gentlemancode.id
Mengatasi Masalah Restart Akibat Update ke iOS 11? Ini Dia Caranya!

MENGATASI MASALAH RESTART AKIBAT UPDATE KE IOS 11? INI DIA CARANYA!

Published on Monday, 11 December 2017

Semenjak dirilisnya iOS 11 pada 9 September 2017 lalu, nyatanya ada banyak masalah yang terjadi pada iOS versi ini, Bro. Nah, Apple pun nggak tinggal diam, seminggu sejak perilisannya Apple kembali memberikan update 11.0.1 kepada penggunanya secara publik. Tapi, ternyata update terbaru pun masih membawa banyak bug juga, Bro.

Nah Bro, dalam kurun waktu dua minggu, Apple merilis iOS 11.0.2 dan iOS 11.0.3 dan sekitar dua minggu berselang, akhirnya Apple merilis iOS 11.1 pada 31 Oktober lalu dengan beberapa update fitur dan beberapa interface baru dan juga perbaikan bug. Perubahan versi yang cukup besar ini, ternyata malah menimbulkan bug baru, seperti baterai boros hingga aplikasi yang tertutup tiba-tiba saat sedang dioperasikan.

10 hari semenjak perilisan iOS 11.1, Apple kembali merilis iOS 11.1.1 dengan sedikit perbaikan bug. Gw pun agak nggak paham sama Apple, kenapa mereka langsung merilis iOS versi publik jika hanya sedikit perbaikan bug yang diberikan. Kenapa nggak dirilis pada versi beta atau developer aja? Bener nggak Bro? Gw di sini nggak bermaksud menjelekkan iOS terbaru ini lho, cuma berpendapat dari sisi user aja.

Selang seminggu tepatnya 16 November 2017 lalu, Apple kembali merilis iOS 11.1.2. Ternyata versi ini pun masih membawa masalah yang bisa dibilang sangat mengganggu bagi beberapa pengguna iOS yaitu trouble dimana perangkat iOS tiba-tiba restart tanpa sebab. Ya Bro, perangkat mendadak restart dengan tampilan hitam dan logo loading berputar setelah selesai diminta input passcode lock atau Touch ID. Menurut dari beberapa info yang Gw terima, ada beberapa pengguna yang mengalami respring setiap beberapa menit sekali dan ada juga yang hanya sekali saja kemudian tidak terjadi lagi. Kenapa bisa gitu ya?

Seperti yang dikutip dari laman Reddit, ada beberapa analisa yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, Bro. Menurut situs tersebut penyebab masalah ini salah satunya adalah pada pengaturan timezone dan aplikasi Headspace.  Masalah ini juga bisa terjadi karena fitur Local Notifications yang digunakan oleh aplikasi pihak ketiga. Entah kenapa, iOS 11.1.2 atau versi sebelumnya menganggap tanggal 2 Desember 2017 sebagai error dan membuat fitur Local Notifications bermasalah, sehingga menyebabkan Springboard error dan terus-menerus melakukan Respring. Solusi sementara yang bisa Lo lakukan adalah Force Restart atau mematikan perangkat iPhone Lo dan kemudian hidupan kembali.

Dari yang Gw lansir dari situs tersebut, coba deh Lo ganti timezone ke Honolulu atau mundurkan tanggal di bagian pengaturan hingga 1 minggu sebelum tanggal 2 Desember. Satu hal yang harus Lo garis bahawi adalah bahwa solusi ini bisa menyebabkan beberapa aplikasi yang memerlukan pengaturan waktu menjadi bermasalah alias hanya bersifat sementara. Nah, kalo Lo menginstall aplikasi headspace, coba Lo hapus aplikasi Headspace Lo kalo sebelumnya Lo meng-install aplikasi tersebut.

Aplikasi headspace adalah asisten meditasi sederhana untuk perangkat iOS. Seperti biasa dengan kebanyakan aplikasi meditasi, Headspace dilengkapi dengan pelacak, pengingat, dan timer. Entah apa yang menyebabkan aplikasi pihak ketiga ini mengganggu kerja sistem iOS itu sendiri karena belum ada pernyataan yang valid mengenai hal ini.

Kalo misalnya masalah ini malah membuat perangkat iOS menjadi lebih panas dari biasanya, coba Lo matikan sementara perangkat iPhone atau iPad Lo untuk mencegah terjadi kerusakan yang lebih parah. Apabila masalah restart masih terjadi, Lo bisa mematikan Background App Refresh dari Settings - General - Background App Refresh. Respon yang diberikan masing-masing perangkat tentunya akan berbeda, Bro. Kalo masih bermasalah juga Lo bisa melakukan Reset All Settings. Fitur ini bisa diakses dari Settings - General - Reset - Reset All Settings. Tenang aja Bro, fitur ini nggak akan menghapus data Lo, tapi hanya menghapus semua pengaturan yang ada pada perangkat Lo.

Nah, langkah terakhir yang bisa Lo lakukan adalah, Lo bisa melakukan backup ke iTunes untuk menjamin semua data-data Lo aman. Kemudian Lo bisa melakukan clean restore via iTunes dengan cara:

1. Download file ipsw yang sesuai dengan perangkat yang Lo gunakan di https://ipsw.me/#!/platform
2. Hubungkan perangkat iPhone atau iOS Lo ke PC/Mac
3. Pilih perangkat di iTunes
4. Pada Mac, tahan "Option" kunci dan kemudian klik "Update", pada PC Windows, tahan "SHIFT" kunci dan kemudian klik "Update"
5. Pilih file IPSW yang sudah Lo download sebelumnya dan klik "Pilih"
6. Biarkan proses update berjalan seperti biasa

Itu dia Bro, cara buat mengatasi perangkat iPhone atau iPad Lo yang mengalami restart akibat update iOS. Oh iya, 2 desember kemarin Apple akhirnya merilis 11.2 untuk publik, salah satu perbaikan yang diberikan adalah masalah restart terus-menerus ini, Bro. Tapi yang Gw baca dari internet nih, beberapa pengguna iOS 11.2 pun masih mengalami masalah yang sama, Bro. Solusinya Lo bisa melakukan Gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke temen-temen Lo yang lagi punya masalah ini. Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini