gentlemancode.id
Untuk Menjaga Account Anda Tetap Aman, Berikut Ini Adalah 5 Tips Untuk Membuat Password Yang Kuat Dari Google

UNTUK MENJAGA ACCOUNT ANDA TETAP AMAN, BERIKUT INI ADALAH 5 TIPS UNTUK MEMBUAT PASSWORD YANG KUAT DARI GOOGLE

Published on Tuesday, 06 September 2016

Di Indonesia, cyber crime atau kejahatan siber saat ini sudah cukup sering terjadi, account-account social media, e-comerce, bank account dan lain-lain sering sekali menjadi sasaran kejahatan di dalam dunia maya. Akibat sering terjadinya serangan di dunia maya yang meningkat pesat akhir-akhir ini menyebabkan Indonesia masuk kedalam daftar negara darurat keamanan cyber.

Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang termasuk paling aktif dalam penggunan internet, untuk itu perlu adanya usaha dari pemerintah dan dari kita sebagai pengguna untuk menjaga account-account yang kita punya tidak menjadi target sasaran para penjahat dunia maya.

Ngomongin soal account yang kebobolan, kadang nih Bro mudahnya account  seseorang di bobol itu penyebabnya adalah kesalahan orang itu sendiri, misal membuat password yang mudah ditebak seperti "123456" atau "password". Kedua password tadi adalah password favorit yang paling sering digunakan, mungkin tujuannya agar mudah diingat kali ya. Tapi perlu Lo tau nih Bro, password tadi adalah password yang paling mudah untuk dibobol karena password ini sangat umum dipakai oleh banyak orang, jadi sebaiknya Elo ga pake password model itu ya.

Nah Bro, Gw punya beberapa tips nih yang Gw dapet dari google mengenai cara bagaimana membuat password yang kuat biar account Lo ga mudah untuk dibobol. Ini dia selengkapnya.

1. Buatlah password yang unik untuk semua account yang Elo punya

Tips pertama adalah Elo harus bikin password yang beda untuk setiap account yang Elo punya. Jangan sampe Elo pake password yang sama untuk semua account Lo. Ini bahaya, karena kalo ada orang yang tau password salah satu account Elo, maka si orang ini akan berpotensi untuk ngebobol account email, socmed, dan bahkan e-banking Elo. Ngeri kan? so jangan males buat bedain password.

2. Gunakan huruf, angka, dan simbol di password Elo

Tips kedua adalah, gunakan gabungan antara huruf, angka, dan juga simbol di dalam password Elo. Kenapa? karena dengan begitu, itu akan mempersulit orang lain yang bakalan nyoba nebak password Elo.

Misal, password dengan 8 karakter yang terdiri dari angka, simbol, dan huruf besar dan juga kecil. Kombinasi ini bakalan bikin password Elo 30.000 kali lebih sulit buat ditebak Bro. Bengis.

3. Jangan pake informasi pribadi atau kata-kata yang umum didalam password Elo

Tips yang ketiga adalah, Elo jangan pake informasi pribadi Elo untuk bikin password, misal nama istri Lo, tanggal lahir Lo, nama anak Lo, dan lain-lain karena ini sangat mudah sekali untuk ditebak.

Bukan hanya itu, seperti tadi Gw bilang di poin 2 Elo harus pake kombinasi karakter seperti huruf, angka dan simbol, kaya gini nih contohnya (!gg$@yy^7). Jangan sampe ya Bro Elo bikin password  model ini "qwerty" atau "654321" atau pola berurutan yang mudah ditebak. Ancur Lo kalo pake password itu.

4. Pastiin email recovery buat password Lo adalah yang up to date dan juga aman

Pastiin Elo pake alamat email yang paling baru yang sering Elo pake buat recovery password Elo, in case Elo lupa password Lo atau Elo mau reset password.

Saat ini, rata-rata setiap website memiliki pertanyaan kemanan yang akan Elo dapet kalo Elo lupa password. Kalo Elo membuat pertanyaan sendiri, pastiin cuma Elo yang tau jawabannya. Jangan sampe lupa jawabannya dan cara penulisannya ya, penting tuh.

5. Jaga password Lo biar tetep aman

Jangan pernah ninggalin password sembarangan. Misal, Lo tulis password di notes terus Lo taro di tempat yang bisa dengan mudah orang lain tau. Jangan Bro. Semisal Lo harus tulis di notes Elo harus ngasi nama file yang unique yang bikin orang ga bakal ngira kalo Elo naro password disitu. Jangan sampe Elo namain filenya pake nama "password" udah pasti ketebak tuh bro. Bahaya.

Nah Bro, 5 cara tadi sangat efektif buat bikin account Lo tetep aman. Minimal akan menyulitkan orang yang akan nyoba ngebobol account Lo. Kalo Elo punya tips lain, Lo bisa share di kolom komentar ya. Thanks Bro, semoga bermanfaat. Cheers.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini