gentlemancode.id
Ulasan Lengkap Nokia 4.2

ULASAN LENGKAP NOKIA 4.2

Published on Wednesday, 06 March 2019

Kalau sebelumnya Gw pernah membahas soal Nokia 6.1 Plus, Kali ini Gw akan mengulas lini Nokia di kelas menengah dengan spesifikasi mumpuni yang mungkin bisa menjadi smartphone pilihan untuk mendukung produktifitas Lo sehari-hari, bro. Seperti yang Gw ulas di artikel tersebut, Nokia saat ini adalah brand milik HMD Global. Nah, tepat 24 Februari 2019 kemarin, bertepatan dengan acara Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, HMD merilis Nokia 4.2 dan empat lini Nokia lainnya.

HMD memperkenalkan Nokia 4.2 dengan fitur-fitur flagship namun dengan harga yang terjangkau, bro. Nah, worth it nggak sih smartphone ini untuk dibeli di 2019? Simak ulasan lengkapnya di bawah ya, bro!

Desain & Layar

Nokia 4.2 hadir dengan desain berukuran 149 x 71.3 x 8.4 mm dan bobot 161 gram, bro.  Secara material, bagian belakang smartphone ini sudah menggunakan bahan kaca yang terkesan mewah. Tapi, sayangnya untuk frame Nokia 4.2 ini masih menggunakan bahan plastik, bukan logam. Mungkin ini untuk memangkas cost ya, bro. Namun dengan material tersebut, smartphone ini tetap terkesan mewah dan premium. Desainnya pun tampil solid untuk smartphone di segmen kelas menengah.

Untuk penempatan tombol pun Gw rasa pas dan presisi dengan tangan kebanyakan orang. Masih mengusung USB 2.0 dan 3.5 mm jack nggak membuat smartphone ini terkesan jadul, apalagi bodi belakangnya sudah terbalut oleh kaca dengan dual kamera belakang yang terletak ditengah perangkat secara vertikal, dengan fingerprint berebentuk membulat tepat di bawah kamera membuat bodi belakang smartphone ini semakin terkesan solid.

Beralih soal layar, Nokia 4.2 ini mengusung layar 5,71 inci dengan resolusi 720 x 1520 dengan rasio 19:9 ratio (~295 ppi density). Hadir seperti kebanyakan smartphone kekinian, Nokia 4.2 ini hadir dengan poni (notch) berbentuk tetesan air (teardrop). Cukup memanjakan mata dan menampilkan detail yang baik meskipun masih mengusung layar IPS LCD capacitive touchscreen.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, Nokia 4.2 mengusung kamera utama beresolusi 13 MP dengan struktur f/2.2, 1/3", 1.12µm ditambah sensor kedalaman sebesar 2MP (depth sensor). Tersemat juga fitur PDAF, LED flash, dan dukungan mode malam yang mana mode ini akan menumpuk beberapa gambar untuk menghasilkan foto dengan pencahayaan yang baik atau lebih terang, bro! Untuk perekaman video, smartphone ini sudah mendukung 1080p@30fps, cukuplah untuk menghasilkan video dengan detail yang baik.

Untuk kamera depan, Nokia 4.2 mengusung kamera beresolusi 8MP dengan struktur f/2.0, 1/4", 1.12µm yang  sudah terintegrasi dan bisa digunakan untuk Face Unlock dengan dukungan AI. Secara keseluruhan, kualitas kamera memang nggak bisa dibilang wah, namun sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam menggunakan kamera sehari-hari, bro.

Dapur Pacu

Untuk sektor dapur pacu, smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm) dengan CPU Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm), bro. Untuk sektor grafis, Nokia 4.2 sudah menggunakan Adreno 505. Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini hadir dengan 2 pilihan kapasitas memori, antara lain 32 GB, 3 RAM atau 16 GB, 2 GB RAM. Untuk media penyimpanan eksternal, smartphone ini mendukung microSD up to 400GB.

Secara spesifikasi di atas kertas, sudah bisa dibilang mumpuni sebagai smartphone kelas menengah.  Untuk urusan multitasking, smartphone ini akan bisa menanganinya dengan baik. Oh iya, untuk daya tahan baterai, smartphone ini mengusung baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery, yang mampu bertahan seharian dengan pemakaian intensif selama 12 jam bro.

Fitur lain

Nokia 4.2 mengusung Android 9.0 dengan Android One. Seperti yang kita tahu bahwa smartphone yang memakai Android One, pasti lebih smooth ketimbang ROM lainnya, bro.  Jadi Lo nggak perlu khawatir smartphone Lo bakal tiba-tiba nge-hang, karena smartphone ini memiliki manajemen RAM yang baik. Beralih ke sensor, smartphone ini memiliki sensor yang cukup lengkap di antaranya Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity. Terdapat juga fitur NFC, Bluetooth 4.2, A2DP, LE, aptX, Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, GPS dengan A-GPS, GLONASS, BDS dan tak ketinggalan FM Radio. 

Nah itulah ulasan Gw untuk Nokia 4.2, bro. Smartphone ini hadir dengan pilihan  dua pilihan warna yaitu black dan pink sand. Untuk harga, smartphone ini dibanderol mulai harga 2,3 jutaan. Saat ini memang belum bisa Lo dapatkan secara resmi di Indonesia, jika pun sudah hadir secara resmi, harga yang ditawarkan tidak jauh dari harga yang Gw sebutkan di atas. Soal worth it atau nggak, menurut Gw, dengan spesifikasi dan desain yang di tawarkan, smartphone sangat worth it bro, apalagi smartphone ini sudah mengusung Android One.  Sekian dari Gw, semoga bermanfaat ya! Thanks.

Sumber gambar:
[1] https://www.nokia.com/phones/en_int/nokia-4/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini