macbook punya sistem wake up dan sleep yang sangat cepat. Begitu pula saat akan membuka aplikasi, proses loading-nya boleh diadu dengan laptop lain dengan spesifikasi yang sama. 

7. Awet!

Macbook bisa dibilang adalah perangkat yang sangat jarang deadlock atau rusak. Komponen di dalamnya telah didesain oleh Apple agar bertahan lama. Tapi tetap hal ini nggak terlepas dari unsur kualitas perawatan yang Lo lakukan sih. Tapi pada dasarnya kualitas material komponen Macbook memang patut diancungi jempol, Bro. Sesuai dengan harga yang Apple tawarkan.

Ya, harga mahal jadi kelebihan Macbook ketimbang laptop Windows yang rata-rata dijual dengan harga di kisaran 5 juta sampai 10 jutaan rupiah. Harga mahal yang dibanderol Apple untuk Macbook (dan hampir semua produknya) bikin laptop ini jadi lebih eksklusif kesannya jika dibanding laptop Windows, sehingga nggak banyak orang yang bisa memilikinya. Tapi menurut Gw worth it kok Bro dengan segudang fitur dan kualitas yang Apple tawarkan.

Nah, itu dia Bro alasan kenapa sih macbook lebih keren daripada laptop windows. Oh iya satu lagi Bro, Apple punya kebiasaan yang selalu menghadirkan fitur baru dan nggak pasaran dari waktu ke waktu. Contohnya aja fitur TouchBar dan Touch ID seperti pada iPhone 7 di Macbook seri terbaru. Dengan fitur ini Lo bisa mengakses tombol fungsi konvensional dengan layar sentuh di bagian atas keyboard serta dapat digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sistem. Meskipun windows 10 punya fitur yang masih terus dikembangkan, namun karena banyaknya brand yang mengusung sistem operasi ini, fiturnya pun mungkin nggak akan bisa dicicipi oleh semua laptop windows.

Di artikel ini Gw nggak bermaksud menjelek-jelekkan OS windows atau laptop windows, dan Gw pun nggak menyebutkan sisi negatif windows di artikel ini ya! Hanya Gw coba membandingkan antara device jenis yang satu dengan yang lain, yaitu Macbook dan laptop windows berdasarkan perspektif Gw. Ini murni pendapat Gw pribadi dan Lo berhak nggak setuju sama opini Gw ini. Artikel ini juga nggak di sponsori Apple, jadi kalo ada komentar yang mau Lo sampaikan, tulis di kolom komen ya. Semoga bermanfaat Bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Baca juga : Cara efektif memperbaiki laptop yang terkena air

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini