gentlemancode.id
Kebiasaan dalam menggunakan laptop yang membuat baterai laptop cepat rusak

KEBIASAAN DALAM MENGGUNAKAN LAPTOP YANG MEMBUAT BATERAI LAPTOP CEPAT RUSAK

Published on Wednesday, 03 May 2017

Di zaman sekarang ini, zaman yang serba digital, laptop sudah menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan dan digunakan. Dari mulai digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, tugas kuliah, sampai sekadar menonton atau bermain games.

Saking seringnya digunakan, kadang kita gak sadar Bro banyak kebiasaan kita yang biasa kita lakukan ternyata bisa bikin baterai laptop kita cepat rusak. Contohnya dibawah ini Bro!

1. Mencabut baterai ketika dipakai

Mungkin tadinya kalian berfikir itu akan membuat laptop menjadi lebih awet. Tapi faktanya adalah bahwa mencabut baterai laptop saat dipakai jutru akan membuat laptop menjadi cepat rusak. Kebiasaan yang mungkin Lo anggap sepele ini ternyata bisa bikin baterai laptop cepat rusak. Kenapa? Itu terjadi karena ketika baterai dicabut maka daya utama yang didapatkan hanya berasal dari sumber listrik colokan.

Bahayanya adalah, ketika listrik mati maka otomatis laptop yang baterainya dicabut akan mati juga dan hal ini bisa meningkatkan risiko merusak hardisk atau komponen hardware lainnya!

2. Menggunakan laptop di atas benda empuk seperti bantal atau kasur

Emang enak banget sih menggunakan laptop sambil tiduran atau duduk di kasur. Nyaman banget.

Tapi Bro, Lo harus mulai berhenti melakukan kebiasaan ini karena itu bisa bikin baterai laptop Lo jadi cepat rusak Bro! Sifat kasur dan benda-benda empuk lainnya yang lembut bisa menyerap panas dan menutup keluarnya hawa panas yang dikeluarkan oleh laptop. Kalo dibiarin terus menerus, hal ini bisa bikin laptop Lo jadi panas berlebih atau sering dikenal dengan over heat dan pada akhirnya keadaan itu akan membuat baterai jadi gampang rusak.

3. Menunda-nunda ketika harus isi daya padahal persentase baterai udah sekarat

Ah masih banyak, entar aja deh isinya.

Mungkin ini sering banget Lo lakuin. Dengan alasan daya yang dimiliki masih banyak, Lo jadi males untuk segera mengisi daya baterai laptop Lo lagi.

Padahal nih Bro, membiarkan daya baterai sampai angka 20 persen itu sangat gak di anjurkan. Masalahnya adalah bahwa menunda-nunda pengisian daya baterai ternyata bisa memperpendek usia dari baterai laptop Lo sehingga baterai laptop Lo tentu akan lebih cepat rusak.

Solusinya, Lo bisa mengatur Power Options agar laptop Lo bisa off secara otomatis sebelum baterai mencapai angka 0 persen atau angka tertentu yang udah Lo set sebelumnya.

4. Sembarangan nge-charge

Yang Gw maksud dengan sembarangan nge-charge disini adalah kebiasaan Lo mengisi daya baterai laptop Lo pada tegangan atau voltage yang gak pas. Ya,  mengisi daya baterai pada colokan dengan tegangan listrik yang terlampau tinggi ternyata mampu membuat baterai menjadi lebih cepat rusak.

Hal itu terjadi karena tegangan listrik yang terlampau tinggi bisa bikin adaptor dan laptop Lo jadi cepat rusak.

Mulai sekarang hati-hati ya kalo pake laptop, karena salah-salah malah bisa bikin rusak Bro. Sayang kan? mahal soalnya Bro.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini