gentlemancode.id
Serba-serbi iOS 11

SERBA-SERBI IOS 11

Published on Tuesday, 10 October 2017

Buat Lo para pengguna iPhone, update iOS terbaru adalah hal yang nggak boleh terlewatkan, termasuk Gw. Alasannya banyak Bro, bisa karena ingin mendapatkan fitur terbaru atau perbaikan terhadap bug pada iOS sebelumnya.

Kalo Gw perhatiin, ada dua tipe user yang bisa Lo temukan ketika Apple mengeluarkan update iOS terbaru mereka. Yang pertama adalah tipikal iOS user yang menunggu testimoni dan pengalaman pengguna lain dulu sebelum melakukan update. Kedua, adalah user yang langsung melakukan update begitu iOS terbaru dilluncurkan. Kalo Lo termasuk yang mana nih, Bro?
 
Update iOS 11 pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada acara WWDC 2017. Yang membuat Gw kagum adalah banyaknya fitur yang diperkenalkan oleh Apple yang membantu penggunanya untuk lebih produktif dengan sederetan fitur-fitur baru yang akan memanjakan para penggunanya. Sebelum iOS 11 final di rilis ke publik, sebenarnya Apple sudah merilis versi beta-nya sejak Agustus 2017 lalu. Namun pada saat itu ditemukan berbagai macam bug seperti misalnya perangkat menjadi cepat panas, orientasi layar berantakan,  dan bug-bug lainnya yang sangat menggangu. Dan akhirnya pada tanggal 9 September 2017, iOS 11 final resmi di rilis untuk publik, dan di Indonesia sendiri baru bisa menikmati iOS 11 sehari setelahnya dikarenakan perbedaan waktu dari negara asalnya.

Nah, apa aja sih yang baru di iOS 11 ini? Oke, Gw akan mencoba mengulasnya disini Bro!

1. Control Center

Control center adalah bagian yang menurut Gw paling menarik di iOS 11, Bro. Perubahan yang bisa dibilang cukup besar menurut Gw. Bedanya dengan iOS generasi sebelumnya adalah Lo bisa menghilangkan tombol yang tidak diperlukan. Tampilannya menggunakan mode kotak dengan beberapa tombol di dalamnya dalam kategori yang sama. Yang lebih menariknya adalah untuk perangkat Apple yang belum mendukung 3D touch, Apple menyematkan fitur tap and hold, untuk mengeksplor fungsi-fungsi dari tombol yang ada. Misalnya gini, di tombol flashlight kalo ditekan lama akan muncul tombol baru untuk mengatur kekuatan sinar, nah semacam itu Bro.

2. Home screen dan lock screen

Mungkin beberapa dari kalian akan kecewa dengan tidak adanya slide to unlock yang menghilang sejak iOS 9 muncul, tapi Bro sekarang mungkin saatnya Lo move on, karena Apple sudah membuat Lock screen di iOS 11 semakin enak dilihat. Di iOS 11, Lo tetap akan mendapatkan 3 halaman Lock screen seperti iOS sebelumnya. Nggak ada yang berubah, bagian tengah adalah Lock screen utama, kiri adalah Widget dan sebelah kanan adalah short cut untuk kamera.

Perubahan ada pada tampilan Notification Center (akses swipe dari atas ke bawah baik di Lock screen atau Home screen). Mode ini sekarang hanya ada di Home screen saja dan tampilannya sudah diubah menjadi lebih cantik dengan menggunakan gambar latar belakang dari wallpaper di Lock screen. Tidak ada lagi tampilan Notification Center dengan gambar latar belakang buram, tapi diganti dengan wallpaper dari Lock screen dengan tampilan normal. Lo juga akan melihat info jam, tanggal dan hari di mode Notification Center, yang sebelumnya hanya ada di bagian Widget. Masih dari Home screen, fitur Spotlight Search di Notification Center juga kini dihapus oleh Apple untuk iOS 11. Lo hanya akan melihat  mode tersebut dari Widget dan juga Spotlight (swipe dari tengah layar ke bagian bawah) bersama dengan tampilan Siri Suggestions.

3. Header yang Tampil Dominan

Di iOS 11, Lo akan menemukan bagian judul utama atau header dengan font yang lebih besar dengan cetak tebal. Ini menurut Gw menarik Bro, tampilan ini membuat iOS 11 menjadi lebih rapi dan menjaga konsistensi desain dari Apple. Nah, dengan header utama yang jelas, Lo bisa mengenali setiap aplikasi yang sedang dibuka dengan cepat dan terlihat rapi. Lagi-lagi ini yang menarik perhatian Gw di iOS 11.

4. App store hadir dengan wajah baru

Yap, di iOS 11, Lo akan menemukan App Store dengan tampilan yang sepenuhnya baru yang terbagi menjadi 5 tab, yaitu Today, Apps, Games, Updates dan Search. Pada bagian Today, kabarnya Apple telah mempersiapkan tim khusus sebagai bagian kurasi konten dan menjanjikan daftar App of The Day dan Games of The Day yang akan selalu tampil baru di setiap harinya. Lo juga bisa membaca sejumlah paragraf penjelasan mengenai games atau aplikasi tersebut, cerita di balik pembuatannya, tips dan trik atau mungkin video pendek mengenai cara memainkannya. Baru di bagian bawah terdapat tombol beli dan Share Story kalo Lo ingin berbagi cerita kepada teman atau kerabat Lo. Masuk ke tab Games dan Apps, Lo akan mendapatkan tampilan Card, bagian paling atas adalah Featured yang berisi beberapa games dan aplikasi, Lo bisa swipe untuk melihat konten berikutnya. Sedikit ke bawah ada bagian New App We Love dan New Games We Love, kemudian bawahnya lagi akan ada Top Paid serta Top Free. Di iOS 11, tab Updates akan tampil dengan list ikon lebih besar. Keren sih menurut Gw, welldone!

5. Teknologi HEVC dan HEIF

iOS 11 hadir dengan 2 format dokumen multimedia, yakni HEVC (High Efficiency Video Coding) dan HEIF (High Efficiency Image File Format). Secara sederhana, kedua format ini menjanjikan hasil video dan gambar yang lebih baik namun menggunakan kapastitas penyimpanan hampir 50% lebih sedikit. Selain iOS 11, HEVC dan HEIF konon katanya akan digunakan Apple pada macOS High Sierra, khususnya untuk pengguna MacBook Pro Retina, MacBook 12 atau komputer Mac dengan storage dengan teknologi SSD. Dan nggak sekadar pakai format baru, Apple juga sudah memikirkan mode ekspor atau menyalin gambar dari iOS 11 dan macOS High Sierra ke komputer lain atau layanan cloud service, agar tetap dapat dinikmati pengguna lain secara mudah dan cepat, Bro.

6. Teknologi AR

iOS 11 akhirnya menyematkan teknologi AR, atau biasa kita sebut Augmented Reality. Augmented Reality adalah teknologi yang menggunakan gambar yang ditangkap kamera yang digabungan dengan objek maya. Nah hasil atau output dari teknologi AR adalah pengalaman menggunakan games atau aplikasi yang menggabungkan visual dari dunia nyata dan virtual di dalam layar perangkat iOS Lo, Bro. Sebetulnya teknologi AR bukanlah hal baru di dunia smartphone, karena AR sudah terkenal di kalangan pengguna Android, tapi ini bukan berarti buruk untuk Apple, karena fitur AR di Apple menawarkan segudang hal menarik yang wajib Lo coba.

7. Fitur-fitur Kamera yang semakin dikembangkan oleh Apple

Pada iOS 11, kamera tidak luput dari perhatian Apple untuk memanjakan penggunanya. Bagi Lo pengguna iPhone 7 Plus dan 8 Plus, Lo akan menikmati sederet fitur baru seperti mode image stabilization yang makin mantap, True Tone Flash serta HDR. Live Photos pun kini punya fitur edit Frame Key atau preview foto dalam mode diam. Tekan tombol Edit dan pilih bagian mana yang ingin Lo jadikan Frame Key.

Sekarang ada 3 mode edit Bro, yaitu mode edit Loop, Bounce dan Long Exposure. Untuk memilih mode ini, Lo bisa masuk ke Photos, pilih dokumen Live Photos lalu swipe ke atas. Nah, ini yang menarik, pengaturan kamera pada iOS 11 mendukung mode memindai QR Code dengan mudah. Pastikan Lo sudah mengaktifkan fitur ini pada Settings - Camera - Scan QR Codes. Walaupun fitur ini sebetulnya sudah ada di Android, tapi kehadirannya yang baru di iOS 11 akan memberikan pengalaman yang berbeda dari smartphone lainnya. Responnya yang cepat dalam membaca QR code akan sangat berguna bagi Lo yang memang butuh membaca QR code secara cepat.

8. Aplikasi files, pengganti iCloud drive

Pada iOS 11, Apple menghapus aplikasi iCloud Drive dan menggantinya dengan Files. Fiturnya kurang lebih sama yaitu mengelola semua dokumen di layanan iCloud yang Lo gunakan. Nggak sekadar melihat dokumen dari beragam cloud service, Lo juga bisa mengelola dengan beberapa cara seperti memindahkan dan membuat folder, memberi tanda dengan tag warna atau mencari dokumen lewat tombol search pada bagian atas. Files akan sangat bermanfaat kalo Lo menggunakan komputer Mac dan mengaktifkan fitur iCloud untuk data di Desktop & Documents.
 
9. Dock, Multitasking, Drag and Drop untuk pengguna iPad

Buat Lo yang memakai iPad dan sudah terpasang iOS 11, Lo akan menemukan dock yang mirip dengan tampilan di Mac, aplikasi di dock dapat Lo susun sesuai kebutuhan. Di bagian sebelah kanan, Lo bisa menampilkan icon Recent Apps atau aplikasi yang sering Lo buka. Nah ketika Lo sedang membuka aplikasi lain, Lo masih bisa mengakses dock Bro, Lo tinggal swipe dari bawah layar ke tengah atas untuk mengaksesnya. Menarik kan? Nggak cuma itu, di iOS 11 Lo bisa memindahkan gambar atau dokumen dengan cepat. Lo tinggal drag aja, klik dan tahan gambar sampai gambar atau dokumen masuk ke aplikasi yang dimaksud, gampang kan Bro?

Terlepas dari banyaknya fitur baru pada iOS 11, banyak pengguna iOS yang mengeluhkan performa iOS 11 ini. Kalo Lo sudah terlanjur update ke iOS 11, saat ini Lo sudah nggak bisa downgrade lagi Bro karena jalur untuk downgrade sudah ditutup oleh Apple. Tapi kabar mengejutkan yang Gw dapat dari 9to5mac.com, ternyata Apple membuka jalur downgrade ke 10.3.3 hanya untuk iPhone 6s. Nah ini yang menarik untuk dibahas, sejauh ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari Apple tentang alasan mereka membuka jalur downgrade ke iOS 10.3.3 bagi pengguna iPhone 6s. Namun dari beberapa forum Apple user yang Gw baca ternyata banyak pengguna iPhone 6s yang mengalami masalah setelah update ke iOS 11, yaitu LCD tidak dapat menerima respon sentuhan sama sekali. Bahkan setelah dicoba restore via iTunes sekalipun, kendala tersebut masih tetap terjadi. Sangat disayangkan untuk brand sekelas Apple, melakukan kesalahan seperti itu.

Dua minggu setelah perilisannya Apple sudah mengupdate iOS 11 sebanyak 2 kali, dan versi terakhir sejak diterbitkan artikel ini adalah iOS 11 versi 11.0.2, yang menurut Gw lebih smooth dari iOS 11.0.

Oke deh, Gw rasa itu aja yang bisa Gw ulas mengenai serba-serbi iOS 11. Kalo Lo ada informasi tambahan, Lo boleh banget komen di kolom komentar. Sementara itu aja dari Gw, jangan lupa di share ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini