gentlemancode.id
iWatch 3, Layak nggak sih untuk Dimiliki?

IWATCH 3, LAYAK NGGAK SIH UNTUK DIMILIKI?

Published on Friday, 27 October 2017

Lo suka pake jam tangan nggak, Bro? Seiring perkembangan zaman, jam tangan yang kita gunakan selain sebagai petunjuk waktu juga digunakan sebagai akesoris yang bisa mendukung penampilan Lo. Model jam tangan ini selalu berubah dari waktu ke waktu, dan kini ada jam pintar yang mana fungsinya hampir sama dengan smartphone. Seperti yang kita tahu, jam pintar atau yang biasa kita sebut smartwatch, diciptakan oleh hampir semua brand-brand elektronik seperti samsung, apple, sony, asus dan kawan-kawannya. Tapi yang menarik perhatian Gw baru-baru ini adalah, iWatch seri ke 3.

Kalo Lo adalah Fanboy atau pecinta produk-produk Apple, pastinya Lo tau dong kalo Apple udah pernah merilis iWatch seri 1 dan 2, pada beberapa tahun terakhir ini. Di akhir tahun ini, akhirnya Apple merilis smartwatch generasi ke tiga mereka. iWatch generasi ke tiga ini resmi di rilis pada 13 September 2017. Dan sudah tersedia dipasaran sejak 22 September lalu.

Lagi-lagi Apple menarik perhatian Gw, karena pada iWatch generasi ketiga ini Apple menyematkan teknologi selular LTE, dimana perangkat iWatch ini bisa memiliki jaringan selular untuk keperluan komunikasi. Menarik!

Nah, pada kesempatan kali ini Gw pengen ngebahas apa-apa aja fitur yang baru yang dimiliki oleh iWatch seri ke 3 ini? Layak nggak sih Apple watch seri ke 3 ini buat Lo miliki? Penasaran? Simak penjelasan dibawah ini, Bro!

1. iWatch 3 kini punya koneksi selular LTE

Nggak cuma handphone aja yang bisa punya koneksi selular LTE, smartwatch besutan Apple ini sekarang juga bisa, Bro. Apakah Lo berpikir akan ada kartu sim yang dimasukkan ke perangkat iWatch ini? Awalnya sih Gw juga mikir gitu. Tapi, menurut penjelasan yang diberikan oleh CEO Apple Tim Cook, pada perilisannya di Steve Jobs Theatre, Apple Park, California, Amerika Serikat, "menghadirkan koneksi seluler tidak mudah. Dengan ukuran yang kecil kami harus putar otak bagaimana menempatkan antena dan kartu SIM." Akhirnya layar digunakan menjadi antena. Dan alih-alih menggunakan SIM card fisik, Apple menggantikannya dengan SIM elektronik. Apa sih SIM Elektronik atau e-SIM? Dilihat dari namanya, SIM elektronik ini akan menggantikan sim fisik, Bro. Dilansir dari Trusted Reviews, pengaplikasian e-SIM pertama kali dilakukan pada Samsung Gear S2 3G pada 2016. Dipakainya teknologi ini di Apple Watch 3 membuat pengadopsian e-SIM diyakini semakin besar ke depannya. Salah satu manfaat e-SIM adalah ukurannya sangat kecil. Bahkan lebih kecil dari Nano SIM yang digunakan iPhone dan banyak smartphone lain saat ini. Alhasil e-SIM ini sangat cocok digunakan untuk gadget berukuran kecil dan tidak memiliki ruang untuk kartu SIM fisik, seperti contohnya smartwatch. e-SIM dibuat tertanam dalam perangkat dan tidak dapat dibongkar pasang. Meskipun demikian pengguna masih bisa berganti operator lewat software khusus. Jadi semacam iPhone 4/4s CDMA jaman dulu Bro, musti di inject nomor dari operator.

Terus kapan nih e-SIM hadir di Indonesia? Seperti yang Gw baca dari detikinet, menurut yang dikatakan Adita Irawati, VP Corpcomm Telkomsel "Tentunya sebagai operator yang aktif membangun ekosistem digital di Indonesia, Telkomsel terus berinovasi dan siap mengikuti pekembangan teknologi terkini. Tapi kami menunggu terlebih dulu kebijakan/regulasi akan hal tersebut dari pemerintah," jadi nantikan saja, Bro! Dengan adanya koneksi seluler ini Lo bisa langsung mengirim iMessages, membuka Maps, bahkan Lo bisa  langsung streaming dari Apple Music dan Spotify. Menarik nih, Bro!

2. Desain Apple Music yang Baru

Buat Lo yang suka banget dengerin musik, iWatch 3 ini layak Lo coba! Kenapa? karena iWatch 3 ini bisa terkoneksi ke jaringan Cellular LTE dan mendukung streaming. Desain Apple music pun menglami perubahan Bro, yaitu adanya penambahan mode Sync dengan akun Apple Music yang Lo gunakan untuk menampilkan bagian New Music Mix, Favorites Mix, serta musik yang paling sering Lo  dengarkan. Aplikasi Radio juga punya tampilan baru yang bisa membantu Lo mendengarkan Beats 1 Live Radio, tanpa menggunakan iPhone atau terhubung ke Wi-Fi. Keren kan, Bro?

3. Peningkatan CPU, Wireless Chip & Sensor Baru

CPU yang disematkan pada iWatch 3 adalah generasi CPU terbaru untuk iWatch dengan nama Apple S3, dimana CPU ini menggunakan jumlah inti dual-core. CPU ini diklaim dapat membuka aplikasi secara lebih cepat, grafis lebih halus dan Siri yang bisa berbicara langsung pada speaker milik Apple Watch. Bagian baru lainnya adalah Apple W2, wireless chip dengan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth yang lebih cepat dan tetap efisien. Tak hanya itu, di iWatch 3, Apple menyematkan sensor baru yaitu barometric altimeter yang berfungsi mencatat beragam kegiatan luar ruangan seperti olahraga, lari, naik sepeda bahkan naik gunung, Bro. Menarik!

4. Hadirnya fitur Find My Friends

Fitur yang sudah ada di perangkat iPhone dan iPad kini hadir pada iWatch 3. Karena iWatch terbaru Apple ini memiliki jaringan selular, Find My Friends secara otomatis mengalihkan pelacakan lokasi ke iWatch setiap kali Lo kehilangan koneksi dengan telepon Lo. Dengan begitu kalo Lo pergi ke suatu tempat, teman Lo yang terkoneksi dengan Find My Friends Lo akan bisa mendeteksi keberadaan Lo, Bro. Cool!

5. Sensor Heart App yang Lebih Keren

Karena peningkatan CPU, sensor heart app yang disematkan pada iWatch pun ikut mendapatkan peningkatan, lebih detail dan keren pastinya, Bro. Sensor heart app ini mampu medeteksi detak jantung saat istirahat, berolahraga, pemulihan, jalan kaki dan mode Breathe. Lo juga bisa memilih untuk mendapatkan notifikasi jika ada perubahan mendadak pada Heart Rate dan beberapa detail lainnya. Lo juga akan bisa menggunakan Apple Watch dengan beragam perangkat olahraga kardio yang mendukung GymKit. Nah, hal ini bisa membuat pencatatan Workout menjadi lebih akurat dan tetap mudah dalam beberapa sentuhan saja ke layar. Cocok banget buat Lo yang hobi olahraga!

Nah, itu dia Bro beberapa upgrade yang ada pada iWatch 3. Gimana, tertarik? Setelah Lo tau apa-apa aja yang baru pada iWatch 3, apakah Lo tertarik buat memilikinya? Share di kolom komen ya! Hmm, untuk memutuskan ingin memilikinya atau nggak, kembali lagi ke kebutuhan dan keuangan Lo sih Bro. Hehe. Untuk iWatch generasi ke 3 ini dibandrol dengan  USD 329 untuk non-seluler dan USD 399 untuk seluler LTE. Oke, itu aja Bro yang bisa Gw sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share. Thanks!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini