gentlemancode.id
Perhatikan 7 hal ini saat Membeli Laptop Baru

PERHATIKAN 7 HAL INI SAAT MEMBELI LAPTOP BARU

Published on Thursday, 11 July 2019

Tidak bisa kita pungkiri, laptop merupakan salah satu barang yang sangat kita butuhkan. Entah itu untuk kuliah atau bekerja, keberadaan laptop ini sangat membantu kita.

Sama seperti kebanyakan barang elektronik lainnya, kinerja laptop pasti akan menurun dengan berjalannya waktu. Meskipun bisa Lo service, tapi kalo ada budgetnya, nggak ada salahnya buat Lo untuk menggantinya dengan yang baru.

Hingga saat ini udah banyak banget laptop dari berbagai brand di pasaran. Harga dan modelnya juga banyak banget. Nah bro, kalo misalnya Lo ingin membeli laptop baru, dibawah ini adalah tujuh hal yang harus Lo perhatikan dalam tips membeli laptop baru.

Desain Laptop

Untuk tips membeli laptop baru yang pertama adalah perhatikan desain laptop yang akan Lo beli, bro. Makin kesini, desain laptop makin bervariasi. Kalo dulu kita sering melihat laptop dengan ukuran yang tebal, sekarang udah banyak banget laptop yang memiliki desain yang super tipis. Untuk keyboard, dulu biasanya kerboard dan layar itu menyatu, sekarang udah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa Lo lepas atau pasang sampe bisa Lo lipat hingga 360 derajat.

Emang sih, desain yang menarik nan futuristik bisa membuat orang jadi tertarik. Tapi, yang sebenarnya harus Lo perhatikan adalah awet atau tidaknya, terlebih pada bagian engsel. Untuk itu, Lo harus rasakan sendiri bagaimana desain laptop yang pengen Lo beli. Pastiin desainnya solid dan tahan banting, bro.

Keyboard laptop

Setiap laptop memiliki desain keyboard masing-masing, bro. Kalo Lo pengen menggunakan laptop dalam waktu yang lama, Lo harus pastiin keyboard nya itu terasa nyaman di tangan. Ini penting karena kenyamanan akan berpengaruh kepada kinerja Lo. Nah, Lo harus perhatiin tuh jarak antar tombol, permukaan tombol, dan sensitivitas ketika Lo menekan tombol pada keyboard. Lalu, pastikan semua tombol bisa berfungsi dengan baik.

Daya tahan baterai

Tips membeli laptop baru yang ketiga ini menurut Gw adalah poin yang sangat penting karena ini akan sangat berpengaruh kepada kinerja laptop Lo yaitu tentang daya tahan baterai.

Rata-rata, baterai laptop memiliki daya tahan kira-kira 6 sampe 8 jam.

Emang sih ketahanan baterai itu sulit untuk diukur karena tergantung dari pemakaian, aplikasi yang dijalankan, dan jenis prosesor yang dipakai. Untuk itu, Lo harus baca dan nonton berbagai ulasan mengenai laptop yang akan Lo beli.

Selain itu, Lo juga harus mengerti bagaimana cara merawat baterai laptop yang baik dan benar agar laptop Lo awet. Contohnya, jangan melakukan pengisian daya secara terus menerus, tidak menunggu baterai sampe bener-bener habis baru Lo charge, atau melakukan pengisian daya dalam keadaan laptop mati.

Kualitas layar

Lo perlu tahu bro bahwa tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang bagus. Untuk itu, sebelum Lo membeli laptop baru, pastikan Lo sudah mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, dan sudut pandang penglihatan layar.

Contohnya gini, misal Lo butuh laptop untuk mengerjakan desain grafis. Nah, Lo bisa memilih laptop dengan panel display jenis IPS yang punya ketajaman dan akurasi warna yang tinggi, juga sudut penglihatan yang nyaman. Biasanya, laptop yang mahal memiliki kualitas layar yang lebih bagus. Emang kalo untuk elektronik harga nggak pernah bohong sih, hehe.

Lalu, Lo harus perhatikan juga ukuran layar laptop, bro. Lo harus sesuaikan dengan kebutuhan Lo. Kebanyakan orang sih pake yang 13, 5 atau 14 inci. Tapi kalo misalnya Lo butuh yang lebih kecil atau lebih gede, itu sih terserah Lo.

Konektivitas yang lengkap

Di zaman yang serba digital kaya sekarang ini, kebutuhan akan konektivitas yang lengkap tentu sangat penting. Untuk itu, Lo harus mencari laptop yang punya konektivitas yang lengkap. Selain WiFi, setidaknya carilah laptop yang memiliki tiga buah port USB. Selain itu, pastikan juga laptop tersebut memiliki port pendukung seperti LAN dan HDMI/VGA.

Prosesor

Untuk Tips membeli laptop baru yang ke enam dan sangat-sangat penting adalah prosesor, bro. Kenapa ini sangat penting? Jawabannya adalah karena performa sebuah laptop itu ditentukan oleh prosesor.

Saat ini ada banyak jenis prosesor yang bisa Lo dapat dengan mudah di pasaran. Yang perlu Lo ketahui adalah prosesor apa yang Lo butuhkan untuk laptop Lo.

Contoh nih bro, prosesor AMD atau Intel sebetulnya sama-sama merek yang oke punya. Namun, Intel terbukti memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan AMD.

Prosesor Intel memiliki beberapa tipe, diantaranya adalah Core i5 dan Intel Core i7 yang terbagi dalam beberapa generasi dan selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Kalo misalnya Lo ingin menggunakan laptop untuk bermain game, Lo bisa menggunakan laptop yang memiliki prosesor Intel Corei7 agar kinerja nya lebih ciamik.

Kapasitas RAM yang cukup

Selain prosesor, RAM merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kinerja sebuah laptop. Kapasitas RAM antara laptop yang bisa Lo pake kerja dengan laptop untuk maen game tentu akan berbeda. Kalo misalnya Lo membutuhkan laptop untuk bermain game, maka Lo butuh RAM yang lebih gede, bro. Ya minimal Lo pake ram yang 8 GB supaya laptop Lo nggak ngelag.

Selain 7 tips membeli laptop baru yang Gw sebutin tadi, Lo juga perlu memperhatikan garansi, fitur pendukung, kemanan, dan tentunya budget Lo, bro.

Oke deh, Gw rasa itu aja dari Gw. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa di share ya, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini